fbpx

Tren Dekorasi Interior Hunian Sepanjang Dua Dekade

Tren dekorasi interior selalu berkembang dan setiap tahun akan selalu muncul tren baru. Namun sebenarnya tren dekorasi selalu berputar dan ada masanya kita kembali ke tren dekorasi di zaman dulu.

Memasuki dekade baru di tahun 2020, mari kita flashback tren dekorasi yang pernah populer sejak awal tahun 2000.

Tren Dekorasi Interior di Tahun 2000:

Masih ingat seperti apa dekorasi rumah Anda di tahun 2000?

Meskipun tahun 2000 rasanya baru kemarin, namun barang-barang yang sempat tren saat itu kini sudah tampak kuno. Di awal tahun 2000, karena semangat menyambut milenium baru masih sangat kuat, banyak yang menyukai perabotan rumah berwarna putih.

Kamar tidur: Shabby chic

Sebelum populer tren modern farmhouse, tren shabby chic sebenarnya sudah mulai banyak digemari di tahun 2000an. Pada dasarnya, tren shabby chic adalah sesuatu yang berkaitan dengan gaya vintage yang elegan dan gaya.

Tren Dekorasi Interior

Gaya shabby chic identik dengan motif floral yang lembut dan tidak simetris. Melihat perabotan gaya shabby chic dapat mengingatkan kita pada suasana pedesaan yang nyaman dan tenang. Taplak meja, sprei, sarung bantal berenda dengan motif floral serta perabotan dengan banyak lekuk menjadi populer di masa ini.

Ruang tamu: pusat hiburan

Apa media hiburan Anda di tahun 2000? Tahun ini adalah tahun keemasan CD dan DVD player, hampir setiap rumah pasti memiliki player sebagai pusat hiburan di rumah. Saat itu rasanya suasana rumah tidak terasa lengkap tanpa speaker besar untuk menghadirkan suara terbaik ke ruangan.

Dapur: lemari putih

Obsesi pemilik rumah dengan dapur serba putih sudah dimulai sejak tahun 2000. Tren bergeser dari lemari kayu berwarna natural seperti cokelat atau warna gelap jadi warna putih bersih. Bukan hanya lemari, namun backsplash, countertops dan lantai juga mulai didominasi warna putih.

Kamar mandi: gaya Tuscan

Gaya Tuscan adalah gaya yang sangat populer selama bertahun-tahun. Gaya ini terinspirasi daerah Tuscany di Italia. Warna yang banyak digunakan umumnya warna-warna hangat seperti merah anggur, hijau zaitun, emas, dan krem. 

tren dekorasi interior

Tema cat: Merah tua dan coklat

Meskipun tren warna di tahun 2000 adalah tren warna tekno dan futurisktik, tapi untuk tren warna cat ruangan justru warna-warna warm. Warna merah tua, cokelat tua, banyak digunakan untuk dapur, ruangan keluarga, juga kamar tidur anak.

Aksesoris: Stoples di mana-mana

Di tahun 2000an, tren aksesoris di dapur adalah stoples atau tempat penyimpanan seperti vas, tempat lilin, wadah gelas dan segala perabotan yang perlu disimpan. Salah satu yang mulai populer adalah penggunaan mason jar baik yang berbahan kaca maupun bahan logam lain. Penyimpanan ini selain praktis juga membantu dapur dan ruang makan menjadi lebih rapi dan tertata. 

Tren Dekorasi Interior Tahun 2010: Gaya Hidup Minimalis

Sekitar 2000 akhir, kesadaran masyarakat akan perubahan iklim sudah mulai meningkat. Keinginan untuk bergaya hidup minimalis termasuk menggunakan dekorasi minimalis untuk interior rumah dan perabotan.

Kamar tidur: tren pintu geser

Di tahun 2010, mulai banyak tren pintu kamar dengan model pintu geser. Selain lebih banyak menghemat ruang, pintu geser juga memberi kesan modern dan membuat ruangan lebih ruangan lebih ringkas.

Ruang tamu: sofa pouf

Dari sisi perabotan untuk ruang tamu, sofa pouf banyak menggantikan pemasangan kursi ottoman sebagai kursi samping. Selain sebagai tempat duduk, sofa pouf juga bisa dimanfaatkan untuk mengistirahatkan kaki setelah Anda menjalani hari yang panjang.

Dapur: Rak terbuka

Di tahun 2010, mulai banyak pemilik rumah yang beralih dari dapur penuh rak kabinet ke dapur dengan rak terbuka. Meskipun dapur rak terbuka ini membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya, namun kesan terbuka ini memberi kesan modern, ringkas dan segar.

Kamar mandi: Lantai geometris

Lantai kamar mandi ala subway memang tidak akan tergilas jaman. Namun banyak juga pemilik rumah yang berkreasi dengan lantai bentuk heksagon atau bentuk berlian untuk memberi tampilan visual yang lebih menarik.

Ruang makan: Modern farmhouse

Apa itu gaya modern farmhouse? Gaya modern farmhouse bukan berarti membuat dapur Anda menampilkan suasana seperti di barn atau gudang, namun lebih banyak mengintegrasikan gaya rustic dan sentuhan vintage di bagian dapur.

Untuk memberikan sentuhan ini, banyak digunakan meja dan kursi kayu, lukisan bertema suburban, taplak quilting, dan sentuhan lampu ala industrial.

Tema cat: Millennial pink dan hunter green

Setelah dominan putih di tahun 2000an, memasuki tahun 2010 makin banyak warna cat rumah yang lebih lembut dan tajam seperti millenial pink atau warna lain yang senada, serta warna hijau seperti hunter green yang cocok untuk dapur, kamar tidur dan kamar mandi.

Aksesoris: Tren kuningan dan emas

Jika perabotan warna perak sempat populer di tahun 2000an, maka di tahun 2010 mulai berganti perabotan rumah yang dominan emas dan kuningan. Warna keemasan memberi kesan modern dan vintage. Tren ini juga masih banyak digemari hingga dekade berikutnya.

Tren Dekorasi Interior Tahun 2020: Peralihan dari Minimalis ke Maksimalis

Perkembangan teknologi yang cukup pesat di sepanjang dua dekade belakangan membuat tren dekorasi juga sangat cepat berkembang.

Kamar tidur: smart furniture

Di era akhir 2010 sudah mulai banyak penerapan smart furniture di dapur dan ruang tamu. Kini saatnya perabotan di kamar tidur yang . Misal, lampu malam dengan built-in USB ports atau lampu kamar otomatis yang bisa melacak berapa jam Anda tidur, dan data penting soal kesehatan lainnya.

Ruang tamu: Boho dan eklektik

Setelah tren dekorasi minimalis populer dalam 1 dekade ke belakang, di tahun ini mulai banyak bergeser menjadi tren maksimalis. Perabotan besar dan bulky mulai banyak digunakan lagi. Warna-warna yang digunakan juga mulai menggunakan warna cerah dan banyak terinspirasi gaya bohemian yang penuh warna.

Dapur: Dapur ceria dan warna-warni

Selain warna putih, warna dapur dengan warna-warna cerah kembali diminati pemilik rumah. Setelah ini Anda akan menemukan perabotan dapur berwarna pink, merah tua, atau biru tua dan hijau untuk teko, tempat minum, gelas, rak sendok dan lain-lain.

Kamar mandi: Kembali ke natural

Di era ini, orang banyak yang berpikir untuk meminimalisir segalanya termasuk meminimalisir pengeluaran. Kaitannya dengan dunia desain, banyak pemilih rumah memilih rumah dengan biaya minim termasuk finishing di kamar mandi.

Karena itu, banyak pemilik rumah memilih gaya industrial dan finishing kamar dengan semen dan batu alam. Gaya ini juga lebih ramah lingkungan untuk hunian Anda.

Meja makan: meja makan formal

Seiring dengan gaya maksimalis, penggunaan meja makan besar juga makin banyak diminati. Meja makan juga kini lebih banyak digunakan tidak hanya untuk makan, namun juga untuk berkumpul bersama keluarga.

Tren cat: Kembalinya warna beige dan netral

Warna beige memang sempat populer di tahun 1990an, dan kali ini dipercaya tren ini akan kembali lagi. Warna-warna tegas dan gelap juga banyak digemari untuk memberikan kontras pada ruangan.

Aksesoris: Kembali ke alam dengan rotan

Bukti bahwa tren selalu berputar, penggunaan barang-barang dari rotan yang pernah populer di tahun 1970an kini diprediksi makin banyak digemari di tahun 2020an dan dekade mendatang. Ditambah lagi dengan kesadaran untuk lebih banyak menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan, Anda akan menjumpai perabotan dari rotan tidak hanya berupa kursi namun juga rak buku dan banyak lagi.

Leave a Reply