fbpx
Tips dan Trik

Sedang Mencari Rumah? Inilah 7 Desain Rumah Idaman yang Paling Disukai

By Agustus 14, 2019 No Comments

Desain rumah idaman, Tempat tinggal merupakan satu kebutuhan mendasar manusia. Oleh karena itu, sebagian besar orang akan merasa kurang jika belum memiliki hunian sebagai tempat tinggal. Pada taraf mendasar, rumah sebagai tempat tinggal saja. Hingga kemudian ekonomi membaik, rumah bukan saja menjadi tempat berlindung dari hujan, namun menjadi sumber kebanggaan.

Desain Rumah Idaman

Jika Anda sedang mencari rumah impian, berikut ini adalah 7 desain rumah idaman yang paling disukai banyak orang.

Tipe Rumah Menurut Luasannya

Menurut luas bangunannya, Anda beberapa tipe rumah yang bisa Anda pilih atau bangun. Berikut ini adalah beberapa tipe yang yang paling dikenal.

Desain Rumah Idaman

Rumah Tipe 21

Tipe rumah ini adalah yang paling kecil. Cocok untuk satu orang atau pasangan baru, karena ukurannya memang kecil. Rumah ini umumnya menempati tanah seluas sekitar 60-70 meter persegi. Luasan rumahnya sendiri 21 meter persegi.
Rumah tipe 21 umumnya terdiri dari 1 kamar tidur, 1 ruang serba guna (bisa untuk kamar tamu, kamar keluarga, atau lainnya), satu dapur single wall kecil dan kamar mandi. Sisa lahan menjadi halaman depan dan belakang.

Rumah Tipe 36

Selanjutnya adalah rumah tipe 36. Rumah ini cocok untuk keluarga kecil. Ukurannya sudah lumayan gede, 36 meter persegi. Luas tanahnya juga lebih fleksibel. Anda bisa memilih membangunnya di tanah 60-120 meter persegi.
Tipe 36 adalah yang paling dicari, karena harganya yang masih terjangkau untuk kalangan umum hingga menengah. Untuk investasi juga bisa, karena alasan yang sama.
Rumah tipe 36 memilih 2 kamar tidur, satu kamar keluarga (atau juga sekaligus bisa difungsikan sebagai ruang tamu), sebuah kamar mandi, serta dapur. Biasanya juga ada taman depan, carport, dan taman belakang jika ada sisa lahan kosong.

Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 modelnya mirip tipe 36, hanya saja lebih luas. Karena ukurannya 45 meter persegi. Seperti rumah tipe 36, rumah tipe 45 kamarnya dua pula, walau ada juga yang menjadikannya tiga kamar. Untuk keluarga kecil dengan anak yang mulai besar, tipe 45 bisa menjadi pilihan.
Dibandingkan dengan tipe 36, spesifikasi rumah ukuran 45 umumnya lebih bagus. Halamannya juga lebih lega, dengan fasad yang lebih elegan, sehingga tampak lebih nyaman di mata. Alasan ini yang mendasari alasan kalangan menengah menyukai tipe rumah ini.

Rumah Tipe 54

Untuk hunian keluarga yang lebih besar, Anda bisa memilih rumah tipe 54. Seperti namanya, luas rumahnya 54 meter persegi. kamar tidurnya ada tiga, dengan luas ruangan atau kamar yang lebih lega dari tiga tipe sebelumnya. Begitu pula dengan halaman depan atau belakangnya, lebih luas. Dari sisi fasad dan material, hunian ini umumnya memiliki kualitas bagus semua. Rumah ini umumnya disukai keluarga menengah yang memiliki keluarga penuh.

Rumah Tipe 60

Seperti rumah tipe 54, rumah tipe 60 umumnya disasar oleh keluarga menengah ke atas yang telah memiliki keluarga dan menginginkan hunian yang lega dan representatif. Rumah berukuran 60 meter persegi ini umumnya memiliki tiga kamar, walau kadang ada kamar tambahan sebagai kamar serba guna atau kamar pembantu.

Rumah Tipe 70

Keluarga tiga dengan tiga anak gede akan leluasa menghuni rumah tipe 70. Dengan luas 70 meter persegi dan kamar empat buah dengan ukuran lega, tentu saja penghuninya akan selalu nyaman. Rumah tipe 70 ini biasanya juga menjadi konsumsi kalangan menengah ke atas. Seperti rumah tipe 60, Anda bisa mendapatkan rumah tipe ini dalam bentuk tingkat jika luas tanahnya terbatas.

Rumah Tipe 120

Rumah tipe 120 umumnya adalah tipe mewah. Jumlah kamarnya manasuka, Anda bisa menentukan sendiri jumlahnya. Tingkat atau tidak, tergantung pada keinginan dan luas tanah yang Anda miliki. Karena umumnya yang ingin memiliki rumah itu tidak mengenal keterbatasan dana, desainnya pun sangat customable, sesuai selera pembuatnya.

Berbagai Tipe Rumah Idaman untuk Anda

Ada banyak sekali tipe rumah menurut gaya arsitekturnya. Berikut ini adalah 7 tipe rumah idaman yang bisa Anda pilih.

Rumah Kontemporer Minimalis Idaman

Rumah kontemporer minimalis memang pantas masuk urutan atas rumah idaman kali ini. Satu dekade terakhir, rumah tipe ini menjadi tipe yang paling dibangun, utamanya di daerah urban –baik secara lokal maupun global.

Desain Rumah Idaman

Gaya minimalis sendiri sebenarnya sangat lebar artinya. Karena menyangkut suatu gaya hidup, sehingga bisa meliputi segala hal. Saat ini, jika Anda bicara rumah minimalis kemungkinan besar akan merujuk pada rumah-rumah kontemporer yang bergaris simpel dan tegas. Dengan interior serupa, namun sangat fungsional dan dibuat dari bahan-bahan terpilih.

