fbpx

 

ruang tamu lantai vinyl

Lantai Vinyl: Kelebihan, Kekurangan, Cara Pemasangan dan Perawatan

Mempercantik rumah ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan menambah pernak-pernik dekorasi,  namun juga bisa dengan mengganti flooring pada hunian Anda. Dengan memberi pelapis lantai seperti vinyl, Anda dapat memberi suasana baru di ruangan favorit untuk berkumpul bersama keluarga.

Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dulu, apa sih yang dimaksud lantai vinyl itu?

Lantai vinyl adalah pelapis lantai yang terbuat dari campuran bahan PVC dan pasir putih. Perpaduan kedua bahan ini membuat tekstur lantai menjadi lentur dan halus sehingga nyaman untuk dipijak dan mampu menahan beban dengan cukup baik.

 

3 Jenis Lantai Vinyl yang Populer

Ada 3 jenis bahan flooring vinyl yang beredar di pasaran, yaitu:

1. Vinyl tile

Untuk penggemar lantai keramik, disarankan memilih vinyl tile sebagai pelapis lantai. Secara fisik bentuk vinyl tile mirip dengan keramik namun memiliki tekstur dan bahan yang berbeda. Ukuran vinyl tile juga sama dengan ukuran keramik yang tersedia di pasaran, yaitu mulai 30 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm, dst.

vinyl tile

2. Vinyl plank

Vinyl plank adalah lantai vinyl dalam bentuk plank atau lembaran-lembaran mirip kayu. Plank vinyl berukuran panjang sekitar 90-100 cm dengan lebar 10-20 cm. Jenis vinyl ini sering disebut vinyl kayu karena motif yang paling dominan adalah motif kayu. Model flooring ini umumnya dipasang menggunakan metode interlock.

3. Vinyl roll

Di pasaran, bahan ini sering disebut karpet vinyl atau karpet plastik karena berbentuk roll dan mirip karpet. Vinyl roll tersedia dalam ukuran meteran dengan lebar mulai 1 meter hingga 1,5 meter, tebal 0,25-0,3 mm dan panjang hingga 15 meter.

 

5 Kelebihan lantai vinyl

1. Relatif mudah dibersihkan

Bahan vinyl terbilang sangat mudah dibersihkan dari debu maupun cairan lainnya. Jika terkena tumpahan makanan atau minuman, Anda bisa segera menyucinya dengan kain pel atau vacuum cleaner. Cukup dibersihkan dengan sapu atau kain pel sehari satu hingga dua kali, lantai Anda akan kembali bersih seperti semula.

 

membersihkan lantai vinyl

Berbeda dengan karpet atau bulu yang menyerap noda, bahan vinyl relatif lebih mudah dibersihkan. Jika ada anak kecil di rumah, material ini juga lebih cocok digunakan untuk rumah Anda.

2. Tahan lama

Vinyl memiliki sifat yang mirip dengan karpet plastik, yaitu tahan lama. Dibanding jika menggunakan pelapis lantai karpet bulu, karpet vinyl relatif lebih mudah dibersihkan karena tidak menyerap cairan. Tekstur vinyl tidak akan membuat bakteri dan jamur bersarang di lantai sehingga lebih aman dan sehat bagi keluarga. Dengan begitu, karpet vinyl tidak perlu diganti dalam jangka waktu lama. Jika dirawat dengan baik, usia pasang karpet vinyl dapat bertahan hingga 25 tahun.

3. Motif lebih bervariasi

Salah satu keunggulan lantai vinyl adalah lantai ini tersedia dalam berbagai motif. Karpet plastik motif kayu adalah salah satu motif yang paling banyak diminati. Ada yang menyerupai kayu, anyaman, keramik, motif entnik dan masih banyak lagi. Tinggal sesuaikan motif lantai dengan gaya tempat tinggal Anda sekarang.

motif lantai vinyl4. Ukuran fleksibel

Jika bahan keramik atau tegel umumnya tersedia dalam ukuran per potong sebesar 20 cm x 20 cm dan 30 cm x 30 cm, ukuran karpet plastik dan karpet vinyl tersedia dalam ukuran yang lebih bervariasi. Artinya, Anda lebih mudah menyesuaikannya dengan ukuran ruangan.

 

Untuk karpet plastik biasanya tersedia dalam ukuran meteran, sedangkan untuk vinyl plank dengan meotode pemasangan interlock tersedia dalam ukuran per meter persegi.

5. Pemasangan yang mudah

Ketiga jenis bahan vinyl baik dalam bentuk tile, plank dan karpet sama-sama mudah dipasang untuk melapisi lantai rumah Anda. Bukan hanya memiliki ukuran yang mudah disesuaikan dengan ukuran ruangan, cara pemasangannya pun sangat mudah.

Kekurangan lantai vinyl

Di balik berbagai kelebihan dan kemudahan pemasangannya, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda memutuskan untuk menggunakan bahan ini sebagai pelapis lantai. Beberapa kekurangannya antara lain:

1. Berisiko sobek

Meskipun material vinyl termasuk lentur dan tidak mudah sobek, namun Anda perlu berhati-hati jika meletakkan barang berat di atasnya. Hindari menggeser furnitur yang memiliki kaki tajam karena dapat mengoyak permukaan vinyl. Lebih amannya, angkat furnitur secara perlahan saat memindahkan. Sebelum memindahkan, bersihkan lantai dan pastikan permukaannya rata sehingga furnitur aman untuk dipindahkan.

Oh ya, dengan alasan yang sama, hindari menggunakan vinyl sebagai alas untuk memotong barang dengan menggunakan cutter atau silet agar lantai tidak sobek.

2. Sulit untuk diperbaiki

Nah, jika vinyl sudah sobek atau muncul guratan, kondisi ini akhirnya susah diperbaiki. Pasalnya, meskipun yang rusak hanya sbeagian kecil, namun untuk menggantinya Anda harus membeli satu set stok lantai vinyl dengan motif yang sama. Terkadang, susah untuk mendapat motif yang sama persis, bahkan untuk motif kayu yang paling banyak stoknya di pasaran sekalipun.

3. Susah dilepas

Lantai vinyl yang susah dilepas menjadi kelebihan sekaligus kekurangan bahan ini. Susah dilepas artinya lantai ini cukup stabil dan tidak mudah koyak jika berpijak di atasnya. Namun ini juga berarti Anda tidak bisa menggantinya dengan mudah. Apalagi jika Anda menggunakan karpet vinyl yang harus direkatkan menggunakan lem yang sangat kuat. Untuk membersihkan lantai dari lem yang melekat, Anda bisa menggunakan scrapper dan aseton.

Cara pemasangan lantai vinyl dan perawatannya

Secara umum, proses pemasangan vinyl untuk flooring adalah seperti berikut ini:

1. Persiapan permukaan lantai

Perlu diketahui bahwa lantai vinyl tidak bisa menempel dengan baik pada dasar yang basah, lembap, atau terlalu panas. Karena itu pastikan kondisi lantai rumah kering, tidak lembap, halus dan rata. Terutama pada lantai semen yang baru jadi. Material ini juga bisa dipasang di lantai keramik, namun lantai harus dalam kondisi baik, bersih rata dan tidak ada retakan.

2. Persiapan pemasangan

Jika lantai sudah siap dilapisi, Anda bisa lanjut ke proses pemasangan. Umumnya pemasangan lantai dimulai dari tengah, baru mengarah ke seluruh ruangan. Cara ini cukup efektif untuk menghindari adanya potongan vinyl yang terbuang.

3. Proses pemasangan

Saat pemasangan, sesuaikan dengan arah petunjuk yang berada pada lapisan vinyl. Semua harus terpasang dengan pola dan arah yang sama. Karena lantai yang sudah terpasang tidak dapat dipindahkan atau digeser kembali, maka pemasangan harus dilakukan dengan teliti dan berhati-hati. Salah pemasangan juga dapat menyebabkan kerusakan sehingga material tersebut tidak dapat digunakan kembali.

Untuk  karpet vinyl atau plank dengan perekat, setelah menempel di lantai, tekan secara merata dan pukul-pukul dengan palu karet sehingga lantai benar-benar menempel rata.

Setelah terpasang semua, bersihkan sisa perekat atau adhesive menggunakan alkohol atau aseton. Hindari membersihkan lantai dengan pel basah selama 2 hari setelah pemasangan serta jangan pasang benda berat di atas lantai selama 2-3 hari ke depan.

Harga lantai vinyl

Harga lantai vinyl sangat beragam, tergantung jenis, bahan dan ukuran masing-masing lantai. Berikut ini adalah ilustrasi harga lantai vinyl yang beredar di pasaran. Namun perlu diingat bahwa harga tersebut hanya merupakan acuan semata, untuk mendapatkan harga, ukuran dan motif yang sesuai dengan kebutuhan sebaiknya konsultasikan dengan vendor terpercaya di kota Anda.

Lantai vinyl tile

Ukuran30 cm x 30 cm30 cm x 30 cm30 cm x 30 cm45 cm x 45 cm
Ketebalan1,5 mm1,5 mm2 mm3 mm
Isi55 pcs/box50 pcs/box33pcs/box16 pcs/box
Volume
5 m25 m23 m23,31 m2
HargaRp 475.000,-Rp 475.000,-Rp 395.000Rp 610.000

Karpet roll 

Ukuran per roll2m x 25m x 1mm2m x 25m x 1,5mm2m x 20m x 1m2m x 20m x 1,5m
Harga per meterRp 75.000/m2Rp 107.000/m2Rp 63.000/m2Rp 130.000/m2
Harga per rollRp 3.200.000/rollRp 4.000.000/rollRp 2.300.000/roll
Rp 4.500.000/roll

Vinyl plank

Ukuran
Harga
18 cm x 122 cm x 4 mmRp 552.300,-
18 cm x 92 cm x 3 mmRp 496.000,-
22,5 cm x 121 cm x 3 mmRp 575.000,-
18,5 cm x 92,5 cm x 2 mmRp 250.000,-

Leave a Reply