fbpx
Eksterior

Sedang Mencari Desain Kolam Ikan? Berikut adalah 15++ Kolam Ikan Minimalis Keren untuk Anda

By Agustus 19, 2019 No Comments

Penambah kesegaran dan keindahan dari sebuah rumah adalah taman, baik taman depan atau belakang (atau samping dan bahkan dalam rumah). Jika Anda ingin menambahkan kesan damai dengan kupu-kupu, capung, atau burung, tambahkan kolam ikan.

Kolam Ikan Minimalis
Model kolam ikan bermacam-macam, tergantung pada model rumah yang menjadi host-nya. Jika Anda sedang mencari inspirasi kolam untuk rumah minimalis kesayangan, berikut ini adalah beberapa inspirasi kolam ikan minimalis yang kami harap bisa menjadi ide bagus.

Pro dan Kontra kolam ikan bagi rumah Anda

Kolam Ikan MinimalisSetiap fitur tambahan bagi rumah selalu memiliki pro dan kontranya, termasuk pengadaan kolam, dalam hal ini kolam ikan minimalis, untuk rumah Anda. Berikut adalah pro kontra yang mesti Anda pahami sebelum Anda membangunnya untuk memperindah rumah. Baca: Inpirasi 15 desain gambar kamar tidur anak perempuan

Pro

Kolam indah adalah cara paling mudah untuk menarik perhatian mata, bahasa kerennya memberi kesan visual yang kental. Pokoknya, kolam membuat indah.
Secara lingkungan, kolam ikan juga membuat udara lebih sejuk dan segar –tentu saja kolam yang sehat dan airnya bersirkulasi dengan baik.

Kolam ikan adalah sarana terapi pikiran yang efektif. Memandang ikan-ikan yang berenang tenang di kolam bening setelah seharian bergelut dengan aktivitas pekerjaan adalah sangat menenangkan. Memberi makan mereka sebelum pergi bekerja juga bisa memberi kesenangan yang asyik.

Kontra

Membangun kolam, apalagi kolam ikan hias seperti koi misalnya, bisa memerlukan dana yang tidak sedikit. Anda pun perlu memilih tukang yang spesial agar bangunan kolam Anda sesuai standar kelayakan. Setelah dibangun dan selesai, ikan mulai hidup di kolam Anda, tentu saja ada waktu dan biasa untuk merawatnya, seperti memberinya makan, mengatur sirkulasi air, filtrasi, dan lain sebagainya.

Tipe kolam ikan minimalis

Berdasarkan penempatannya, kolam ikan dibagi menjadi kolam ikan indoor (dalam rumah) dan outdoor (kolam ikan luar ruang).
Kolam Ikan dalam ruang tentu bisa Anda nikmati setiap waktu, tidak peduli cuaca. Hanya saja Anda perlu memperhatikan kebersihannya selalu. Anda juga perlu memperhitungkan kelembapan udara dalam rumah yang meningkat.
Sebagai fitur rumah, kolam outdoor adalah yang paling populer. Model konstruksinya juga beragam. Ada yang sejajar dengan permukaan tanah, ada pula yang yang konstruksinya lebih tinggi dari permukaan tanah.

Berdasarkan modelnya, Anda mendapati setidaknya ada 6 jenis kolam, seperti kolam alami, kolam ikan, kolam koi, kolam tanaman, kolam mini, dan kolam renang. Masing-masing memiliki peruntukannya sendiri-sendiri.
Kolam ikan minimalis sendiri bisa dikategorikan ke dalam berbagai kategori tersebut, tergantung pada selera yang Anda inginkan peruntukannya.

15+ inspirasi kolam ikan minimalis untuk Anda

Berikut ini adalah lebih dari lima belas ide kolam ikan minimalis untuk Anda.

