Home Dekorasi Partisi Ruangan Tips dan Cara Menghitung Harga Partisi Ruangan Berdasarkan Tipe dan Modelnya

Tips dan Cara Menghitung Harga Partisi Ruangan Berdasarkan Tipe dan Modelnya

0
Tips dan Cara Menghitung Harga Partisi Ruangan Berdasarkan Tipe dan Modelnya

Saat ini nyaris semua orang dapat dengan mudah mencari gambar dan referensi desain untuk rumah mereka.

Namun ketika di hadapkan pada berapa budget yang harus di keluarkan untuk membeli sebuah furniture atau merenovasi kamar tidur misalnya, saya yakin kita semua pasti akan garuk-garuk kepala dengan berbagai informasi yang didapatpkan. Nah kali ini kami ingin membahas terkait bagaiman cara menghitung harga partisi ruangan untuk kebutuhan rumah tinggal.

Artikel ini untuk anda yang ingin membeli partisi ruangan namun bingung dengan cara menghitung harga total yang harus di keluarkan. Atau siapapun yang ingin mengetahui berbagai harga partisi ruangan berdasarkan tipe dan modelnya.

Mari kita mulai

Artikel sederhana ini hanya berusaha membahas mengenai bagaimana cara menghitung harga partisi ruangan dengan jelas beserta detail spesifikasinya acuan bagi anda untuk memudahkan anda melakukan perencanaan budgeting proyek.

Harga Partisi Ruangan Aluminium Dengan Kaca

Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, material kusen aluminium langsung mendapatkan popularitas luar biasa dikalangan para aplikator. Hal ini bukan tanpa alasan, sebagai negara tropis dengan tingkat kelembaban yang tinggi, penggunaan material aluminium menjadi pilihan populer karena keawetannya. Nah karena hal ini, banyak pabrik yang berlomba-lomba memproduksi berbagai panel ekstrusion untuk menggantikan yang sebelumnya dibuat menggunakan material kayu, salah satunya adalah partisi.

Partisi aluminium yang dipadukan dengan kaca menjadi pilihan partisi yang sempurna untuk segala jenis ruangan dirumah anda. Pertama, karena aplikasinya mudah. Kedua, material ini akan lebih awet dibandingkan bahan lainnya.

Namun, partisi kaca saja terkadang dianggap agak riskan atau rentan karena mudah pecah.

Baca Juga : Sedang mencari ide? Lihat 40 Desain Ruang Makan Minimalis Yang Luar Biasa Ini. Cocok Untuk Rumah Kecil dan Minimalis

Maka dari itu ditambahkan aluminium untuk membingkai kaca sebagai pelindung agar lebih aman dan tampak menarik meskipun sebenarnya harga kaca partisi ruangan tanpa bingkai dirasa lebih murah.

Seperti yang kami sebutkan diatas, partisi aluminium kaca memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca serta ramah lingkungan, sehingga sangat populer dikalangan pemilik rumah.

Berikut daftar harga partisi ruangan aluminium kaca dengan ketebalan kaca 5 mm per meter :

  1. Alexindo 3 inch Rp 700.000 / meter persegi
  2. Alexindo 4 inch Rp 900.000 / meter persegi
  3. YKK 3 inch Rp 1.200.000 / meter persegi
  4. YKK 4 inch Rp 1.500.000 / meter persegi.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih! Cek Dulu 20 Model Sofa Yang Sesuai Untuk Berbagai Jenis Ruang Tamu Ini

Harga Partisi Ruangan Kayu

Ada kalanya yang anda butuhkan hanya pembatas yang bisa membedakan ruangan satu dengan ruangan lainnya. Untuk ini, anda mungkin hanya perlu menggunakan partisi ruangan dari kayu.

Kayu multiplex atau plywood sudah dikenal memiliki kualitas yang mirip dengan kayu asli namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Ditangan aplikator yang ahli, kayu multiplex juga dapat memberikan tampilan desain yang bagus, fungsional, kuat dan cukup kokoh karena strukturnya yang terbuat dari lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi.

Partisi dari kayu memang sangat diminati karena dapat dibuat dengan berbagai motif dan desain yang beraneka ragam bahkan akan membuat interior ruangan terlihat lebih indah.

Berikut harga partisi ruangan untuk kayu backdrop multiplex 15 mm dengan rangka hollow galvalum :

  1. Multiplex finishing lapis HPL Rp 700.000/m2.
  2. Multiplex finishing lapis tacosheet atau melamine Rp 600.000/m2.
  3. Multiplex finishing kompon dan cat duco spray Rp 800.000/m2.

