Partisi Ruangan

Perbedaan Sekat, Pembatas dan Partisi Ruangan Adalah? Kenali Ciri-cirinya

By September 20, 2020September 29th, 2020No Comments

Apakah anda bingung mengenai perbedaan dari sekat, pembatas, dan partisi ruangan sebagai interior rumah?

Mungkin anda menjadi salah satu dari banyak orang yang menganggap bahwa sekat, pembatas, dan partisi ruangan adalah furniture interior yang sama.

Perbedaan Sekat, Pembatas dan Partisi Ruangan Adalah? Kenali Ciri-cirinya 1Banyak yang salah mengartikan hal ini dan pada akhirnya tidak memperhatikan perbedaan yang ada dan asal membelinya.

Sebenarnya ketiganya memang memiliki persamaan sehingga sering disalahartikan sebagai produk interior rumah yang sama.

Ketiganya memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu sama-sama digunakan untuk membatasi atau memisahkan ruangan baik itu di dalam rumah, rumah sakit, mall, apartemen, toko, restoran, masjid, dan tempat-tempat lainnya.

Sekat, pembatas, dan partisi bisa digunakan di mana saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tergantung pada desainnya masing-masing.

partisi ruangan modular kedap suaraHal ini dikarenakan terdapat berbagai bentuk, desain, warna, dan ukuran yang berbeda-beda sehingga dapat diterapkan pada suatu ruangan dengan model yang diinginkan.

Bahan yang digunakan untuk membuat sekat, pembatas, dan partisi juga umumnya hampir sama yaitu umumnya menggunakan kayu, rotan, ataupun gabungan dari keduanya.

Ada juga yang menggunakan bahan lain tergantung dengan permintaan konsumen.

Untuk membantu memudahkan anda memilih mana yang tepat, berikut akan dibahas mengenai ciri-ciri sekat, pembatas dan ciri-ciri partisi ruangan.

Ciri-ciri Sekat Ruangan

1. Menutup sebagian ruangan

Sekat umumnya digunakan dengan tujuan untuk menutupi sebagian ruangan saja dan tidak bisa menutupi ruangan hingga penuh.

Hal ini membuat seseorang kemungkinan dapat langsung melihat dari sekat ruangan ke area disampingnya dengan lebih mudah.

Ukuran sekat ruangan juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada area-area yang bersifat pribadi.

2. Memiliki bagian lipatan yang sedikit

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, ciri-ciri sekat ruangan hanya memiliki lipatan yang sedikit yaitu umumnya memiliki tiga lipatan dengan empat buah potongan papan yang disambung.

Perbedaan Sekat, Pembatas dan Partisi Ruangan Adalah? Kenali Ciri-cirinya 2Maka dari itu banyak orang yang menggabungkan dua atau lebih sekat ruangan menjadi satu apabila memiliki ukuran ruangan yang lebih luas atau lebih banyak bagian yang ingin dibatasi atau ditutupi.

3. Mudah dipindahkan

Sifat partisi ruangan adalah tetap dan berbeda dengan sekat ruangan.

Ukuran sekat ruangan yang tidak terlalu besar membuatnya lebih mudah bergeser dan dipindahkan.

Untuk itulah peletakan sekat ruangan harus lebih hati-hati agar tidak mudah tersenggol dan jatuh.

Ciri-ciri Pembatas Ruangan

1. Menutup ruangan secara penuh

Berbeda dengan sekat ruangan, pembatas ruangan memiliki ukuran yang lebih lebar dan tinggi sehingga dapat menutupi ruangan secara penuh.

Untuk itulah pembatas ruangan lebih sering digunakan pada area-area yang ingin lebih tertutup untuk menjadi privasi seseorang namun bisa juga digunakan pada area lainnya.

2. Bersifat tetap atau berpindah-pindah

Biasanya pada bagian atas dan bawah pembatas ruangan sudah tersambung pada dinding dan lantai sehingga tidak mudah jatuh dan bisa tetap pada posisinya.

Perbedaan Sekat, Pembatas dan Partisi Ruangan Adalah? Kenali Ciri-cirinya 3Namun beberapa desain pembatas ruangan juga dapat dipindahkan.

3. Memiliki celah yang lebih rapat

Ciri-ciri pembatas ruangan yang berikutnya yaitu memiliki celah atau lubang yang lebih rapat atau kecil, berbeda dengan sekat ruangan dengan celah yang lebih lebar.

Celah yang rapat ini membuat orang lebih sulit untuk melihat area di sebelahnya. Pembatas ruangan lebih umum memiliki lubang atau celah yang kecil dalam jumlah banyak.

Ciri-ciri Partisi Ruangan

1. Menutup sebagian ruangan

Sama seperti sekat ruangan, partisi ruangan hanya dapat menutupi sebagian ruangan.

Namun yang membedakannya adalah partisi ruangan biasanya hanya satu buah saja sehingga ukurannya disesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran ruangan.

Untuk tingginya juga berbeda ada yang mencapai dinding atas ada juga yang hanya sebagian namun sisi sampingnya tetap tidak tertutupi semuanya.

2. Terdiri dari banyak pilihan model

Partisi ruangan juga terdiri dari banyak pilihan model sehingga lebih cocok digunakan pada ruang tamu atau ruang keluarga karena desainnya yang unik misalnya seperti partisi model gantung, kisi-kisi kayu, model vas bunga, model rak buku, geometris, sliding glass, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Sekat, Pembatas dan Partisi Ruangan Adalah? Kenali Ciri-cirinya 43. Bersifat tetap

Partisi ruangan adalah pembatas yang sulit dipindahkan karena sifatnya yang tetap dan ukurannya yang relatif lebih besar, berat, dan tebal ataupun yang menempel langsung pada bagian dinding atas dan lantai.

Untuk itulah pemilihan lokasi peletakan partisi ruangan harus lebih berhati-hati agar tidak salah.

Baca Artikel Bermanfaat Lainya

Leave a Reply