Dekorasi & HiasanRuang Tamu

16 Dekorasi Ruang Tamu Kecil Yang Akan Membuat Tamu Anda Terkesima

By September 13, 2020No Comments

Saya yakin semua orang merasa memiliki bakat dalam merencanakan dekorasi ruang tamu kecil. Namun saat prakteknya, angan seringnya tidak seindah kenyataan, yang terucap akhirnya ‘ahh seandainya ruang tamu saya lebih luas’

Jangan berkecil hati, hanya karena ruang tamu anda berukuran ‘compact’, bukan berarti anda tidak dapat mencurahkan kreatifitas maksimal saat memilih berbagai gaya dekorasi. 

dekorasi ruang tamu kecil ala musim semi

Ruang tamu yang tampak sempit seharusnya dapat menjadikan anda lebih eksperimental, mencoba dan mengeksplorasi hal baru. 

Inilah yang berusaha kami sajikan dalam artikel ini melalui pilihan 32 gaya dekorasi ruang tamu kecil yang telah kami kurasi untuk anda. Masing-masing gaya akan mengungkap cara mengemas berbagai gaya serta fungsi dalam ruangan yang sempit tanpa terkesan penuh dan ramai.

Mari kita simak!

Dinding Putih dan Furniture Gelap

dekorasi ruang tamu kecil hitam diatas warna putih

Pemilihan furniture dengan warna hitam pada area dinding yang didominasi putih akan memberikan kesan yang dalam. Untuk menghindari aura yang terlalu berat akibat warna gelap kuncinya ada pada peletakan furniture agar terkena pencahayaan yang cukup. 

JIka atap anda cukup tinggi (lebih dari 3,5 m) anda bisa menempatkan tanaman hijau berdaun lebar seperti Ara Biola (fiddle leaf tree) yang tampak pada gambar untuk memberikan warna kontras pada dinding yang didominasi putih.

Pemilihan karpet berwarna orange memberikan kesan hangat dan menjadi semacam penghubung antara warna gelap dan warna terang. Karpet ini juga bisa dibilang berfungsi sebagai pemersatu keseluruhan konsep dalam desain ini.

Baca juga : Feng Shui Warna Dapur Sesuai 8 Arah Mata Angin

Gaya Kasual Skandinavia

dekorasi ruang tamu kecil gaya kasual skandinavia

Jika anda ingin mendapatkan kesan cozy dan nyaman, desain skandinavia adalah pilihan yang tepat untuk anda. Gaya ini memancarkan kesan rapi dan modern, tetapi dengan aura ramah yang cocok untuk semua jenis rumah. 

Memadukan gaya kasual interior California dengan inspirasi Skandinavia, hamparan palet warna pucat yang mendominasi memberikan kesan tenang dan santai pada ruang tamu anda.

Tekstur Di Atas Warna Netral

dekorasi ruang tamu kecil aksen tekstur

Siapapun pasti akan merasa kesulitan saat diminta untuk merencanakan dekorasi ruang tamu kecil, khususnya jika ternyata ruang tamu anda super kecil.

Yang bisa anda lakukan adalah memaksimalkan area ini dengan furniture yang juga berukuran kecil seperti tampak pada gambar. Satu sofa kecil yang nyaman, menggunakan kain dengan tekstur yang lembut, cukup untuk dua orang. Disampingnya diapit oleh dua meja kecil yang bisa berfungsi untuk menempatkan buku bacaan.

Meja dengan gaya anyaman serta lampu keramik sengaja digunakan untuk memberikan tekstur pada palet warna ruangan yang netral ini.

Dekorasi Tanaman Hijau

dekorasi ruang tamu kecil ala IKEA

Lupakan berbagai dekorasi ruang tamu kecil yang rumit, anda dapat langsung merubah mood ruangan dengan pilihan tanaman hijau yang tepat. Kombinasi warna hitam putih dan abu-abu memberikan kesan ramah dan tenang. 

Namun yang menjadi bintang dalam ruangan ini adalah tanamannya. Anda bisa menggunakan kombinasi tanaman meja maupun yang cukup besar seperti tanaman Monstera untuk memberikan emphasis pada keseluruhan ruang.