Desain Rumah Idaman

Lebih dari itu, pada rumah-rumah kontemporer ada tiga hal yang tidak terlupakan, yaitu menekankan pentingnya efisiensi energi, pemanfaatan cahaya natural, serta penggunaan material bangunan yang berkelanjutan. Kesan yang ingin ditampilkan rumah kontemporer adalah ruang yang terlihat lega dan tidak ribet. Baca juga: cat rumah lama jadi baru pakai tips ini

Rumah Modern Idaman

Rumah modern terkadang dikatakan sebagai rumah minimalis, sementara rumah minimalis sering dikatakan rumah modern. Sementara itu, dalam perkembangannya, modernisme adalah suatu aliran seni dan arsitektur yang muncul pada 2920-an hingga 1950-an. Sementara itu minimalisme adalah satu karakter yang mendasari setiap sisi gaya modernisme.

Desain Rumah Idaman

Nah, dari sini kemudian muncul rumah-rumah dengan arsitektur modern. Salah satu cirinya adalah penggunaan garis struktur yang apa adanya, telanjang, tidak memiliki memiliki dekorasi seperti pada bangunan-bangunan era sebelumnya. Rumah modern juga memiliki layout lantai terbuka, jendela-jendela besar, dan atap yang landai.

Desain Rumah Idaman

Rumah Spanyol Idaman

Secara lokal, rumah ini mungkin ada yang menyebut gaya rumah Spanyol sebagai gaya Spanyolan. Seperti namanya, rumah ini dipengaruhi oleh gaya rumah di wilayah AS agak selatan seperti Arizona, Florida, dan Texas –wilayah-wilayah yang dulu pernah menjadi daerah kekuasaan Meksiko (yang dulu sekali pernah dikuasai Spanyol).

Desain Rumah Idaman

Rumah Spanyol, karena dibangun di daerah panas, cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Beberapa ciri utamanya adalah detil rumah yang banyak dihiasi dengan ukiran besi tempa, genting kemerahan, serta dominasi tembok plesteran, adobe, atau batu alam. Secara umum, rumah gaya Spanyol tampak megah, sejuk, dan diam-diam tampak mewah.

Desain Rumah Idaman

Rumah Idaman Mediterania

Masih dekat dengan gaya Spanyolan adalah gaya Mediterania. Mediterania adalah satu wilayah pinggiran laut tengah, tetangga Spanyol. Letaknya juga di wilayah hangat. Model rumah Mediterania mengacu pada gaya rumah wilayah-wilayah ini.

Desain Rumah Idaman

Gaya rumah ini mirip dengan gaya rumah Spanyol, hanya saja lebih simpel. Layout dasarnya berbentuk persegi, bisa satu lantai atau dua lantai. Atapnya rendah, dengan dinding didominasi plesteran semen.

Desain Rumah Idaman

Jendela dan pintu rumah mediterania umumnya melengkung pada bagian atasnya. Umumnya, rumah Mediterania bertingkat, dua atau tiga tingkat. Rumah ini sangat mengedepankan kenyamanan, ada kesan rustik, dan memiliki taman model Eropa. Rumah Mediterania, secara umum, terkesan, nyaman dan mewah.

Rumah Tropis Idaman

Rumah tropis, seperti rumah minimalis, sering disalahartikan. Mungkin Ada yang mengira rumah tropis sebagai rumah dengan gaya atau fitur tertentu. Namun pada dasarnya, rumah model apa saja bisa menjadi rumah tropis, jika memenuhi syarat ini: menekankan kelancaran sirkulasi udara dan kenyamanan penghuni dengan memaksimalkan berbagai elemen pasif bangunan yang ada.

Desain Rumah Idaman

Oleh karena itu, rumah tropis sangat perhatian dengan fitur yang bisa membuat rumah tetap adem secara alami. Sebagai contoh, pemaksimalan penggunaan angin-angin, jendela, light shelves (kisi-kisi cahaya pada dinding di bagian atas, untuk memantulkan cahaya ke dalam ruang), genting kaca, sunshades (peneduh) dan lain sebagainya.

Desain Rumah Idaman

Rumah Klasik

Bagi Anda yang suka gaya yang abadi, rumah klasik bisa menjadi pilihan. Seperti bangunan klasik yang selalu kekinian, rumah klasik akan selalu mengesankan dan tampak indah sepanjang waktu. Dan juga tetap tampak mewah.

Desain Rumah Idaman

Patokan bangunannya tidak baku, Anda bisa mengambil bentuk rumah apa saja. Namun begitu, inspirasi bangunan klasik selalu muncul. Mungkin muncul pada tambahan kolom Yunani yang anggun, jendela lengkung Prancis yang manis, atau lainnya.

Desain Rumah Idaman

Rumah Idaman Tradisional

Rumah tradisional tetap menjadi idaman bagi sebagian pihak. Alasannya beragam, dari kecintaan pada kearifan lokal, cinta produk lokal, hingga kenyataan bahwa rumah tradisional telah teruji dalam memberi perlindungan dan kenyamanan pada penghuninya.

Desain Rumah Idaman
Pilihan rumah tradisional Indonesia sangat beragam. Mungkin Anda suka rumah Bali, Pendapa dari Jawa, rumah Betawi, rumah panggung Woloan, dan lain sebagainya.

Desain Rumah Idaman
Demikian banyak gaya rumah idaman yang bisa Anda pilih. Tujuh di antaranya telah kami pilihkan untuk Anda, tujuh gaya rumah yang paling sering Anda jumpai secara lokal. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan rumah idaman. Sukses selalu untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat