fbpx
Interior

Mengatasi Rumah Sumpek dengan Partisi Ruangan Minimalis

By Agustus 22, 2019 No Comments

Apakah anda mencari partisi ruangan minimalis, namun bingung partisi seperti apa yang cocok untuk ruangan anda?

Apakah anda baru saja membeli rumah dengan satu ruangan besar di tengah-tengah rumah yang ingin anda fungsikan sebagai ruang keluarga, sekaligus juga sebagai ruang makan? Tapi bagaimana caranya agar ruangan bisa terbagi dua tanpa terlihat sumpek dan terasa lebih nyaman?

Atau anda memiliki sebuah ruangan besar di tengah rumah, dengan busa yang mulai tercerabut, barang-barang berserakan, dan di belakangnya ada sebuah lemari penuh dengan tumpukan buku yang hampir tidak pernah digunakan selama bertahun-tahun?

Merasa sumpek dan kesal dengan kondisi rumah semrawut? Kenapa tidak coba desain ulang ruangan besar itu menjadi lebih minimalis, nyaman, dan ergonomis?

Kenapa harus minimalis?

Tahukah anda tentang konsep “less is more”? Konsep ini diperkenalkan oleh Ludwig Mies van der Rohe, seorang tokoh Arsitektur Modern dunia. Konsep ini menekankan pada pengurangan elemen non fungsional. Dalam kondisi tadi, misalnya adalah lemari besar di tengah ruangan dengan barang-barang berdebu yang bahkan sudah bertahun-tahun tak pernah digunakan lagi. Nah melalui konsep “less is more”, perabotan, dekorasi, dan pemilihan warna ruangan perlu diminimalisir. Prinsipnya, kalau bisa simpel, nyaman, dan ergonomis. Kenapa harus yang ribet dan sumpek?

Berikut ini adalah beberapa desain partisi minimalis di ruangan yang besar

Partisi ruangan minimalis seperti apa yang harus saya pilih?

Dalam konsep desain partisi ruangan minimalis, kaitannya sangat erat dengan desain fungsional. Desain fungsional bertujuan agar partisi tidak hanya memiliki satu peran. Namun juga berfungsi sebagai ruang tambahan, rak yang tidak ‘makan tempat’ serta menambah keindahan ruangan.
Berikut ini adalah beberapa contoh partisi minimalis multifungsi:

Rak

Partisi Ruangan Minimalis  Partisi Ruangan Minimalis

Jika anda adalah orang yang sangat sibuk, maka partisi minimalis dalam bentuk rak akan sangat cocok. Anda bisa menaruh barang-barang seperti kunci mobil, handphone, powerbank, dan barang-barang kecil lainnya yang mudah dijangkau di tengah ruangan ketika anda sedang terburu-buru hendak berangkat ke kantor, daripada harus mengingat-ingat dimana meletakkan barang-barang penting tersebut.

Lemari

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Wow, ini adalah ide superbagus bagi anda pecinta buku. Lemari di tengah ruangan sangat membantu memberikan kenyamanan dalam membaca sekaligus akses yang mudah. Lemari kayu berwarna cokelat juga bisa menjadi pilihan agar sensasi membaca dengan tenang seperti di perpustakaan lebih terasa.

Baca Juga: 7 Desain Rumah Idaman Paling Banyak Dicari

Bagaimana agar partisi tidak kelihatan mencolok sendiri?

“Nah sekarang saya sudah menentukan partisi seperti apa yang ingin saya buat. Saya ingin menggunakan rak dan lemari sebagai partisi ruangan. Tapi setelah dipasang kok malah terlihat aneh, ruangan jadi sumpek, dan raknya tampak mencolok sekali?”

Hal penting juga yang perlu dipertimbangkan sebelum buru-buru membeli lemari atau rak bagus yang dipajang di toko adalah anda perlu mempertimbangkan, apakah warna dan modelnya sesuai dengan ruangan anda nantinya.

Pada konsep minimalis, pemilihan warna lebih ditekankan pada warna-warna pastel yang lembut. Tidak terlalu detail, tidak terlalu kontrak, dan tidak terlalu banyak ukiran. Nah jangan sampai salah membeli rak atau lemari yang warnanya terlalu mencolok untuk ditempatkan di tengah ruangan anda yang di cat warna pastel.

Baca Juga: Desain Interior Unik dengan Budget Minimal

Berikut ini adalah contoh pilihan partisi minimalis yang sesuai dengan warna dan ukuran ruangan:

Membuat partisi ruangan minimalis murah meriah

“Apakah ada cara untuk membuat partisi ruangan minimalis, tapi gak bikin kantong jebol?

Tentu saja ada. Anda dapat membuat partisi ruangan sendiri (DIY) dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Misal sisa kayu, atau lemari lama dan rak-rak berdebu yang menumpuk di gudang. Daripada barang-barang tersebut lapuk dimakan rayap atau dibuang, ada baiknya dipoles sedikit dengan cat dan ditata dengan baik menjadi partisi ruangan minimalis. Nah partisi DIY minimalis ini juga bisa dibuat menyesuaikan dengan karakteristik khas anda. Sekaligus juga menjadi wadah anda berkreasi dan mengisi waktu luang. Kenapa tidak untuk dicoba?

Butuh ide partisi ruangan DIY? Cek gambar-gambar berikut ini:

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Minimalis

Partisi ruangan minimalis unik, anti sumpek anti ribet. Ada?

“Saya sudah berkeliling mencari rak dan lemari di toko namun tidak ada yang cocok dengan yang saya inginkan. Entah warnanya yang kurang pas, atau modelnya yang tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Namun, untuk membuat partisi ruangan DIY juga membutuhkan waktu lama, dan saya tidak punya waktu untuk itu.

“Saya bukan orang yang berjiwa seni. Beberapa hari lalu, saya sudah membeli beberapa kaleng cat, berkeliling took dan membelibanyak ornamen untuk menghias partisi DIY, tapi hasilnya malah jauh berbeda dengan yang saya bayangkan di pikiran. Sekarang semua barang-barang yang sudah saya beli malah terbengkalai di gudang”

Anda juga memiliki masalah seperti ini? Atau anda membayangkan jika mulai membuat partisi DIY, maka kemungkinan besar hal seperti ini yang terjadi? Anda malas ribet bergumul dengan cat dan rak-rak berdebu dari Gudang? Punya ide di pikiran, tapi tidak sesuai dengan hasilnya ketika anda yang yang mengerjakan sendiri?

Jangan khawatir. Apa yang harus dilakukan? Anda sampaikan idenya, dan percayakan pada vendor partisi ruangan untuk mengerjakannya. Anda cukup menjelaskan konsep yang anda inginkan, dan biarkan desainer yang bekerja untuk anda. Jika anda masih khawatir bagaimana hasilnya, pastikan anda memilih desainer yang trusted.

Partisi Ruangan Minimalis

Baca Juga: Ini 10+ Desain Rumah Modern Terkini

Bagaimana saya bisa tahu vendor tersebut trusted atau tidak? Vendor yang trusted umumnya sudah memiliki web. Silahkan anda cek web, testimoni yang memuaskan dari konsumen sebelumnya, hasil pengerjaan, dan desain-desain yang ditawarkan oleh vendor tersebut. Ini adalah salah satu vendor partisi ruangan trusted 22 Laser. Jika anda masih khawatir, anda bisa menemui vendornya langsung ke kantor (Ruko Tlogomas Square No. 27, Jalan Raya Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang) atau berkonsultasi secara online sebelum memutuskan membeli.

Leave a Reply

WhatsApp chat