Kolam ikan Minimalis indoor untuk rumah industrial Anda

Kolam Ikan MinimalisJika Anda merasa rumah industrial minimalis Anda terasa dingin, hangatkan dengan unsur kayu. Jika ingin terasa sejuk, tambahkan kolam ikan indoor di dalamnya –seperti pada contoh berikut. Sebuah kolam ikan persegi dangkal melintang ruangan dengan jembatan kaca di atasnya. Sebagai aksen tambahkan koral dan batu, untuk kesan adem dan damai ala kolam Jepang. Baca: 10+ Desain gambar taman dibelakang rumah

Kolam ikan minimalis dangkal yang segar

Kolam Ikan MinimalisKolam ikan yang bening dan dangkal selalu membuat ingin nyemplung ke dalamnya. Anda tidak perlu membuat kolam dengan bentuk aneh, cukup persegi minimalis. Tambahkan pasir dan kerikil atau koral, serta sistem sistem filtrasi yang paten. Anda pun akan memiliki kolam idaman, kolam ini bisa pula sebagai batas antara dua bagian rumah. Tambahkan balok-balok beton di dalamnya sebagai penghubungnya.

Kolam ikan Minimalis indoor bergaya tropis

Kolam Ikan MinimalisGaya tropis selalu menginspirasi Anda untuk tampil segar dan adem. Begitu pula kolam ikannya. Kolam ikan indoor minimalis berikut ini memberi Anda inspirasi bentuk kolam minimalis yang melulu persegi seperti dua contoh sebelumnya. Kali ini Anda mendapati kolam bentuk geometris yang tidak kalah cakep, menjadi imbangan dari bentuk atap bangunan yang eksotik.

Kolam ikan minimalis dalam ruang untuk ruang kecil

Kolam Ikan MinimalisIngin memiliki kolam ikan dalam ruang namun tidak cukup ruang? Anda bisa membuat miniaturnya dalam bentuk kolam mungil seperti pada gambar berikut. Yang Anda perlukan adalah sebuah wadah yang cocok untuk ruangan Anda. Tambahkan lampu, lampu baca bisa digunakan (kalau darurat), seperti pada contoh. Jangan lupa sistem filtrasinya juga agar air tetap jernih dan sehat. Baca: Sejarah pagar teralis diapatasi diindonesia

Kolam ikan minimalis outdoor mengepung rumah

Kolam Ikan MinimalisJika Anda tidak ingin tanggung, coba untuk membuat kolam ikan mengelilingi rumah. Seperti pada gambar berikut, kolam minimalis menjadi zona transisi antara rumah dengan halaman. Bentuknya campuran antara kolam minimalis yang memiliki garis jelas dan kolam alami yang sejuk.

Kolam ikan Minimalis gaya Jepang

Kolam Ikan MinimalisKolam ikan, terutama koi, Jepang terkenal keren dan beragam. Gaya minimalisnya juga sangat sedap untuk Anda jadikan inspirasi. Kolam ikan Jepang kali ini juga hadir sangat minimalis, hadir hanya dalam bentuk paling dasar, persegi, dipadu dengan koral putih dan beton. Namun kebeningannya mampu menghidupkan suasana luar ruang hunian ini.

Kolam Minimalis Outdoor dengan Dek Kayu

Kolam Ikan MinimalisBagi Anda yang suka kolam yang rapi dan tidak suka ribet dengan segala asesoris, kolam ikan minimalis berikut bisa menjadi inspirasi. Kolam ini memang simpel, persegi, namun desainnya begitu menyatu dengan desain rumah. Menambah manis kolam adalah dek kayu yang mengelilinginya. Kesan hangat sekaligus sejuk muncul darinya. Selain itu, 3 lembar marmer sebagai jembatan penghubung antara rumah dan dek juga menjadi aksen yang manis.

Kolam ikan minimalis berkonsep infinity

Kolam Ikan MinimalisBukan kolam manusia yang berkonsep infinity alias tanpa batas saja. Kolam-kolam yang semula sering dibangun di vila tepi pantai atau pegunungan (untuk memberi pemandangan yang seakan tanpa batas antara ujung kolam dan cakrawala) ini bisa pula Anda terapkan untuk kolam ikan minimalis, seperti pada contoh berikut ini. Pada salah satu sisi, air mengalir melimpah ke sisi bawah kolam memberi kesan tanpa batas dan dinamis. Suasana taman dan kebun Anda pun tampak semakin segar.

Kolam ikan minimalis outdoor dan indoor berkonsep infinity penuh

Kolam Ikan MinimalisKali ini Anda mendapatkan kolam yang bisa Anda gunakan indoor dan bahkan outdoor. Seperti pada ide poin 7, Anda mendapatkan kolam infinity/infiniti juga. Namun kali ini Anda mendapatkan kolam infiniti penuh, di mana air meluber ke seluruh sisi kolam. Material kolam seluruhnya dari kaca tebal yang kuat. Kolam ini diletakkan pada lahan dengan tatanan koral. Kolamnya sendiri bisa Anda isi dengan berbagai ikan kesukaan beserta hiasannya, seperti pada contoh.

