Jika saat ini ada material yang paling sering digunakan untuk finishing luar gedung atau pertokoan, mungkin itu adalah ACP (Aluminium Composite Panel). Padahal semula material ini ditujukan sebagai bahan material papan pengumuman dan penunjuk arah saja.

Apa itu ACP (Aluminium Composite Panel) ?

ACP adalah material komposit yang terdiri atas dua lembaran tipis aluminium yang mengapit core inti insulator densitas rendah yang juga sangat tipis. Karena desainnya yang mirip roti lapis/sandwich ini, maka ACP juga dikenal sebagai sandwich panels. Ketebalannya antara 3-6 mm.

Sekilas perkembangan ACP

ACP telah dikenal lama, sejak awal 1970-an. Pengembangnya adalah perusahaan Alusingen dan BASF. Walau begitu, penggunaan ACP baru mulai marak pada pertengahan 1980-an.  Ini saat kalangan industri perumahan dan arsitektur mulai menyadari kekuatan dari ACP untuk memperindah bangunan secara praktis. Untuk kebutuhan perumahan, ACP baru mulai sangat top pada awal 1990-an.

material acp

Jenis material ACP

Jenis ACP dapat dibedakan menurut lapisan catnya, yaitu:

1. ACP Polyester (PE), memiliki 2 lapisan coating dan biasa digunakan untuk interior. Salah satu merek ACP PE yang banyak digunakan adalah Maco, Alustar, Seven, Alumetal, Alcopla.

2. ACP Polyvinyl de Flouride (PVDF), memiliki 3 lapisan coating dan banyak digunakan untuk eksterior. Merek ACP PVDF yang bisa Anda gunakan di antaranya Alcopan, Alustar, Alucobond, Alumetalec, Luminate.

Merek material ACP

Dari pengembang aslinya, Anda akan mendapat merek dagang top untuk ACP, Alucobond. Saat ini Anda bisa mendapati berbagai produk ACP terkenal dari produsen seperti seperti Alcoa, Mitsubish, dari Etem, dan lain sebagainya. Secara lokal, Anda mungkin telah sangat kenal dengan merek-merek seperti Alumetal, Aluclad, Luminate, dan lainnya.   

Walau begitu banyak brand ACP muncul, secara umum bentuk produknya tetap sama. Hanya saja ada perubahan komposisi dari core-nya. Ini terkait dengan beberapa kasus kebakaran yang melibatkan komposisi bahan core-nya.

Tipe Core dan Tampilan Visual ACP

Saat ini ada tiga macam core ACP, yaitu PE Cores, FR Cores, Aluminium Cores. PE Cores adalah yang paling konvensional. Dibuat dari polietilen 100% dan mudah terbakar. FR Cores dibuat dari serat rock wool yang tidak gampang terbakar, bahkan bisa mematikan api.

warna acp

Aluminium cores dibuat dari lembaran aluminium tipis (bisa berpola sarang lebah, bisa pula polos tanpa pola).Secara visual, penampilan ACP sudah enak dilihat: kemilau futuristik khas aluminium dan mulus permukaannya. Namun begitu, perkembangan teknologi telah memungkinkan Anda mendapatkan ACP dengan berbagai tipe cat poliester dan coatings berbagai macam resin.

Berbagai keuntungan material ACP

Dengan permasalahan rentan api terselesaikan, ACP semakin menjadi pilihan sebagai material bangunan. Ada berbagai keunggulan arsitektural ACP dibanding dengan bahan-bahan material lainnya, seperti:

  • Rasio kekuatan terhadap bobot yang tinggi

Dengan kata lain, walau bobotnya ringan, namun memiliki kekuatan yang mumpuni.

  • Bobot yang ringan
  • Sangat fleksibel dan mudah diterapkan
  • Awet
  • Sifat insulasi yang sangat bagus

Oleh karena itu ACP bisa menahan panas atau dingin dengan bagusPada saat ini ACP telah menjadi salah satu material bangunan modern utama. Anda bisa menemukan ACP dalam berbagai desain, seperti untuk partisi, cladding, penutup mesin, renovasi bangunan, sebagai fasad, gerbang, dan masih banyak lagi.

Cara pemasangan material ACP

Untuk pemasangan ACP, sebaiknya percayakan pada kontrakor composite panel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelumnya, pastikan bahwa jenis ACP yang dipilih sudah sesuai dengan spesifikasi ruangan. Untuk pemasangan outdoor, pilih material ACP yang sesuai untuk outdoor, begitu juga sebaliknya.

Secara umum pemasangan ACP dapat terbagi menjadi beberapa tahap:

1. Pemasangan konstruksi rangka dudukan ACP pada bangunan

2. Fabrikasi lembaran ACP

3. Pemasangan lembaran ACP yang telah difabrikasi pada konstruksi rangka dudukan

4. Pemberian sealant pada sela lembaran ACP dan pembersihan

Ukuran ACP

ACP umumnya diproduksi dengan ketebalan standar 4mm, sedangkan untuk panjang dan lebarnya terdapat dua ukuran lembaran ACP, yaitu 1220 x 2440 mm dan 1220 x 4880 mm. Sedangkan untuk lapisan aluminium di kedua sisinya umumnya mulai 0,21 mm; 0,3 mm; dan 0,5 mm.

Untuk bangunan bertingkat dua hingga empat lantai, bisa menggunakan ACP ketebalan aluminium 0,21 mm atau 0,3 mm. Sedangkan untuk gedung bertingkat tinggi, akan lebih maksimal menggunakan ACP dengan ketebalan 0,5 mm karena lebih tahan beban fisik dan cuaca.

Penggunaan material ACP dalam interior atau eksterior 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ACP adalah satu material yang cukup fleksibel untuk interior dan eksterior. Untuk interior, ACP bisa digunakan untuk partisi ruangan kantor. Sedangkan untuk eksterior, ACP bisa digunakan untuk fasad kantor, hotel, galeri, atau apa pun jenis properti Anda. 

Fasad dengan ACP

Fasad gedung dengan ACP

Fasad adalah sisi luar dari sebuah bangunan. Tak harus selalu bagian depan, fasad juga bisa diperuntukkan sebagai bagian belakang bangunan. 

Apakah penting untuk mendesain fasad dengan baik? Sebagai dinding terluar dari bangunan, fasad dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas bangunan. Dengan fasad yang menarik, bangunan Anda akan lebih mudah dikenali. 

Fasad gedung dengan ACP

ACP sebagai bahan partisi ruangan

Umumnya partisi berfungsi untuk membagi ruangan agar terlihat lega. Sebuah ruangan yang dipisahkan oleh partisi akan memiliki nilai fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misal, Anda ingin memberi batasan antara ruang tamu dengan ruang tengah, atau ruang keluarga dengan ruang makan. Maka, pasang partisi di antara kedua ruangan tersebut.

Fungsi lain dari partisi adalah untuk memberi privasi untuk sisi ruangan lain. Aktivitas dalam sebuah ruangan akan berbeda dengan aktivitas yang dikerjakan di tempat yang lain. Tanpa partisi, maka kedua ruangan akan sulit untuk dimanfaatkan dengan maksimal. Maka di situlah perlunya memasang partisi.

 

Bahan ACP merupakan salah satu bahan paling fleksibel yang bisa Anda manfaatkan sebagai partisi. Untuk mempercantik partisi, gunakan teknik laser cutting agar mendapatkan model partisi sesuai desain yang Anda inginkan. Salah satu kelebihan ACP, bahan ini memiliki beragam warna dan motif sehingga Anda cukup leluasa untuk memilih desain. 

Plafon artistik dari ACP

Mempercantik bangunan tidak hanya bisa dilakukan dengan menambah partisi atau menambah dekorasi di bagian dinding. Anda juga bisa mempercantik ruangan dengan menghias plafon. Dipadukan dengan tata lampu yang tepat, Anda bisa mencipatakan suasana yang hangat dan nyaman.

Berikut ini beberapa contoh desain ACP sebagai plafon yang bisa Anda gunakan di dalam ruangan: 

Menarik bukan?

Selain digunakan dalam area indoor, ACP juga bisa digunakan untuk plafon outdoor. Plafon yang serasi dengan desain fasad atau desain keseluruhan bangunan tentunya akan memberikan kesan tersendiri pada properti milik Anda. Anda bisa berkreasi dengan memadukan warna-warna ACP agar tercipta warna dan pola yang menarik. 

Dari ulasan di atas, jelas kan bahwa ACP memang merupakan salah satu bahan yang paling fleksibel untuk interior dan eksterior. Jangan ragu untuk menghubungi kontraktor yang sudah berpengalaman dan terpercaya untuk mengerjakan dan memasang ACP. Selamat mencoba!

Leave a Reply