Home Material Bangunan Bermain-main dengan Material Bangunan

Bermain-main dengan Material Bangunan

0
Bermain-main dengan Material Bangunan

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Mengenal Material Bangunan untuk Rumah Idaman

Tanah Liat

Tanah liat adalah salah satu material bangunan yang paling populer. Namun bukan murni tanah liat yang digunakan sebagai bahan bangunan melainkan dalam bentuk batu bata.

Nah tanah liat dalam pembahasan kali ini adalah tanah liat yang dicampur dengan bahan lain sebagai bahan tembok dan lantai. Bahan lain yang dimaksud antara lain pasir, jerami dan air.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Pada dasarnya cara mengolah tanah liat menjadi bahan bangunan mirip seperti membuat tembikar. Diawali dengan membentuk adonan tanah liat menjadi rumah dengan bentuk tertentu untuk kemudian dikeringkan. Laiknya membuat tembikar, kita bisa membentuk rumah secara bebas dengan material tanah liat ini.

Keunggulan lain dari bangunan dari adonan tanah liat adalah biaya yang murah, ramah lingkungan dan mudah didapat. Material bangunan dari tanah liat juga cenderung memberi hawa yang sejuk apabila berada di lokasi beriklim panas/tropis.

Menariknya, teknik membangun rumah ini telah digunakan jauh sebelum manusia menemukan teknik membangun rumah modern dan terbukti bertahan lama.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”padding-3-percent” column_padding_position=”top” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Panel Laser Cutting

Pemotongan laser atau laser cutting sekarang menjadi salah satu proses manufaktur yang paling banyak digunakan di dunia. Laser cutting saat ini banyak ditemukan di industri seperti sektor kedirgantaraan, otomotif, semikonduktor dan medis.

Jelas bahwa laser cutting menawarkan sejumlah besar manfaat dan penggunaannya. Selain aplikasi dalam industri, laser cutting kini semakin banyak digunakan dalam dunia kreatif dan desain, antara lain arsitektur dan desain interior.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Salah satu penggunaan yang paling umum untuk pemotongan laser adalah memotong logam. Pemotongan laser dapat digunakan pada sejumlah besar logam yang berbeda, termasuk baja, tungsten, nikel, kuningan dan aluminium. Terlepas dari industri atau pekerjaan yang dilakukan di industri itu, lebih dari kemungkinan logam akan berperan dalam beberapa hal.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6759″ alignment=”” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][image_with_animation image_url=”6749″ alignment=”” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][vc_column_text]

Penggunaan panel logam yang telah dipotong secara dekoratif menggunakan laser ini menjadikan material bangunan yang tidak hanya kuat dan tahan lama namun juga berestetika tinggi. Karena kemampuannya yang dapat mengerjakan desain dengan tingkat kerumitan sangat tinggi dan sangat presisi. Anda pun dapat menentukan desainnya sendiri. Harganya yang terjangkau membuat panel laser cutting pilihan yang baik apabila Anda menginginkan sentuhan modern namun masih ramah di kantong.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Barang daur ulang

Yang dimaksud dengan barang daur ulang dalam hal ini adalah barang bekas pakai yang dapat digunakan ulang menjadi material bangunan dan tidak melulu harus melalui proses pengubahan bentuk. Barang-barang daur ulang yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan antara lain botol bekas, tongkol dan bonggol jagung, ban bekas, juga bata plastik yang telah diolah terlebih dahulu alias recy-blocks.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6763″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Penggunaan botol sebagai bahan bangunan bermula sekitar tahun 1960-an ketika pemilik sebuah perusahaan minuman beralkohol melihat betapa banyaknya tumpukan sampah botol produk minumannya saat ia berlibur. Dari situ lah muncul ide untuk mendesain botol yang menyerupai bentuk balok bata.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6764″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Anda dapat bereksperimen dengan bahan lain baik karena alasan estetika maupun fungsi. Yang menjadi tantangan terbesar dalam membuat rumah dari bahan daur ulang adalah mencari bahan-bahan tersebut karena belum tentu tersedia dalam jumlah yang diinginkan.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Palet Kayu

Dua orang arsitek bernama Suzan Wines dan Azin Valy mencoba untuk mencari ide mengenai material bangunan yang ideal untuk tempat bernaung pengungsi di Kosovo. Mereka berencana untuk membuat sesuatu yang rendah biaya namun tetap layak ditinggali.

