fbpx
Tips dan Trik

Bingung Rumah yang Berantakan? Coba 7 Tips dari Marie Kondo

By April 11, 2019 Agustus 14th, 2019 No Comments

Anda yang suka neat sepanjang waktu, Marie Kondo tentu bukan nama asing. Pertama dia adalah konsultan perapian (maksudnya ahli rapi-rapi, bukan perapian model api unggun), kemudian dia membuat buku bestseller seluruh dunia.

7 Tips dari Marie Kondo Bikin Rumah Anti Berantakan

Sekarang dia mengembangkan metode KonMari yang sangat efisien untuk digunakan dalam merapikan lemari, ruangan, rumah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Meja rumah makin indah dan rapi, Lakukan hal ini!

Secara prinsip, Marie Kondo mendasarkan metodenya pada 6 hal:

  1. Anda harus memiliki niat atau komitmen untuk berbenah
  2. Bayangkan kehidupan ideal yang Anda inginkan
  3. Proses pertama adalah menyingkirkan semua barang yang tidak Anda butuhkan
  4. Proses perapian adalah berdasarkan kategori, bukan lokasi
  5. Ikuti urutan yang benar
  6. Tanyakan pada diri Anda sendiri, “Apakah semua yang telah aku lakukan ini membuatku bahagia?”

Sekarang jika Anda ingin ingin berbenah rumah cara Marie Kondo, berikut adalah lima hal simpel darinya yang bisa membuat rumah segar, rapi, dan membuat Anda bahagia kembali.

Lemari pakaian berantakan? Melipat gaya KonMari akan membuat Anda bahagia kembali

Lipatan KonMari membentuk persegi yang kompak, lipatannya umumnya terdiri dari tiga lipatan. Sehingga kain tidak tertekan atau melar. Saat dilipat demikian, pakaian juga bisa diberdirikan. Ini sangat berguna jika menyimpan pakaian dilaci wardrobe. Penampilannya pun jadi rapi dan indah. Anda juga mudah mengambilnya. 

Baca juga: Begini tips mengubah rumah lama kembali baru!

Maksimalkan Laci, simpan Barang-barang Serupa Menurut Ukurannya di dalam Laci

Gunakan laci di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur secara efisien. Masukkan boks-boks yang lebih kecil di dalamnya, terutama untuk barang-barang kecil yang mudah berantakan jika dimasukkan ke laci begitu saja. Isi boks-boks tersebut dengan item-item serupa yang seukuran. Dengan demikian semuanya akan tetap rapi dan mudah dicari.

Simpan Barang Anda Sedemikian Sehingga Anda Bisa Melihatnya

Jika sebelumnya Anda menyimpan barang di kontainer atau rak tertutup, sekarang coba ganti dengan menggunakan boks transparan yang tembus pandang dan gunakan rak-rak terbuka. Ini akan menggampangkan Anda mencari barang dan juga menghindarkan item yang sampai terbeli dua kali, karena Anda lupa menaruh barang sama sebelumnya.

Pastikan Semua Barang di Rumah Anda Memiliki Tempatnya Masing-masing

Saat Anda masuk rumah, pastikan ada tempat untuk menggantung jaket, rak untuk menyimpan sepatu, rak untuk menyimpan tas, dan sebagainya. Semua harus memiliki tempatnya masing-masing. Maka Anda bisa melihat perbedaannya.

Jangan Menyimpan Barang-barang di kantong Plastik

Melakukannya hanya membuat Anda susah mencari barang yang tersimpan. Lagian, penampilannya juga tidak asyik dan membuat barang yang disimpan (betapa pun bernilai) menjadi tampak tidak berarti. So, gunakan kontainer bening sebagai gantinya. Kantong plastik sebagai tempat sampah saja.

Simpan Barang yang Sering Digunakan di Tempat yang Mudah Dijangkau

Sebagai contoh, simpan piring untuk harian pada rak dapur yang setinggi pandangan Anda (eye-level). Kemudian simpan piring koleksi dinner Anda yang hanya sesekali dipakai di kabinet lain.  Dengan demikian, Anda bisa menggunakan semua ruang penyimpanan dengan secara bijak dan efisien.

Jika Memungkinkan, Simpan Barang Secara Vertikal

Peralatan dapur, sedotan minuman, sumpit, atau item-item panjang lainnya bisa disimpan dalam kontainer yang memungkinkan semua itu berdiri tegak, sehingga mudah dilihat dan diambil. Lebih dari itu, posisi vertikan juga menimbulkan kesan ruang yang lebih lega.

Leave a Reply

WhatsApp chat