fbpx
Eksterior

6 Ide Railing Balkon Menarik untuk Tempat Tinggal Idaman

By Oktober 15, 2019 No Comments

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih railing balkon. Selain faktor keamanan, Anda juga perlu memikirkan privasi penghuni rumah dan akses pemandangan dari balkon. Pemilihan desain railing balkon yang tepat tentunya akan mempercantik eksterior rumah Anda. Apa saja model railing balkon yang bisa digunakan untuk hunian Anda? Yuk simak rekomendasi berikut ini!

1. Railing Balkon dari PVC dan Vinyl

Untuk rumah dengan gaya klasik modern, Anda bisa memilih model railing balkon dengan bahan PVC atau vinyl. Kedua bahan ini cukup kuat dan praktis sebagai bahan railing. Kelebihan dari bahan ini adalah tidak mudah berubah bentuk dan tidak perlu dicat ulang. Namun tentunya perlu perawatan teratur agar selalu terlihat bersih. Untuk memberi kesan simpel dan elegan, pilih warna netral seperti putih atau hitam.

Baca juga: 15 Inspirasi Cat Ruang Tamu Keren

railing balkon minimalis

2. Railing Simpel dari Kayu

Kayu merupakan salah satu bahan yang paling banyak dipilih untuk railing balkon. Selain mudah dikreasikan dalam berbagai model, kayu juga memberi kesan alami pada tampilan luar tempat tinggal Anda.

model balkon kayu

Untuk gaya rumah di pedesaan, Anda bisa memilih model railing balkon seperti gambar di atas. Dengan model tersebut, anggota keluarga Anda tetap bisa bersantai di teras balkon sambil menikmati pemandangan tanpa perlu khawatir akan keamanannya. Beberapa jenis kayu yang bisa dipilih untuk desain ini antara lain kayu damar laut, kayu ulin dan kayu merbau.

3. Balkon Cantik dari Kaca

Saat bersantai di balkon, Anda tentu ingin bebas menikmati pemandangan tanpa terhalang apa pun. Untuk tipe balkon seperti ini, anda bisa memilih model railing balkon dengan bahan kaca. Keunggulan lainnya, railing balkon dari kaca cukup mudah pemasangan dan perawatannya.

Baca juga: 15++ Ide Kolam Ikan Menarik Untuk Anda

ide balkon kaca

Ada beberapa pilihan railing dari kaca seperti solid panel atau railing yang terbuat dari akrilik dan tempered glass. Meskipun harganya tergolong mahal, namun railing dari kaca adalah pilihan terbaik untuk properti dengan pemandangan yang luas membentang seperti tepian laut atau pegunungan.

4. Pemandangan Bebas dengan Kabel Stainless

railing balkon kabel stainless

Kabel stainless bisa jadi alternatif pengganti kaca untuk Anda yang ingin pemandangan tak terbatas dari balkon. Daya tahan bahan ini juga cukup kuat dan tidak butuh banyak perawatan. Ukuran kabel yang kecil membuat model railing balkon ini bisa diterapkan di berbagai gaya rumah seperti rumah gaya modern dan minimalis.

5. Gaya Balkon Elegan

Untuk mendapatkan kesan balkon dengan gaya elegan, Anda bisa memilih bahan aluminium atau besi. Kedua bahan ini cukup mudah diolah dalam berbagai bentuk sehingga Anda lebih bebas menyesuaikannya dengan gaya hunian. Meskipun ringan, namun aluminium cukup kuat dan aman untuk mempercantik balkon. Selain aluminium dan besi, Anda juga bisa menggunakan bahan metal lainnya seperti baja dan brass.

Baca juga: Cari Inspirasi Untuk Taman Belakang? Simak Rekomendasi dari Kami!

Railing balkon besi

6. Balkon Kokoh dari Bahan Konkrit

Bahan railing satu ini sudah banyak digunakan sejak lama. Dibuat dari campuran semen konkrit, railing balkon jenis ini umumnya dicetak dengan model pilar Romawi sehingga cocok untuk rumah bergaya Eropa.

gaya romawi

Meskipun desain dan finishingnya terbilang monoton, namun railing konkret memiliki banyak kelebihan dibanding bahan lainnya. Selain kekuatannya tidak perlu diragukan lagi, harga pemasangannya cukup murah, perawatannya mudah dan tahan lama. Jika Anda ingin sentuhan klasik untuk balkon Anda, bahan ini bisa jadi pilihan.

Selain dari rekomendasi di atas, Anda juga bisa mengombinasikan beberapa bahan untuk mendapatkan model railing balkon yang sesuai keinginan. Pastikan kualitas dan keamanan balkon tetap menjadi prioritas utama, selamat menikmati pemandangan santai di balkon!

Leave a Reply

WhatsApp chat