fbpx
Tips dan Trik

Lakukan Sendiri: Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru/Velvet

By April 15, 2019 Agustus 13th, 2019 No Comments

Salah satu wasiat raja Richard II dari Inggris (abad 12) adalah bahwa jika dia mangkat kelak, maka dia ingin dibungkus dengan velvet atau kain beludru. Pada masa Renesans, para pembesar, saudagar, bangsawan suka sekali mengenakan pakaian dari beludru.

Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru

Karena dianggap sebagai simbol status. Bahannya dari sutra, dipintal di beberapa tempat fashion top masa itu, seperti Genoa, Lucca, Florence dan Venesia.Namun aslinya beludru, konon cerita, berasal dari daerah Kashmir. Dan diperkenalkan di Bagdad pada sekitar abad 9 Masehi. Baca juga: Rumah Lama Rasa Baru? Facelift Rumah Anda dengan Cat Ulang

Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru
Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru

Setelah itu, kain yang halus, lembut, dan berkilau ini menyebar ke berbagai penjuru termasuk hingga dikenal oleh raja Richard. Saat ini beludru bisa dibuat dari berbagai benang, bahkan yang sintetik. Harganya tidak mahal lagi, bahkan Anda bisa memilihnya menjadi material padding furnitur.

Furnitur dengan kain beludru memang tampak anggun dan aristokratis. Warnanya kuat, teksturnya ‘kena’, dan yang jelas tampak eksklusif. Pokoknya berkelas, hingga kemudian terkena noda es krim si kecil, kopi si bapak, hingga jus buah si mama.

Bagi Anda yang sedang sebal karena furnitur beludru sedikit ternoda, berikut ini ada beberapa tips membersihkan beludru yang kami harap bisa membuat mood Anda cerah kembali. Baca juga: 10 Desain Pagar Lipat Minimalis Unik dan Keren untuk Anda

So, Bagaimana Membersihkan Furnitur Beludru?

Membersihkan furnitur beludru tidak memerlukan peralatan yang ribet. Anda hanya memerlukan vacuum cleaner, kain lap yang bisa menyerap (Anda bisa menggunakan microfiber atau camois), sikat halus, pembersih upholstery (Anda bisa menggantinya dengan sabun lembut dan air).

Perawatan Reguler Furnitur Beludru

Agar tetap bersih dan prima, Anda perlu melakukan perawatan furnitur beludru secara reguler. Untuk perawatan ini, yang Anda perlukan adalah vacuum cleaner dan sikat lembut. Karena Anda hanya akan membersihkan debu yang menempel pada material kain.

Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru

Selain vacuum cleaner, gunakan sikat halus

Agar lebih bersih, Anda bisa menggosok permukaan beludru dengan sikat halus agar kotoran kering dan debu-debunya lepas dan mudah di-vacuum.

Bagaimana jika Kena Tumpahan?

Jika kursi beludru terkena tumpahan sirup, kopi, atau lainnya, segera ambil kain lap kering. Kain ini untuk menyerap cairan tumpahan dari beludru hingga kering. Sehingga tidak sampai membuat noda. Lakukan hingga beludru kering seluruhnya.

Bagaimana Mengatasi Beludru yang Ternoda?

Untuk kain beludru yang telanjur ternoda dan kering, Anda bisa membersihkannya dengan upholstery cleaner (Anda bisa mendapatkannya secara online). Jika dirasa ribet, Anda bisa pula menggunakan campuran sabun lembut (seperti sabun cuci piring) dengan air.

Namun sebelum melakukannya, Anda harus melakukan uji bahan terlebih dahulu. Cari satu spot beludru yang tersembunyi dari pandangan mata. Teteskan cleaner atau campuran sabun-air Anda dipermukaannya, dan tunggu sebentar. Pastikan bahwa pembersih tersebut Anda tidak merusak beludru. Jika Aman, Anda bisa lanjut. Baca juga: 11 Model Pagar Besi Hollow Minimalis Cantik 2019

Basahi bagian yang ternoda dengan cleaner atau campuran sabun-air dan sikat dengan sikat halus hingga noda hilang. Seka bagian yang basah dengan lap kering, hingga kering sama sekali.

Jangan Lupa Sikat Kembali Beludru yang Telah Bersih

Baik setelah perawatan reguler atau setelah mencucinya dari noda, Anda perlu menyikat kembali beludru Anda.

Cara Mudah Bersihkan Furnitur Beludru

Sikat Beludru yang telah bersih dengan sikat halus

Ambil sikat lembut dan sikat permukaan beludru agar setiap tekstur permukaannya seragam kembali, terlihat bersih dan segar seperti baru.

Leave a Reply

WhatsApp chat