fbpx
Material Bangunan

Aluminium Composite Panel : ACP

By Agustus 9, 2018 Agustus 13th, 2019 No Comments
laser cutting metal

Aluminium Composite Panel : Kegunaan dan Fungsi

Aluminium Composite Panel merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa dijadikan sebagai lapisan dinding untuk mempercantik gedung maupun rumah. Bahan bangunan ini biasa juga disebut sebagai Aluminium Composite Material yang bisa digunakan untuk kebutuhan interior dan eksterior gedung dan bangunan lainnya. Bentuk material ini berupa panel atau papan yang berwarna dan bisa dibentuk kotak ataupun tampilan lainnya sesuai dengan konsep yang telah dibuat.

Bahan bangunan ini bisa dibentuk dalam beberapa macam tampilan dengan pemotongan, pengeboran serta lipatan untuk menyesuaikan kebutuhan bangunan. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai sekat atau partisi untuk memisahkan ruangan satu dengan ruangan lainnya sehingga lebih praktis dan bisa dipasang sesuai selera atau mengikuti konsep bangunan. Lembaran atau papan ACP juga sangat serasi dan indah dipandang jika dikombinasikan dengan elemen kaca maupun logam pada bangunan.  

Selain kegunaan umum, ACP juga bisa digunakan sebagai papan iklan atau reklame serta nama gedung ataupun brand sebuah produk. Hal ini karena material ACP bisa dibor untuk membentuk huruf dan angka serta tema lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja tampilan bangunan yang diaplikasikan dengan papan ACP akan terlihat lebih cantik dengan warna-warni dan berbagai karakter sesuai dengan konsep gedung. Selain itu, bisa melindungi dinding agar awet dan bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama tanpa harus terkena radiasi sinar matahari secara langsung dan cuaca ekstrem.

Tampilan lembaran ACP bisa dibuat menyerupai kayu maupun keramik dengan berbagai warna dan corak yang akan membuat bangunan memiliki nilai artistik dan nyaman dilihat. Hal ini mematahkan pendapat bahwa pengaplikasian material ACP hanya terbatas untuk bangunan minimalis saja. Nyatanya, banyak sekali bangunan unik yang memiliki karakter klasik juga bisa menggunakannya. Tentu saja tampilan bangunan juga tidak kalah indahnya dengan elemen kayu maupun keramik karena bentuknya bisa didesain persis seperti keduanya.

Material ACP ini seringnya digunakan pada gedung perkantoran, mall, restoran, hotel serta bangunan komersil lainnya agar tampak menarik dilihat. Hal ini akan membuat para pengunjung atau calon costumer merasa lebih nyaman ketika melihat konsep bangunan tersebut sehingga memiliki daya tarik tersendiri dalam bidang usaha atau bisnis. Keuntungan lainnya yaitu lembaran ACP sangat mudah dibersihkan jika terkena kotoran dan lebih efisien dibandingkan dengan cat tembok.

Perhitungan harga memang bervariasi dari setiap produsen berdasarkan pada lembaran panel setiap meter persegi. Beberapa negara yang memproduksi material ACP antara lain, Jerman, Jepang, Korea, Taiwan dan Cina serta Indonesia. Terdapat puluhan merk produk yang bisa dijadikan sebagai pilihan dan masyarakat Indonesia lebih senang memilih jenis ACP dengan harga paling ekonomis.

Tips Memilih Aluminium Composite Panel

Langkah terbaik untuk memilih produk ACP tentu saja berkonsultasi dengan pihak yang akan melakukan pemasangan material tersebut. Selanjutnya untuk mengajak berdiskusi mengenai ukuran dan model yang akan diaplikasikan pada bangunan dengan konsep yang akan diusung agar hasilnya bisa maksimal. Proses diskusi memang menjadi bagian paling penting dan harus dilakukan dengan pihak pemasang dengan perencanaan yang matang.

Pihak pemasang perlu diajak ke lokasi bangunan yang akan dijadikan sebagai media, baik interior mupun eksterior. Hal ini sangat menentukan budget yang akan dikeluarkan sehingga bisa melakukan prediksi dana yang akan dikeluarkan. Sebaiknya merk produk tidak membuat masalah bagi anda karena setiap brand memiliki kelebihan dan kelemahan sehingga perlu memilih yang cacok untuk digunakan. Namun jika anda fanatik dengan sebuah brand, maka bisa menentukan merk yang sesuai dengan selera agar lebih puas dan tidak menyesal nantinya.  

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mengetahui jenis bahan dasar atau material inti dari produk ACP yang akan digunakan. Jika panel akan diterapkan pada luar bangunan, tentunya perlu memilih materil dasar yang berkualitas tinggi karena mempertimbangkan pada segi keawetan agar bisa bertahan lama. Penempatan panel unuk eksterior memang rentan akan kerusakan karena bersentuhan langsung dengan sinar matahari dan juga pergantian musim yang ekstrem.

Sedangkan untuk panel interior memang tidak terlalu mengutamakan material inti yang berkualitas tinggi karena lebih fokus pada keindahan dalam ruangan. Hal yang perlu diperhatikan tentunya pada tingkat keefektifan dalam pemasangan yang mudah dan tidak terlalu banyak dalam membuat lubang pada dinding. Lebih baik memilih jenis panel yang praktis untuk dipasang dengan model sederhana dan tidak terlalu rumit.