Sudut Ruang Menawan

dekorasi ruang tamu kecil minimalis menawan

Saya sering menemui sudut ruang tamu yang terasa janggal untuk dilihat, beberapa menempatkan meja kecil seadanya, yang lain menutupnya dengan lemari buku yang seolah menutupi seluruh ruangan.

Penggunaan karpet asimetris dipilih untuk memberikan tekstur di ruangan sudut seperti ini. Sesuaikan warna karpet yang dipilih dengan lantai rumah anda. Focalpoint dari ruangan sudut seperti ini adalah jendelanya, dengan sofa yang berfungsi sebagai jangkarnya. Pastikan juga anda memilih gorden yang sesuai.

Galeri foto di dinding semakin memberikan penegasan pada ruang ini. Pemilihan meja marmer dengan material kayu bergaya vintage semakin memperindah ruangan sudut ini.

Warna Hitam Untuk Kedalaman Ruang

dekorasi ruang tamu kecil warna hitam

Rumah sederhana minimalis maupun apartemen ukuran studio dapat diuntungkan dengan warna hitam. Karena jika dikombinasikan dengan tepat, warna hitam pada dekorasi ruang tamu kecil dapat memberikan kesan kedalaman pada ruang.

Pencahayaan yang kuat dari jendela berukuran besar serta rak buku berwarna putih yang menutupi area dinding sebelah kiri membantu menyingkirkan kesan sesak dan suram. Pemilihan karpet geometris sederhana menjadi jangkar dalam ruangan ini. Pemilihan sofa bergaya mewah menambah kesan yang semakin nyaman.

Pemilihan kursi dengan ornamen senada dengan bantal sofa memberikan emphasis pada konsep ini. Meja oval sederhana yang minimalis dipilih sebagai pelengkap agar tidak terlalu menonjol.

Dinding Putih dan Furniture Berwarna

dekorasi ruang tamu kecil warna warni

Saat berbicara tentang dekorasi tamu kecil, mungkin solusi yang paling sering terlintas dibenak semua orang adalah bereksperimen secara kreatif menggunakan warna. Kenapa? Karena mudah dan sangat sederhana.

Untuk berhasil mengaplikasikan konsep ini, pastikan untuk mewarnai dinding dan langit-langit ruangan anda dengan warna putih cerah seperti tampak pada gambar. 

Pilih skema warna yang berdekatan maupun berseberangan sebagai emphasis. Anda bisa menggunakan aplikasi sederhana ini untuk bereksperimen. Pilih harmoni warna yang sesuai dan aplikasikan warna ini pada furniture pilihan anda.

Ruang Tamu Terbuka

dekorasi ruang tamu kecil ala terbuka

Jika ruangan anda tipe terbuka, dengan area keluarga dan ruang makan menjadi satu, konsep seperti ini mungkin dapat anda aplikasikan.

Gunakan sofa besar berwarna putih cerah sebagai pemisah antara ruang keluarga dan ruang makan. Karpet berpola geometris berwarna biru berfungsi sebagai jangkar pada ruangan ini. 

Meja kecil berlapis kain dapat difungsikan juga sebagai bangku kaki yang nyaman.

Cat Sebagai Solusi Dekorasi Ruang Tamu Kecil

dekorasi ruang tamu kecil warna kuning

Dinding berwarna kuning cerah dapat membentuk ruang tamu mini pada setiap apartemen berukurang kecil. Dua buah furniture (yang juga) berukuran cukup kecil berwarna lembut, mulai dari sofa dan bangku memberikan kesan yang nyaman.  

Meja kecil dengan kaki yang ramping sengaja dipilih agar tidak menyita ruangan.

Ukuran, Warna dan Tekstur Sebagai Visual

dekorasi ruang tamu kecil dengan penataan apik

Jika anda memiliki sense of visual yang baik, maka anda mungkin sepakat jika bermain dengan ukuran dapat memberikan kesan menawan pada dekorasi ruang tamu kecil.

Pada konsep ini, sofa bergaya Chesterfield dipadukan dengan lampu meja berukuran raksasa. Pilihan karpet berlapis dengan warna cerah semakin memberikan aksen yang kuat pada ruang.

