fbpx
Tips dan Trik

Ingin Rak yang Instagramable? Buat Sendiri Rak Dapur Keren Murah Meriah ini

By April 18, 2019 Agustus 13th, 2019 No Comments

DIY rak dapur, Salah satu bagian rumah yang paling sukar untuk direnovasi secara ekonomis adalah dapur.

DIY Rak dapur keren murah dan Instagramble

Terutama dapur ukuran kecil. Namun dengan alat-alat seadanya, anda juga bisa membuat rak unik yang pantas untuk Anda pamerkan di Instagram. Cara buatnya pun gampang. Penasaran? Kita mulai saja.

diy rak dapur instagramble - 1

Alat dan bahan yang Anda perlukan

Untuk satu rak, Anda memerlukan

  • Bor listrik (Bisa manual, tapi capek)
  • Meteran
  • Waterpass
  • Sepotong pipa besi (panjangnya terserah Anda, pokoknya Anda ukur dulu ruang yang tersedia)
  • 2 buah keni besi (diameter sama dengan diameter pipa besi)
  • 2 buah nepel/nipple (diameter sama dengan diameter pipa besi)
  • 2 buah flange
  • 8 buah sekrup plus anchor-nya
  • Obeng
  • Hanger stainless steel (S hook)
diy rak dapur instagramble - alat yang dibutuhkan

Tahap pertama: Merangkai

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan semua material dan merangkainya. Melihat susunan pada gambar, tentu saja Anda tidak akan kesulitan melakukannya. Anda tinggal merangkai bagian pipa besi, keni, nepel, dan flange. Kencangkan, hingga menjadi kesatuan yang padu.

diy rak dapur instagramble - 2

Tahap kedua: Mengukur

Selanjutnya, tentukan posisi rak yang Anda inginkan. Ini berarti Anda harus melakukan pengukuran. Ukur tinggi rak dari lantai. Ukur pula posisinya di dinding, agar bisa enak dilihat dan nyaman digunakan. Pastikan posisinya telah datar. Kalau belum yakin, gunakan waterpass.

Langkah ketiga: Tandai pengukuran Anda

Karena posisi telah diukur dan Anda tidak ingin lupa posisi persisnya, maka Anda perlu menandainya. Tandai posisi flange. Jangan lupa pula tandai lubang-lubang sekrup di dalamnya. Ini nantinya akan menjadi lubang bor Anda.

Langkah keempat: Pengeboran

Nah, sekarang Ambil bor Anda. Buat lubang sekrup pada dinding yang telah Anda tandai sebelumnya. Pelan-pelan saja, biar lubang rapi dan tembok tidak berantakan. Kemudian siapkan anchor alias angkur sekrup. 

Langkah kelima: tambahkan anchor sekrup

Mungkin ada yang bertanya kenapa tidak langsung pakai sekrup saja? Itu karena anchor bisa memperkuat posisi rak Anda. Dengan anchor, rak akan mampu menahan beban berat tanpa berisiko membuat lubang sekrup pada tembok ambrol. So, gunakan anchor. Baca juga: Tips cepat dan tepat memilih wallpaper dinding

Langkah keenam: kencangan sekrup

Setelah anchor terpasang semua, sekarang waktunya untuk memasang sekrup. Pasang semua sekrup sehingga flange terpasang, melekat pada dinding. Pastikan Anda telah memasang sekrup dengan kuat.

Langkah ketujuh: Bor sisi rak yang lain

Setelah Anda pastikan bahwa flange yang pertama terpasang kokoh dan rak juga telah terpasang datar sepenuhnya, sekarang saatnya Anda lakukan proses pengeboran pada flange yang satunya. Agar rapi, jangan lupa untuk mengebor pada posisi yang telah Anda tandai sebelumnya. baca juga membersihkan dapur dengan cepat

Langkah kedelapan: pastikan Sekrup-sekrupnya kuat

Setelah anchor terpasang, pasang sekrup dan pastikan pemasangannya telah kuat. Rak Anda telah siap. Setelah itu, Anda tinggal memasang S-hook pada rak dan gantung item-item dapur yang ingin Anda gantung. Atau Anda ingin memotretnya dulu untuk Instagram atau Pinterest? Silahkan.

Leave a Reply

WhatsApp chat