Perhitungan lainnya yang perlu diperhatikan yaitu pada total ketebalan keseluruhan panel dari semua sisi yang akan mempengaruhi beban pada dinding bangunan. Meskipun bobot material ACP sangat ringan, namun proses pemasangan akan membuat lubang pada dinding dan menggunakan baut serta mur yang berpengaruh pada kondisi bangunan. Selain itu. perlu memperhatikan tingkat ketebalan panel yang akan dipasang agar bisa menyesuaikan dinding bangunan.

Jangan lupa untuk memperhitungkan tingkat ketebalan pada lapisan aluminium yang akan menjadi pereket antara panel ACP dengan hollow. Sebaiknya melakukan pemasangan panel ACP ketika bangunan belum ditempati karena proses pemasangan akan menganggu dengan adanya suara mesin untuk memotong hollow. Kondisi lantai juga akan kotor dengan adanya sampah yang berserakan dari bekas sepihan potongan hollow. Selain itu, banyak juga sampah lainnya  dari lapisan panel ACP yang akan dilepas setelah selesai dipasang.

Untuk pemasangan panel ACP interior memang tidak perlu merisaukan ketebalan finishing coating karena tidak begitu penting dalam ruangan. Hal ini juga akan menghemat biaya pengeluaran dalam pemasangan hiasan interior karena hanya fokus pada keindahan warna saja. Panel ACP interior juga tidak terlalu sering untuk bersentuhan dengan sinar matahari langsung sehingga finishing coating tidak menjadi masalah.    

Finishing Coating atau lapisan cat yang berkualitas tinggi memang harganya lebih mahal karena mampu bertahan terhadap hantaman sinar ultraviolet serta efek goresan. Sedangkan untuk pemasangan panel eksterior ememang memerlukan ACP yang memiliki ketebalan finishing maksimal untuk perlindungan terhadap perubahan alam atau pergantian musim serta radiasi sinar matahari.

Proses Pemasangan Aluminium Composite Panel

Dalam memberikan sealant memang memerlukan ketelitian agar merata dan bisa berhenti pada satu jalur atau persimpangan. Kemudian merapikan sealant dengan menggunakan busa atau spoon agar merata dan menutupi lupang antar panel ACP. Setelah proses sealant selesai bisa melakukan pencopotan lapisan proteksi bisa dilepas sehingga tampilan panel ACP bisa terlihat dengan sempurna. Proses pemasangan telah selesai dan tentunya dinding bangunan sudah tertutup serta terlindungi oleh elemen Aluminium Composite Panel.

Tahap pertama yaitu dilakukan pembersihan lokasi yang akan dipasangi panel ACP agar lebih nyaman digunakan untuk proses pemasangan. Selanjutnya pihak surveyor akan melakukan perhitungan dan pengukuran pada  dinding yang dijadikan sebagai media dalam pemasangan material aluminium ini. Kemudian dinding akan diukur dan membuat ukuran dengan garis horizontal dan vertical sebagai penanda untuk pemasangan hollow.

Pembuatan garis atau tanda dengan tinta atau spdol mengikuti konsep atau modul yang telah ditentukan dalam pemasangan rangka ACP. Pihak pemasang harus memahami gambar yang telah dibuat surveyor agar tidak terjadi kesalahan selama melakukan proses pemasangan. Tahap selanjutnya membuat lubang dinding dengan mesin bor beton untuk menancapkan dynabolt bracket yang dikencangkan dengan baut. Setelah itu, bisa memasang dua buah bracket pada dynabolt yang saling berhadapan untuk menguatkan rangka hollow.

Rangka hollow yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran segera dipasang diantara dua buah bracket dengan arah vertikal. Selanjutnya untuk mengencangkannya dengan mengebor hollow dan bracket yang dipasangi dengan mur serta baut yang dikencangkan agar semakin kuat. Langkah selanjutnya yaitu mengukur antara hollow vertikal dengan menggunakan  waterpass.

Proses selanjutnya untuk mengukur panel ACP yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan ukuran yang telah ditentukan. Panel ACP dibuat garis potong dengan bantuan mesin router agar bisa ditekuk utuk membentuk lipatan di setiap sisi. Tahap selanjutnya memasang stiffener pada semua sisi panel yang telah dilipat dengan beberapa paku rivet. Kemudian memberikan tanda secara horizontal dengan spidol pada rangka hollow yang akan dipasangi panel ACP.  

Setelah ukuran ditentukan bisa memasang panel ACP pada rangka hollow menggunakan paku sekrup pada kuping stiffner yang telah dilubangi dengan mesin bor untuk mengencangkannya. Pasang semua panel ACP pada angka hollow dengan cara yang sama pada ukuran yang telah ditentukan. Langkah selanjutnya memalukan pemasangan backrod pada lubang celah atau jalur nut antara satu panel dengan panel lainnya. Selanjutnya pada celah panel diberikan sealant atau cairan silicon untuk menyambung panel agar lebih kuat.

WhatsApp chat