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Yang Ekstra Nyaman

dekorasi ruang tamu kecil ekstra nyaman

Lupakan yang lain, fokus hanya pada kenyamanan. Jika ini adalah anda, maka desain yang satu ini akan sangat sesuai untuk konsep dekorasi ruang tamu kecil dirumah anda.

Saat dihadapkan pada ruangan kecil, kita selalu terkendala dengan berbagai batasan. Cara terbaik untuk hal ini adalah fokus pada kenyamanan ruangan.

Sofa berwarna cerah seperti digambar selain memancarkan kesan ramah juga seakan-akan berbicara jika sofa ini sangat empuk. Pilihan meja tumpuk berwarna cerah dengan ukuran kecil, memberikan anda fungsi yang cukup untuk ruangan kecil.

Jangan lupakan bangku bulat kecil yang seakan-akan bagian dari ruangan. Ketika anda menerima tamu bangku ini akan menjadi sangat berguna. 

Nyaman Dengan Sofa Sectional

dekorasi ruang tamu kecil dengan sofa sectional

Kadang yang anda butuhkan hanyalah sebuah sofa sectional berbentuk huruf L untuk memaksimalkan dekorasi ruang tamu kecil di rumah anda seperti yang tampak pada gambar diatas.

Tidak ada area yang terbuang oleh tiga bagian coffee table yang ditata sedemikian rupa. Meja dengan tipe nesting (dapat di masukan kedalam induk yang besar untuk menghemat ruang) seperti ini bukan hanya berfungsi sempurna saat dibutuhkan, namun juga sangat ringkas jika membutuhkan ruang lebih untuk bergerak. 

Kursi dengan anyaman kulit selain tampak stylish, juga memberikan efek visual yang menawan untuk keseluruhan ruang. Tanaman hijau yang berada pada pot dengan peletakan sempurna semakin memberikan keseimbangan, kecantikan dan karakter pada dekorasi ruang tamu kecil ini.

Kecil Juga Bisa Berkesan Mewah

dekorasi ruang tamu kecil elegan nan mewah

Siapa bilang dekorasi ruang tamu kecil tidak bisa berkesan mewah? Anda tidak butuh banyak barang mewah untuk memberikan kesan elegan. Saat mendekorasi ada banyak pilihan furniture dan dekorasi yang bisa dipadukan dengan material mewah serta warna-warna apik untuk mengangkat kesan ruang.

Meja marmer putih dengan kaki-kaki berwarna emas pada gambar menjadi focal point yang atraktif pada dekorasi interior ini. Dudukan pouf berbahan kulit warna hijau dan sofa beludru berwarna biru menjadi ornamen yang menarik pandangan mata. Sofa tebal bergaya skandinavia memberikan kesan mewah dan terasa nyaman di kaki. Hiasan ornamen cermin dinding berbentuk pancaran matahari membangun aksen kuat pada dinding tanpa terasa berlebihan.

Penempatan pohon Ara Biola di sudut ruang memberikan sedikit sentuhan alam.

Warna Monokrom Yang Apik

dekorasi ruang tamu kecil berwarna monokrom

Jika anda tipe minimalis seperti saya, memilih style monokrom mungkin adalah ide yang bagus. Kuncinya adalah membatasi pilihan warna seminim mungkin. Gunakan antara 2-3 warna yang saling melengkapi satu sama lain seperti yang ada pada gambar diatas. 

Kesan rustic didapatkan dari warna-warna natural anyaman rotan dan aksen kayu pada kursi kecil di samping sofa. Berikan hiasan tanaman hijau yang ditempatkan di tepi jendela untuk memberikan nuansa segar pada ruangan.

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Yang ‘Wow’

dekorasi ruang tamu kecil ala musim semi

Ingin membuat tamu anda berdecak kagum? Saya rasa desain yang ini akan menjadi pilihan tepat untuk anda. Penempatan tanaman di beberapa titik memberikan perasaan segar, belum lagi tambahan wallpaper bertema tanaman yang terpasang di dinding. 

Sofa berwarna lembut dipilih sebagai pendukung keseluruhan konsep ruang sekaligus menjadikan tanaman yang hijau sebagai pusat perhatian.

Sekarang saat menyingsinkan lengan baju dan mulai mencari semua barang-barang untuk mengisi dekorasi ruang tamu kecil di rumah anda! Selamat mendekor!

Leave a Reply