Awalnya mereka berpikir untuk memanfaatkan botol dan ban bekas, namun dalam perjalanan pulang ke rumah, salah satu di antara mereka mendapatkan ide brilian setelah tersandung palet kayu yang tergeletak di jalan.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6767″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Siapa sangka, ternyata palet kayu atau skids dapat menjadi pilihan sebagai material bangunan yang tidak hanya terjangkau, namun juga unik, mudah dirakit, dan cukup kokoh. Untuk merakit rumah palet ini tidak memerlukan banyak tenaga dan keahlian yang tinggi karena sangat mudah. Bagaimana, Anda tertarik untuk membuat bangunan dengan material palet kayu ini?

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6769″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Lego

Kalau Anda ingin desain rumah super nyentrik, menggunakan potongan balok lego sebagai material bangunan bisa jadi ide fantastis. Fiturnya yang khas dengan warnanya yang cerah nan menyegarkan mata bisa jadi daya tarik sendiri. Sebetulnya, belum ada bangunan terbuat dari lego yang sudah difungsikan, namun bukan berarti bangunan dari balok lego tidak dapat berfungsi.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6772″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Pembawa acara Top Gear James May sudah membuktikan bahwa membuat bangunan fungsional dari lego bukanlah hal yang mustahil. Sekitar tahun 2009, May membangun Lego House dengan kurang lebih 3,3 juta balok lego dalam berbagai bentuk dan warna.

Sayangnya, rumah yang dirakit di perkebunan anggur di Kota Surrey, Inggris tersebut harus dimusnahkan karena perkebunan memasuki masa panen dan tidak ada pihak manapun yang berani “mengambil” rumah tersebut walaupun diberikan secara cuma-cuma karena biaya pindah rumah dan rakit ulangnya sangat mahal.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6773″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Shipping container

Ini dia material bahan bangunan yang beberapa tahun belakangan sedang naik daun digunakan. Shipping container atau yang lebih kita kenal sebagai kontainer kargo ini sebenarnya sudah ada sejak sekitar 50 tahun silam, namun kini semakin populer digunakan untuk material bangunan.

Pada kontainer yang terstandar, bahan yang digunakan untuk membuat container adalah baja corten (corrosion resistant) yang merupakan jenis baja tahan korosi.  Baja jenis ini mampu bertahan hingga waktu yang lama dan relatif aman bagi kesehatan jika digunakan sebagai material bangunan.

Awalnya penggunaan kontainer kargo ini sifatnya hanya eksperimen terutama di kalangan arsitek bangunan urban. Namun karena praktis, kuat, tahan lama, dan relatif murah, kini penggunaan kontainer kargo semakin lumrah.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6775″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Bambu

Bagi orang Indonesia, penggunaan bambu sebagai material bangunan dan furnitur mungkin sudah tidak asing di berbagai wilayah Indonesia. Penggunaannya di Indonesia mulai dari kursi, balai atau gubuk kecil, hingga bangunan rumah secara keseluruhan mulai dari rangka hingga tembok. Biasanya, rumah bambu di sini berupa rumah panggung, walaupun tidak selalu demikian.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][image_with_animation image_url=”6776″ alignment=”center” animation=”Fade In” hover_animation=”none” border_radius=”none” box_shadow=”none” image_loading=”default” max_width=”100%” max_width_mobile=”default”][divider line_type=”No Line” custom_height=”25″][vc_column_text]

Namun ternyata dalam dunia arsitektur modern skala internasional, penggunaan bambu sebagai material bangunan tergolong masih jarang dan dianggap sangat unik. Bambu sebagai material bangunan memiliki banyak kelebihan, antara lain ramah lingkungan, tahan lama, kuat, fleksibel, juga murah. Selain itu, bambu juga tak terbatas ketersediaannya karena pohon bambu termasuk pohon yang cepat tumbuhnya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here