fbpx
Tips Interior

Merasa Rumah tidak aman? Coba 8 tips home security berikut Ini

By April 23, 2019 No Comments

Jika Anda orang bijak, maka Anda tidak akan pernah menaruh mainan anak-anak di halaman depan. Bagi seorang maling, mainan berarti ada anak kecil di dalam rumah. Ada anak kecil, maka ada wanita di dalam rumah. Mamanya. Ada wanita, maka ada perhiasan di dalamnya. Rumah Anda menjadi target yang empuk. Ini hanya sekadar tip kecil dari pencuri profesional.

Untuk Anda yang merasa insecure dengan kondisi keamanan rumah, berikut ini adalah 8 tips praktis namun sangat penting bagi keamanan rumah Anda.

Mengunci Pintu dan Jendela

Sepele memang. Sebelum meninggalkan rumah atau tidur, semua pintu dan jendela rumah Anda. Jika Anda memiliki sistem keamanan rumah otomatis (home automation system), gunakan komputer atau smartphone Anda untuk menguncinya secara jarak jauh jika kebetulan kelupaan mengunci pintu dan jendela rumah Anda. Sebagai tambahan, berikan kunci tambahan/deadbolt lock pada semua pintu luar agar rumah Anda semakin aman.   

Gunakan Sistem Keamanan Rumah

Sudah diakui para maling, sistem keamanan rumah (home security system) merupakan partner terbaik Anda dalam menangkal pencurian. Saat ini ada berbagai sistem yang ada di pasaran dan bisa disesuaikan untuk kebutuhan rumah dan dana Anda. Umumnya, pemesanan sudah termasuk pemasangan alat. Termasuk pula dalam mengajari Anda mengendalikannya.

Beri Kesan Agar Rumah Selalu Tampak Ada Penghuninya

Tidak peduli Anda sedang keluar sebentar atau lama, selalu beri kesan bahwa rumah Anda ada penghuninya. Ini berarti bahwa pada malam hari lampu harus hidup dan pagi hari lampu mati. Anda bisa menggunakan timer untuk melakukannya saat tidak berada di rumah.

Kurangi Tanaman Semak

Satu hal yang diperhatikan seorang maling saat akan merampok rumah sasarannya adalah keberadaan tempat bersembunyi di luar rumah (entah untuk menunggu waktu yang tepat atau saat meloloskan diri). Jika rumah Anda dipenuhi tanaman semak atau taman rimbun, dia akan mendapatkan tempat idealnya. Oleh karena itu,  potong semak-semak dan pepohonan, terutama yang dekat dengan jendela rumah Anda.

Amankan Garasi Anda

Satu target empuk dan efisien para pencuri adalah garasi. Umumnya gemboknya gampang dibuka dan garasi memiliki akses ke dalam rumah. Jika kena garasinya, rumah Anda akan habis dalam 12 menit. oleh karena itu, amankan garasi seperti Anda mengamankan rumah Anda.

Lampu Outdoor

Gunakan lampu outdoor/luar ruang di luar rumah Anda. Pastikan memiliki sensor otomatis yang bisa menyalakannya saat gelap dan mematikan di pagi hari. Tambahkan pula motion sensor yang akan menangkap gerakan mencurigakan di luar rumah.

Tambahkan CCTV

Jika Anda ingin semakin secure, kombinasikan semua unsur pada nomor 6 dengan CCTV. Saat ini CCTV bukan monopoli toko dan perkantoran saja. Anda pun bisa menggunakannya untuk mengamankan rumah Anda. Pilihannya pun beragam, dari yang memiliki gambar resolusi rendah, hingga gambar resolusi tinggi. Bahkan ada yang dilengkapi lampu Infra Merah untuk menangkap gerakan di malam hari yang gelap.

Ganti Kunci atau Gembok

Jika kunci rumah atau kunci gembok Anda hilang, pindah ke rumah baru atau ada orang yang baru pindah dari rumah Anda, ganti kunci pintu atau kunci gembok dengan yang baru. Nah, dengan semua tindakan preventif tersebut, semoga rumah Anda menjadi jauh lebih aman sekarang.

Leave a Reply

WhatsApp chat