Baca Juga : 50 Model Meja Makan Yang Akan Membuat Semua Tamu Anda Terpesona

Harga Partisi Ruangan Gypsum

Partisi gypsum sering digunakan pada gedung perkantoran namun saat ini sudah banyak digunakan di mall, apartemen, hotel, hingga perumahan modern dengan harga partisi ruangan gypsum yang berbeda berdasarkan ukuran, rangka, sisi, dan tebal.

Partisi gypsum juga cocok di pasang di mana saja, ramah lingkungan, serta memiliki harga yang terjangkau serta proses pemasangan yang mudah.

Beberapa gypsum bahkan tahan lembap dan kedap suara.

Berikut daftar harga partisi ruangan dari gypsum 9 mm:

  1. Gypsum Jaya board, rangka baja ringan 0.65mm Rp 160.000.
  2. Gypsum Elephan board, rangka baja ringan 0.65mm Rp 155.000.
  3. Gypsum Jaya board, rangka metal stut 0.4mm Rp 155.000.
  4. Gypsum Elephan board, rangka metal stut 0.4mm Rp 150.000.
  5. Gypsum Jaya board, hollow meni/biasa 0.3mm Rp 110.000.
  6. Gypsum jaya board, hollow galvaniz 0.3mm Rp 120.000.
  7. Gypsum jaya board, hollow galvalumz 0.3mm Rp 130.000.

Cara Menghitung Harga Partisi Ruangan

Setelah mengetahui beberapa harga partisi ruangan per meter, anda bisa dengan mudah menghitung harga total partisi ruangan sesuai dengan ukurannya.

Terdapat beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan sebelum menghitung harga partisi ruangan :

1. Tentukan material serta desain partisi

Antara kedua hal ini, anda bisa menentukan material terlebih dahulu atau sebaliknya memilih desain dulu baru materialnya anda sesuaikan. Yang pasti, anda wajib menyesuaikan material dan desain dengan tema atau konsep ruangan anda terlebih dahulu.

Karena nantinya, material atau bahan dan desain atau motif partisi akan menentukan harga keseluruhan dari partisi tersebut.

2. Cari dan Bandingkan informasi harga partisi

Yang tidak kalah penting, anda juga meluangkan waktu untuk mencari informasi harga partisi. Untuk memulainya anda dapat mencari beberapa inspirasi di instagram atau pinterest misalnya, lalu menunjukan desain pilihan anda kepada beberapa vendor. Biasanya mereka sudah dapat memberikan estimasi harga kasar untuk anda.

Setiap partisi jelas akan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung bahan yang digunakan. Itu kenapa masing-masing vendor produsen partisi juga menawarkan harga yang berbeda-beda

3. Ukur ruangan dan posisi peletakan partisi

Di tahapan ini anda sudah harus menentukan di bagian mana anda akan meletakan partisi tersebut. Ukur lebaran area yang harus ditutupin oleh partisi anda, jangan lupa ukur juga ketinggian partisinya. Apakah ini akan menutup hingga ke atap? atau hanya sampai ketinggian tertentu?

Pastikan anda sudah mempertimbangkan berbagai hal seperti misalnya akses jalan di ruangan, apakah tidak terlalu menghalangi jalan? apakah nanti dapat dipindah dan hal lainnya. Jangan sampai anda menutupi trafik jalan saat ada kebutuhan untuk mengangkut barang besar seperti sofa atau piano misalnya.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Partisi

Setelah memahami variable yang dibutuhkan untuk mengetahui biaya pembuatan partisi, anda bisa mulai menghitung biaya pembuatan partisi ruangan.

Misalnya setelah anda ukur, anda membutuhkan partisi kayu dengan ukuran lebar 2 m dan tinggi 2,8 m yang menutup hingga keatas atap. Artinya total luasnya adalah 5,6 meter persegi.

Lalu misanya harga partisi multiplex menggunakan ketebalan 15 mm, rangka hollow galvalum dengan finishing lapis tacosheet dan melamine adalah Rp 600.000 per meter perseginya.

Maka anda tinggal kalikan biaya yang diperlukan untuk membuat partisi kayu dengan luasan total 5,6 m2 sebagai berikut. 5,6 m2 x Rp 600.000 = Rp3,360,000.

Artinya anda harus mengeluarkan biaya Rp3,360,000 untuk memproduksi partisi kayu dengan bahan dasar multiplex dengan lapisan finishing HPL.

Namun yang juga perlu di ingat, ini adalah harga dasar. Seringnya harga partisi ruangan belum termasuk biaya tambahan seperti misalnya upah tukang, biaya marketing, dan faktor penambahan biaya lainnya.

Baca Artikel Bermanfaat Lainya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here