Kolam ikan minimalis kecil dengan air terjun

Kolam Ikan MinimalisPastinya akan lebih menyenangkan jika kolam ikan Anda tidak statik. Untuk itu, Anda bisa menambahkan fitur air terjun padanya. Kolam kecil minimalis ini memiliki air terjun berjenjang yang manis, yang juga bergaya minimalis. Hasilnya adalah sebuah kolam minimalis yang selalu gemericik menentramkan hati.

Kolam ikan minimalis bertingkat untuk halaman yang lebih segar

Kolam Ikan MinimalisKolam bertingkat bisa juga menjadi inspirasi Anda yang keren. Kali ini Anda mendapatkan kolam ikan yang bertingkat dua yang dihubungkan oleh sebuah air terjun mini yang manis. Kolam kecil ini cocok untuk depan atau belakang rumah. Tertarik?

Kolam ikan minimalis Unik dalam Tower Kaca

Kolam Ikan MinimalisBosan dengan kolam ikan yang biasa saja? Tambahkan tower kaca agar setiap ikan Anda bisa berenang, bahkan hingga jauh di atas permukaan kolam. Pada dasarnya fitur kolam ini adalah sebuah akuarium kaca yang dibalik, dengan bagian terbuka di bawah, disangga oleh struktur penyangga yang berada tepat berada di bawah permukaan air. Air dialirkan ke bagian dalam tower menggunakan pompa. Kevakuman udara pada tower (karena bagian atas tertutup rapat) membuat air tetap berada dalam tower. Baca: 11 Inpirasi desain pagar rumah

Kolam ikan kecil minimalis dengan kaca

Kolam Ikan MinimalisAgar tampak menonjol, Anda perlu membuat kolam yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Agar ikan tampak semakin dramatis penampilannya, tambahkan kaca pada salah satu sisinya, seperti pada contoh. Maka kolam Anda, walau mungil, akan gampang mencuri perhatian. Baca: 10+ Inspirasi desain taman rumah minimalis 2019

Akuarium besar sebagai kolam ikan luar ruang

Kolam Ikan MinimalisSebagai alternatif lebih murah untuk membuat kolam ikan menarik untuk luar rumah, Anda bisa menggunakan akuarium besar sebagai alternatif kolam beton seperti pada ide kolam nomor 8. Agar tampak alami, Anda bisa melapisi pinggirannya dengan cladding kesukaan, sehingga tampak natural dan menyatu dengan struktur yang ada. Biarkan salah satu sisinya terbuka, sehingga ikan-ikan akan terlihat dinamis berenang di dalam kolam.

Kolam ikan minimalis besar di belakang rumah

Kolam Ikan MinimalisUntuk menambah kesemarakan dan kesegaran suasana taman belakang rumah, tambahkan kolam ikan ukuran besar di sana. Pada gambar ini adalah suasana ruang belakang lengkap dengan dapur yang membuka ke kolam, sebuah ruang santai luar di teras, serta sepasang kursi menghadap kolam dan dek kayu. Kesan damai dan rileks semakin kental dengan adanya kolam koi minimalis tersebut.

Kolam ikan minimalis kontemporer luar ruang

Kolam Ikan MinimalisUntuk Anda yang suka dengan gaya kontemporer minimalis, mungkin kolam pada contoh ini bisa menjadi inspirasi yang tepat. Kolam luar ruang ini sebagian berada di bawah kanopi geometris. Sementara itu, yang unik, cadangan airnya diasup dari bagian atas, mengucur ke bawah melalui beberapa pipa yang dipasang di kanopi. Memberi kesan pilar air yang segar bagi yang lewat melalui antaranya, di atas dek kayu yang hangat.

Demikian adalah 15+ inspirasi kolam ikan minimalis untuk rumah Anda, baik untuk keperluan indoor atau pun outdoor. Berbagai gaya dan tipe kolam juga kami sajikan untuk Anda. Semoga Ada satu atau bahkan beberapa ide yang bisa menjadi inspirasi Anda dan membuat Anda segera mewujudkannya. Untuk sementara ini, selalu sukses untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat