fbpx

Pagar adalah bagian paling depan dari sebuah rumah. Berapa pun harga pagar rumah Anda, pagar harus bisa berfungsi sebagai pembatas rumah, pengaman, dan melindungi para penghuni di dalamnya. Tak hanya itu, pagar juga memiliki fungsi artistik yaitu sebagai daya tarik atau ciri khas rumah Anda. Karenanya, tak heran jika saat mendesain pagar perlu pertimbangan yang matang.

Jika sekarang adalah pertama kalinya Anda mendesain rumah sendiri, tentu Anda membutuhkan banyak informasi mengenai tahapan membangun rumah, termasuk di dalamnya adalah menentukan rencana anggaran biaya pembangunan rumah secara keseluruhan. Nah khusus untuk menghitung harga pagar rumah, Anda bisa menyimaknya dalam artikel berikut.

harga pagar rumahAda banyak faktor yang dapat menentukan harga pagar rumah. Selain desain, ukuran, bahan atau material juga dapat memengaruhi harga pagar secara keseluruhan. Saat ini desain pagar minimalis sedang banyak diminati. Anda bisa memiliki pagar minimalis dari bahan kayu, tembok atau besi. Desain pagar minimalis banyak diadaptasi dari konsep eksterior ataupun interior sebuah bangunan. Bentuk-bentuk yang praktis, minim dekorasi, serta lebih memaksimalkan kualitas material dan fungsi merupakan ciri khas pagar minimalis yang banyak digunakan di tipe hunian pasangan muda masa kini.

Cara Menghitung Harga Pagar Rumah

Ketika bicara mengenai harga pagar rumah, ada dua komponen biaya yang perlu diperhatikan yaitu biaya pembuatan pagar dan biaya tukang untuk pemasangan pagar. Biaya pembuatan pagar meliputi biaya material, rangka yang diperlukan, aksesori pagar dan finishing material. Sedangkan biaya pemasangan pagar umumnya Harga memiliki tarif tetap, belum termasuk mobilisasi dan transport tukang.

Tahapan pertama untuk menyusun perkiraan biaya pembuatan pagar adalah dengan menghitung luas pagar dengan rumus sederhana yaitu mengalikan ukuran panjang dan tinggi pagar.

Luas pagar (m2) = panjang pagar (m) x tingi pagar (m)

Setelah mendapat ukuran luas pagar, Anda tinggal mengalikan harga bahan atau material per meter persegi untuk mengetahui perkiraan biaya pembuatan pagar, lalu tambahkan biaya finishing material pagar. Untuk mendapatkan harga total pembuatan pagar, tambahkan harga pemasangan pagar yang umumnya berlaku flat. 

Biaya pembuatan pagar (Rp) = Luas pagar (m2) x harga pagar per meter (Rp/m2)

Biaya finishing pagar (Rp) = Luas pagar (m2) x harga finishing material per meter (Rp/m2)

Total harga pembuatan pagar (Rp) = Biaya pembuatan pagar (Rp) + biaya finishing pagar (Rp) + biaya pemasangan (Rp) + biaya transportasi tukang (Rp) + biaya mobilisasi (Rp)

Perhitungan di atas hanyalah rumus perhitungan secara umum, untuk variabel biaya dapat berubah tergantung vendor. Namun perhitungan ini dapat menjadi acuan bagi apa pun desain model pagar rumah yang Anda inginkan, baik itu pagar kayu, pagar besi, maupun material pagar yang lain.

Harga pagar rumah dari bahan kayu

Pagar kayu merupakan salah satu model pagar yang banyak diminati hingga saat ini. Salah satu kelebihan pagar kayu adalah tampilannya yang alami dan mudah diaplikasikan dalam semua desain arsitektur. Anda bisa menggunakan pagar kayu untuk menciptakan kesan tradisional bak rumah di peternakan, atau mengombinasikannya dengan besi untuk mendapatkan pagar kayu yang kokoh.

pagar kayu minimalis

Namun perlu diketahui bahwa kekuatan pagr kayu sangat tergantung pada jenis kayu yang Anda pilih. Beberapa bahan kayu memiliki kelemahan seperti mudah lapuk, keropos, terkena rayap dan berjamur. Untuk itu pagar kayu perlu finishing lapisan khusus untuk melindungi pagar kayu dari perubahan cuaca. Beberapa material yang disarankan untuk pagar kayu yang awet dan tahan lama di antaranya kayu jati, kayu merbau, kayu damar laut, kayu bengkirai, dan yang banyak difavoritkan para pemilik rumah adalah kayu ulin.

Harga kayu ulin di pulau Jawa terbilang lebih mahal dibanding harga di Sulawesi dan Kalimantan. Kayu ulin tersedia dalam ukuran per batang atau per meter persegi. Untuk ukuran per batang, umumnya berkisar Rp 250.000/batang dengan ukuran 2 x 10 x 200cm. Sedangkan untuk harga kayu ulin per meter persegi adalah sebagai berikut:

Harga Kayu Ulin Terbaru 
Ukuran (cm)Harga per meter persegi (Rp/m2)
2 x 10 x 200 cmRp 250.000/batang
19 x 100 x 1200 mmRp 700.000/m2
19 x 90 x 1200 mmRp 650.000/m2
19 x 80 x 1200 mmRp 500.000/m2
17 x 80 x 1200 mmRp 375.000/m2
18 x 80 x 1200 mmRp 450.000/m2
20 x 10 x 1200 mmRp 750.000/m2

Harga pagar rumah besi

Selain kayu, besi adalah salah satu material yang paling banyak digunakan untuk pagar. Kelebihan material besi untuk pagar di antaranya besi tidak mudah lapuk, tahan perubahan cuaca, tidak mudah terbakar, anti rayap, awet dan tahan lama hingga beberapa generasi. Pagar besi juga terbilang fleksibel untuk disesuaikan dengan berbagai gaya hunian, baik modern, minimalis maupun gaya klasik era Renaisance.

harga pagar rumah besi

Archiexpo

Di bawah ini merupakan daftar kisaran harga pagar besi yang bisa Anda jadikan acuan untuk pembuatan pagar. Perlu diingat bahwa harga ini hanya merupakan kisaran, untuk harga aktual terkini Anda bisa menghubungi vendor pembuat pagar terpercaya di sekitar Anda.

Harga Pagar Rumah Plat Besi  
MaterialKetebalan (mm)Harga per meter persegi
Mild Steel2 mmRp 1.220.000/m2
Stainless Steel 304 Doff2 mmRp 1.400.000/m2
Stainless Steel 304 Hairline2 mmRp 1.400.000/m2
Stainless Steel 304 Mirror2 mmRp 1.450.000/m2

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang berencana membangun rumah dengan pagar besi.

 

 

Leave a Reply