fbpx
Eksterior

5 Model Pagar Rumah Sederhana Minimalis

By Oktober 12, 2019 Oktober 15th, 2019 No Comments

Pagar adalah salah satu komponen penting dalam rumah. Selain berfungsi sebagai pembatas antara satu rumah dengan sekitarnya, pagar juga berfungsi sebagai pengaman rumah yang Anda huni. Saat ini sudah banyak yang menganggap pagar bukan hanya sebagai pengaman, namun juga memerhatikan nilai estetikanya. 

Untuk membuat pagar rumah cantik, Anda bisa menggunakan beberapa bahan seperti kayu, besi, baja dan pagar dari bahan batu alam. Pemilihan bahan dapat disesuaikan dengan model rumah agar terlihat serasi. Nah, bagi Anda yang membutuhkan ide model pagar rumah sederhana dan minimalis, bisa menyimak ulasannya berikut ini:

1. Model Pagar Rumah Sederhana Minimalis

Pagar rumah minimalis umumnya memiliki desain geometris yang sederhana. Untuk model pagar ini Anda bisa memilih pagar besi dengan motif vertikal atau horizontal yang dipadukan dengan bentuk lingkaran untuk memberi kesan elegan. Selain model, pilihan warna cat juga dapat menimbulkan kesan sederhana namun tetap terlihat mewah.

model pagar minimalis2. Model Pagar Rumah Kayu

Pemilihan material kayu dapat menghadirkan kesan alami dan artistik pada hunian Anda. Selain itu bahan kayu juga mudah disesuaikan dengan gaya apa pun dan tidak ketinggalan zaman. Anda bisa berkreasi dengan model pagar kayu yang ditata vertikal, atau memilih pagar kayu yang dikombinasi dengan besi.

Namun yang perlu diperhatikan, pagar kayu memiliki risiko lapuk dan keropos dimakan rayap. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan ekstra deperti melakukan pengecatan ulang, mempelitur dan memberikan lapisan anti rayap. 

Baca juga: Kumpulan Pagar Rumah Cantik Berbahan Kayu Palet

Model pagar rumah, pagar besi, pagar kayu

3. Model Pagar Rumah Besi

Bagi penyuka gaya modern maupun klasik, pagar dengan bahan besi dapat jadi pilihan untuk mempercantik rumah Anda. Pagar besi juga banyak dipilih karena lebih kuat, tahan lama dan lebih mudah perawatannya.

model pagar, pagar besi, pagar minimalis

Beberapa model pagar besi minimalis yang banyak diminati antara lain pagar dengan aksen vertikal maupun horizontal. Untuk pagar rumah besi dengan garis vertikal akan memberi kesan simpel dan tegas. Sedangkan pagar besi dengan garis horizontal dapat menciptakan kesan mapan bagi rumah Anda.

model pagar sederhana, model pagar minimalis, pagar besi

4. Model Pagar Batu Alam

Batu alam merupakan salah satu bahan yang cukup populer digunakan untuk pagar rumah sederhana minimals. Beberapa keunggulan bahan batu alam antara lain lebih awet dan tahan lama dibanding besi atau kayu, serta tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Stone Wall Lighting, Flowers, Charming Rustic House in Amarante, Portugal

Batu alam juga memiliki beragam jenis dan corak yang akan memudahkan Anda dalam memilih model pagar. Jenis batu alam yang banyak digunakan antara lain batu kewal, batu sabak, batu andesit, batu alam breksi, batu candi, batu palimanan, batu alam palem, dan batu alam Cirebon. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan bahan lain seperti kayu, kaca dan logam. 

5. Model Pagar Sederhana dari Bambu

Bambu merupakan salah satu bahan alam yang bisa digunakan untuk pagar rumah. Pagar bambu awalnya banyak dijumpai di kawasan pedesaan, namun saat ini pagar bambu juga banyak diminati di berbagai lapisan masyarakat.

Salah satu keunggulan bambu antara lain mudah didapat dengan harga yang murah. Namun perlu diperhatikan bahwa pagar bambu juga memiliki kelemahan dari segi daya tahannya. Pagar bambu umumnya memiliki umur yang lebih pendek dibanding pagar besi maupun beton. Selain itu beberapa jenis bambu juga mudah dihuni oleh serangga. Untuk itu umumnya pagar bambu lebih sering digunakan sebagai fungsi dekoratif dibanding fungsi keamanan.

Black Bamboo Fencing

Agar memberi tampilan yang berbeda, Anda bisa memadukan bambu dengan material lainnya seperti beton, batu bata atau besi. Sedikit tips untuk pagar bambu, sebaiknya hindari memasang pagar bambu langsung di atas tanah untuk mencegah bambu cepat lapuk karena lembap.

 

Leave a Reply

WhatsApp chat