fbpx
Eksterior

10 Desain Pagar Besi Minimalis Trendy 2019

By Maret 17, 2019 Agustus 21st, 2019 No Comments

Pagar besi minimalis telah menjadi trend selama hampir dua dekade terakhir. Model pagar satu ini telah berhasil mencuri hati publik dan tidak jarang pula menjadi pilihan utama bagi para konsumen untuk mempercantik rumah-rumah mereka.

Trend Pagar Besi Minimalis

Banyak vendor maupun produsen pagar besi minimalis menawarkan sederetan pilihan desain, kualitas, dan bahan yang sangat variatif untuk  mengakomodir kebutuhan para konsumen.

Baca juga: 6 Cara Cerdas Mengintegrasikan Panel Laser Cutting Di Ruangan Kerja Anda

Ini nampaknya menjadi salah satu alasan mengapa model pagar besi minimalis ini banyak diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Ragam desain yang banyak, pilihan bahan, serta harga yang bervariasi memanjakan konsumen untuk menentukan pilihan jenis pagar besi minimalis sesuai dengan budget yang mereka anggarkan.

Selain beragam pilihan yang ditawarkan pada konsumen, faktor estetika menjadi faktor pendukung lain mengapa pagar besi minimalis menjadi salah satu primadona dalam kancah desain arsitektur dewasa ini.

Dengan strukturnya yang terkesan ringan dan rapi, pagar besi minimalis ini dirancang khusus untuk mendukung tampilan rumah-rumah model minimalis yang banyak dibangun dan dikembangkan oleh banyak developer hunian.

Meski begitu, banyak kita jumpai model pagar besi minimalis ini dipakai di rumah-rumah atau bangunan-banguan lain yang tidak mengunggah konsep minimalis sebagai desain utama.

Bahkan ada kalanya pemilik bangunan sengaja memakai pagar besi minimalis untuk memberikan sentuhan minimalis pada bangunan yang sudah ada agar terkesan up to date.

Fungsi Pagar Besi Minimalis

Sampai di sini, kita mulai memahami bahwa ternyata pagar besi minimalis memiliki berbagai fungsi vital sebagai bagian dari rancangan desain arsitektur. Tanpa meninggalkan fungsi utamanya sebagai pembatas area (boundary line) satu rumah/bangunan dengan yang lainnya dan fungsi protektif (protective function), pagar ini juga memiliki fungsi dekoratif (decorative function) serta fungsi identitas (identity function).

Ketika pagar diaplikasikan untuk mempercantik atau memperelok tampilan sebuah bangunan, maka disini pagar memainkan fungsinya sebagai bagian dari dekorasi sebuah rumah atau bangunan.

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Ruangan Outdoor Yang Menawan Menggunakan Laser Cutting

Sementara itu, pagar akan memberikan identitas pada sebuah bangunan ketika pagar dapat mencirikan kekhasan atau kekhususan bangunan tersebut.

Jadi sah saja bila pagar besi minimalis ini, contohnya, diaplikasikan pada berbagai macam desain bangunan selama dapat menyatu dengan bangunan utamanya.

Trend Desain Pagar Besi Minimalis

Jika anda sedang merencanakan untuk membangun atau merenovasi sebuah hunian rumah minimalis lengkap dengan pagarnya, berikut ini kami bagikan beberapa desain pagar besi minimalis trendy yang sedang digemari di tahun 2019 ini.

Pagar besi hitam putih modern

Menggunakan besi hollow pipih yang difinishing menggunakan warna hitam serta dipadukan dengan tembok berwarna putih, pagar besi minimalis ini nampak tersusun teratur dan rapi. Kesan ringan, sederhana, namun tetap up to date mudah ditangkap oleh setiap mata yang melihatnya.

Pagar besi hitam putih modern

Pagar besi hitam putih modern

Ditambah dengan ornamen lampu dengan model senada semakin mempertegas tampilan cantiknya. Dengan posisi horizontal, pagar besi minimalis ini mampu menghadirkan kesan lebar dan luas pada bangunan di dalamnya. Desain ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi anda yang menginginkan desain pagar yang simple namun tetap elegan.

Baca juga: 5 Contoh Proyek Facade Terbaik Menggunakan Laser Cutting

Pagar putih horisontal

Dengan mengusung konsep yang senada dengan desain sebelumnya, pagar putih horisontal ini juga menggunakan besi pipih namun dengan warna yang berbeda. Nuansa putih monokrom sengaja ditampilkan untuk memberikan kesan sederhana, bersih, indah, dan rapi. Tidak salah juga bila kesan ini juga dapat mencerminkan karakter sang pemiliknya.

Pagar Besi Minimalis

Pagar putih horisontal

Model horizontal pagar besi minimalis ini lagi-lagi berhasil membuat bangunan rumah di dalamnya nampak lebih luas. Warnanya yang kontras dengan beberapa unsur di sekitarnya semakin mempertegas batasan area rumah dengan area lainnya.

Pagar besi dan kayu berornamen

Bila anda menyukai kombinasi antara besi dengan material lainnya yang lebih natural, pagar besi dan kayu berornamen ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik anda. Dengan desain unik, pagar besi minimalis ini dipadukan dengan material kayu yang masing-masing sisinya dirancang dengan model berbeda.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi dan kayu berornamen

Guna memainkan fungsinya untuk menjaga privasi halaman samping rumah, bagian depan dari pagar mengusung konsep minimalis dengan memadukan kayu dan besi berornamen. Ornamen ini menggunakan motif yang cenderung agak rapat sehingga dapat melindungi aktifitas di baliknya dari pandangan luar. Sementara itu, pada bagian samping pagar sengaja dibuat lebih rendah untuk memberikan kebebasan atmosfer pada area ini.

Pagar besi minimalis bersirip

Desain pagar besi minimalis satu ini memiliki keunikan tersendiri dikarenakan bentuk besi yang digunakan. Meski ukuran besi yang digunakan relatif tebal, namun dengan desain yang tepat pagar besi ini mampu menyatu dengan konsep bangunan utama yang dilindunginya.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi minimalis bersirip

Lempengan demi lempengan besi yang tebal ditata sedemikian rupa secara vertikal dengan posisi menyamping dengan kolom yang menyerupai bentuk sirip menghilangkan kesan masif dan berat.  Struktur vertikal dengan penataan yang cermat ini menghasilkan tampilan pagar yang modern, minimalis, elegan, dan indah.

Baca juga: 6 Cara Mendesain Interior Dengan Budget Minimal

Pagar besi hollow minimalis

Secara sepintas, desain pagar besi hollow minimalis ini mengingatkan kita akan struktur bangunan yang ada di negeri sakura. Tepat sekali, sesuai dengan asal muasal konsep minimalis yang terinspirasi dari desain rumah-rumah di Jepang, pagar besi hollow ini berdiri memecah kesan kokoh dinding dan menghubungkannya dengan kesan natural nan hangat dari  panel kayu di sisi lainnya.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi hollow minimalis

Model pagar besi ini menghadirkan tiga unsur tanah, besi, dan kayu dalam satu desain yang menarik secara seimbang.

Railing besi hollow minimalis

Pagar besi hollow minimalis tidak hanya dapat diaplikasikan pada pagar rumah saja melainkan juga pada bagian rumah lainnya. Railing besi ini contohnya. Railing minimalis ini menggunakan pagar besi hollow minimalis berwarna hitam yang dipadupadankan dengan kayu.

Pagar Besi Minimalis

Railing besi hollow minimalis

Pagar besi minimalis berornamen

Tren terbaru tahun 2019 ini diprediksi akan banyak mengusung konsep alam dan ramah lingkungan. Bila anda menginginkan model pagar yang berbeda namun tetap dengan konsep minimalis sebagai aliran utamanya, pagar besi minimalis berornamen tumbuhan ini bisa jadi cocok untuk hunian anda.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi minimalis berornamen

Dengan desain di luar kebanyakan, pagar besi ini mengaplikasikan ornamen dengan motif akar tumbuhan sebagai dekorasi pada plat besi yang digunakan. Warna yang dipilih pun adalah warna natural yang mengandung unsur tanah. Penataan yang agak diagonal dan berulang memberikan kekhasan pada bangunan rumah di baliknya. Kesan ringan dan hangat meliputi tampilan luar hunian ini.

Baca juga: Unik & Keren, 10 Inspirasi Pagar Rumah Klasik dari Besi untuk Anda

Pagar besi eklektik

Anda penyuka model klasik namun ingin tetap memiliki ciri khusus yang modern pada hunian anda? Pagar besi eklektik ini dapat memberikan solusinya. Dengan memadukan konsep rustik dan minimalis secara unik.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi eklektik

Pagar besi eklektik

Material utama besi pada pagar ini dirancang dengan bentuk dahan, ranting, dan burung untuk menghadirkan kesan hidup. Penggunaan batu alam yang terekspos semakin mempertegas unsur rustik pada pagar ini.

Pagar besi minimalis dengan gabion

Pernah melihat batu-batu yang ditata secara rapi dan tersusun dalam anyaman besi seperti ini? Nama style ini adalah Gabion. Satu lagi keunikan karya arsitektur dapat kita jumpai pada desain pagar besi minimalis ini. Dipadukan dengan gabion yang  memberikan kesan tebal dan kokoh, pagar minimalis ini menggunakan pintu pagar besi minimalis yang didesain ringan dan berkelas.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi minimalis dengan gabion

Material besi padat ditata saling menyilang dengan pola yang sama rapi dan dicat putih netral kontras dengan bentuk dan warna gabion di kedua sisinya. Keseluruhan desain dan hunian ini terlihat modern tanpa meninggalkan unsur alam.

Baca juga: 10 Desain Pagar Lipat Minimalis Unik dan Keren untuk Anda

Pagar besi minimalis dengan batu alam

Meskipun pagar besi seringkali mengesankan kekakuan, bila didesain secara cermat akan dapat memberikan kesan yang jauh berbeda. Desain pagar besi minimalis dengan batu alam ini salah satu buktinya.

Pagar Besi Minimalis

Pagar besi minimalis dengan batu alam

Dengan warna senada, bahan besi dan batu alam  ini dipadukan secara proporsional sehingga menyatu dengan keseluruhan desain hunian di dalamnya.

Leave a Reply

WhatsApp chat