fbpx
Interior

10 Ide Model Partisi Ruangan Sempit

By Oktober 21, 2019 Oktober 24th, 2019 No Comments

Memiliki rumah berukuran mungil membuat pemilik rumah harus cerdas menata rumah. Banyak pemilik rumah minimalis menghindari penggunaan partisi untuk membuat ruangan terasa lapang, namun terkadang penyekat ruangan juga dibutuhkan untuk menjaga privasi. Nah, bagi Anda yang butuh ide model partisi dalam ruangan sempit, simak deretan inspirasi desain menarik berikut ini!

1. Manfaatkan Kayu Palet Bekas

Kayu palet yang sudah tidak terpakai ini bisa Anda manfaatkan menjadi partisi. Susun kayu paket secara vertikal hingga mencapai ukuran yang dibutuhkan. Untuk mempercantik partisi, poles kayu palet dengan cat kayu lalu lapisi lagi dengan clear coat. Selain sebagai partisi, tatanan kayu palet juga bisa difungsikan sebagai tempat menata pajangan rumah tau hiasan lainnya.

2. Art Metal Panel 

Partisi ruangan juga bisa merangkap sebagai karya seni. Seperti partisi besi ini misalnya, Anda bisa mendesain motif pembatas ruangan ini sesuai selera dan gaya hunian. Partisi ini bukan hanya unik sebagai pembatas ruangan, namun juga membentuk bayangan cantik di lantai ketika terkena sinar matahari.

3. Hemat Ruang dengan Pintu Geser 

Ruangan minimalis umumnya menghindari renovasi besar untuk menambah dinding atau pintu. Namun untuk model partisi ruangan berikut ini, rasanya perlu Anda coba. Jika ruangan tidak memungkinkan untuk memasang pintu yang tertanam di dinding, coba gunakan pintu geser sebagai partisi. Gunakan pintu geser dengan bahan yang ringan namun awet agar tidak berat ketika digeser. Ide yang menarik bukan?

Baca juga: 10 Model Pagar Rumah Kayu Idaman untuk Rumah Impian

partisi pintu geser

4. Tirai, Pembatas yang Fleksibel 

Tirai adalah salah satu model partisi yang paling banyak digunakan untuk membagi ruangan. Selain lebih ekonomis dibanding memasang pintu atau tembok, tirai juga lebih mudah dibuka dan ditarik kembali sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Keunggulan lain dari tirai, Anda bisa mengganti motif tirai agar suasana tidak monoton.

5. Partisi Ruangan Gantung

Selain tirai atau gorden sebagai partisi, Anda juga bisa menggunakan partisi gantung yang memberi efek seperti melayang di udara. Partisi ini umumnya terbuat dari bahan lembaran akrilik atau plastik tebal yang memiliki berbagai motif dan ukuran. Sekat gantung ini juga cocok dipasang dalam berbagai ruangan seperti ruangan televisi, ruang makan, hingga ruangan bersantai.

Partisi ruangan gantung

6. Furnitur Sebagai Partisi 

Salah satu cara efektif untuk menyekat ruangan adalah dengan menggunakan furnitur sebagai pembatas. Beberapa perabotan yang bisa digunakan untuk pembatas adalah rak buku, rak pajangan, hingga meja bar. Dengan cara ini, Anda bisa tetap membagi ruangan tanpa perlu membuat ruangan terlihat sumpek.

rak pembatas ruangan

Salah satu cara cerdik untuk membuat kamar tidur terasa lebih lapang adalah dengan memanfaatkan perabotan multifungsi. Seperti gambar berikut ini, Anda bisa memanfaatkan headbord tempat tidur yang juga bermanfaat sebagai lemari terbuka. Tambahkan roda di kaki lemari untuk lebih memudahkan menggeser lemari ini ke tempat yang perlu disekat. Dengan begitu Anda akan mendapatkan lemari sekaligus partisi.

lemari penyekat ruangan

7. Kayu sebagai Partisi Ruangan

Penggunaan kisi-kisi kayu dalam ruangan ini tidak hanya berfungsi sebagai penyekat, namun juga menonjolkan nilai estetika yang natural dalam ruangan. Selain itu, model partisi ruangan seperti ini juga berfungsi sebagai railing atau pengaman tangga.

kayu model partisi ruangan

8. Suasana Alami dengan Tiang Bambu

Selain kayu, bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan partisi yang menarik. Anda bisa  menggunakan partisi bambu lipat yang banyak dijual di pasaran, atau Anda juga bisa berkreasi dengan menyusun beberapa batang bambu baik secara acak maupun teratur sesuai keinginan.

Model partisi ruangan bambu

9. Unsur Alami dalam Hunian

Ingin partisi yang unik namun tetap artistik? Anda bisa gunakan tanaman rambat hijau sebagai penyekat ruangan sekaligus dekorasi. Umumnya pembatas ini banyak digunakan di bagian taman atau outdoor, namun tanaman rambat ini juga bisa ditempatkan di dalam ruangan, khususnya yang terpapar sinar matahari.

Model partisi ruangan tanaman

 

Model partisi ruangan tanaman

Sebagai dasar rambatan, gunakan tali, bambu, besi atau kawat tipis yang digantung menyentuh langit-langit. Beberapa tanaman yang cocok untuk partisi jenis ini di antaranya Clementis, English Ivy, tanaman sirih, dan sebagainya. Sesuaikan antara jenis tanaman dan kebutuhan ruangan agar tampak serasi.

10. Partisi Elegan dari Kaca 

Model partisi ruangan yang bersifat terbuka kadang membuat Anda tidak dapat memperoleh privasi secara penuh. Untuk mengatasinya, gunakan kaca sebagai penyekat untuk memberi privasi yang Anda butuhkan. Pilih kaca yang tidak sepenuhnya tembus pandang agar privasi Anda tetap terjaga. Solusi lain, Anda juga bisa menambahkan tirai, stiker kaca atau bingkai tebal untuk mengalihkan fokus pandangan.

pintu geser partisi

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat