Panduan Jasa Laser Cutting Lengkap

Ingin Memesan Jasa Laser Cutting? Ini Cara Menghitungnya

Apakah Anda saat ini mulai tertarik untuk memesan panel dekorasi laser cutting?

Selain mencari vendor terbaik untuk mewujudkan dekorasi impian Anda, tentunya Anda punya beberapa pertanyaan mengenai pemesanan laser cutting.

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah: bagaimana mekanisme perhitungan jasa laser cutting?

Harga jasa laser cutting tentunya menjadi salah satu pertimbangan dalam menggunakan jasa tersebut.

Pemotongan menggunakan laser cutting membuat hasilnya menjadi lebih rapi, cepat dan akurat serta dapat mengikuti desain apapun yang kita inginkan.

kalkulator jasa laser cutting indonesiaUntuk itu, sudah selayaknya Anda mendapatkan kualitas terbaik dari apa yang sudah Anda bayarkan.

Agar Anda mendapatkan gambaran mengenai mekanisme perhitungan jasa laser cutting, berikut ini kami berikan ulasan singkat tentang proses perhitungan tersebut.

Namun perlu diingat bahwa perhitungan ini hanyalah gambaran umum, untuk perhitungan aktual Anda bisa menghubungi vendor laser terpercaya yang Anda pilih.

Sekarang anda bisa menghitung sendiri berapa harga jasa laser cutting menggunakan Kalkulator Harga Jasa Laser Cutting

Variabel biaya perhitungan jasa laser cutting

Secara umum dapat dikatakan bahwa perhitungan jasa laser cutting dihitung berdasarkan durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Semakin singkat proses pengerjaan, semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tentu biaya penyelesaian laser cutting akan semakin murah.

Nah, beberapa hal yang memengaruhi total durasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan laser cutting ini di antaranya:

Jenis material

Seperti yang Anda ketahui, teknologi laser cutting memungkinkan Anda untuk membentuk dekorasi sesuai yang Anda butuhkan.

Bahan yang tersedia pun beragam mulai dari akrilik, kain, plywood, PVC, MDF, stainless steel, aluminium, tembaga, hingga plat besi.

kalkulator jasa laser cutting indonesia

Penting untuk mencari tahu bahan apa yang akan Anda gunakan untuk laser cutting, karena tidak semua vendor memiliki mesin yang dapat memotong semua jenis bahan.

Masing-masing vendor memiliki spesialisasi sendiri terkait dengan bahan yang akan dipotong beserta jumlah minimal material yang bisa dipotong.

Untuk itu, lakukan survey dan gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai kebutuhan Anda dan diskusikan bersama vendor.

Ketebalan material

Saat memilih jenis material, Anda juga perlu memahami berapa ketebalan bahan yang Anda butuhkan.

Kemampuan mesin dari setiap vendor laser cutting juga sangat beragam, untuk bahan akrilik umumnya mesin laser cutting dapat memotong mulai ketebalan 2 mm hingga 10 mm sedangkan untuk bahan logam umumnya mesin dapat dipotong mulai ketebalan 0,8 mm hingga 2 mm.

Semakin tebal bahan yang akan dipotong, harga jasa potong juga semakin mahal.

Kerumitan pola

Pola yang Anda pilih juga menentukan biaya laser cutting.

Umumnya ada tiga kategori pola yang akan dipotong yaitu pola standar, rumit dan sangat rumit.

Penentuan kerumitan pola ini dilihat dari jarak mata laser untuk membuat pola.

Motif yang sederhana seperti motif batik kawung tentu akan cepat dan mudah dibuat dibanding dengan motif dedaunan yang memiliki ruas-ruas beragam meskipun menggunakan bahan dengan ketebalan yang sama.

Total luasan bidang yang akan dipotong

Ukuran luas bidang yang akan dipotong juga menjadi komponen biaya jasa laser cutting.

Semakin luas bidang yang akan dipotong berarti semakin luas pula mesin laser cutting bekerja dan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemotongan.

Jika Anda ragu dengan ukuran pasti atau berapa total luasan bidang yang dibutuhkan, Anda bisa meminta teknisi vendor untuk melakukan survey.

Umumnya ukuran yang dibutuhkan adalah dalam meter persegi untuk memudahkan perhitungan.

Biaya finishing

Setelah dipotong, material umumnya dilakukan proses finishing untuk memperkuat dan mempercantik bahan yang akan dipasang.

Beberapa jenis finishing yang populer di antaranya powder coating atau wet paint.

Harga finishing umumnya dihitung per meter persegi berdasarkan luas bidang yang akan dikerjakan.

Biaya di luar jasa pemotongan

Selain komponen biaya di atas, ada beberapa biaya yang juga perlu Anda perhitungkan yaitu biaya pemasangan, biaya transportasi tukang dan biaya mobilisasi.

Biaya pemasangan umumnya flat, sedangkan biaya transportasi tukang dan biaya mobilisasi tergantung dari jarak lokasi vendor dengan lokasi pemasangan.

kalkulator jasa laser cutting indonesia