fbpx
Material Bangunan

Mengenal ACP: Material Finishing Terkini Paling Populer

By Mei 1, 2019 No Comments

Jika saat ini ada material yang paling sering digunakan untuk finishing luar gedung atau pertokoan, mungkin itu adalah ACP (Aluminium Composite Panel). Padahal semula material ini ditujukan sebagai bahan material papan pengumuman dan penunjuk arah saja.

ACP itu sendiri adalah material komposit. Terdiri atas dua lembaran tipis aluminium yang mengapit core inti insulator densitas rendah yang juga sangat tipis. Karena desainnya yang mirip roti lapis/sandwich ini, maka ACP juga dikenal sebagai sandwich panels. Ketebalannya antara 3-6 mm.

Sekilas Perkembangan ACP

ACP telah dikenal lama, sejak awal 1970-an. Pengembangnya adalah perusahaan Alusingen dan BASF. Walau begitu, penggunaan ACP baru mulai marak pada pertengahan 1980-an.  Ini saat kalangan industri perumahan dan arsitektur mulai menyadari kekuatan dari ACP untuk memperindah bangunan secara praktis. Untuk kebutuhan perumahan, ACP baru mulai sangat top pada awal 1990-an.

Dari pengembang aslinya, Anda akan mendapat merek dagang top untuk ACP, Alucobond. Saat ini Anda bisa mendapati berbagai produk ACP terkenal dari produsen seperti seperti Alcoa, Mitsubish, dari Etem, dan lain sebagainya. Secara lokal, Anda mungkin telah sangat kenal dengan merek-merek seperti Alumetal, Aluclad, Luminate, dan lainnya.   

Walau begitu banyak brand ACP muncul, secara umum bentuk produknya tetap sama. Hanya saja ada perubahan komposisi dari core-nya. Ini terkait dengan beberapa kasus kebakaran yang melibatkan komposisi bahan core-nya.

Tipe Core dan Tampilan Visual ACP

Saat ini ada tiga macam core ACP, yaitu PE Cores, FR Cores, Aluminium Cores. PE Cores adalah yang paling konvensional. Dibuat dari polietilen 100% dan mudah terbakar. FR Cores dibuat dari serat rock wool yang tidak gampang terbakar, bahkan bisa mematikan api.

Aluminium cores dibuat dari lembaran aluminium tipis (bisa berpola sarang lebah, bisa pula polos tanpa pola).Secara visual, penampilan ACP sudah enak dilihat: kemilau futuristik khas aluminium dan mulus permukaannya. Namun begitu, perkembangan teknologi telah memungkinkan Anda mendapatkan ACP dengan berbagai tipe cat poliester dan coatings berbagai macam resin.

Berbagai Keuntungan ACP

Dengan permasalahan rentan api terselesaikan, ACP semakin menjadi pilihan sebagai material bangunan. Ada berbagai keunggulan arsitektural ACP dibanding dengan bahan-bahan material lainnya, seperti:

  • Rasio kekuatan terhadap bobot yang tinggi

Dengan kata lain, walau bobotnya ringan, namun memiliki kekuatan yang mumpuni.

  • Bobot yang ringan
  • Sangat fleksibel dan mudah diterapkan
  • Awet
  • Sifat insulasi yang sangat bagus

Oleh karena itu ACP bisa menahan panas atau dingin dengan bagusPada saat ini ACP telah menjadi salah satu material bangunan modern utama. Anda bisa menemukan ACP dalam berbagai desain, seperti untuk partisi, cladding, penutup mesin, renovasi bangunan, sebagai fasad, gerbang, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

WhatsApp chat