fbpx
Interior

Tips Sebelum Memutuskan Membeli Partisi Ruangan

By Agustus 21, 2019 No Comments

Anda ingin memperindah ruangan agar lebih nyaman dan ergonomis. Lalu teman anda menyarankan untuk mendekorasi dengan partisi ruangan? Jika anda tertarik atau sudah memutuskan untuk membeli partisi ruangan, berikut ini kami berikan beberapa tips yang perlu anda ketahui agar tidak menyesal nantinya.

Kenali apa itu partisi ruangan

Jika saran tentang partisi ruangan dari teman anda masih terdengar baru dan tidak familiar. Maka pertama-tama anda harus tahu apa itu partisi ruangan dan mengapa harus ada di rumah anda?

Partisi Ruangan

Partisi Ruangan

Partisi merupakan sekat yang membatasi antara ruang satu dengan yang lainnya. Namun partisi berbeda dengan dinding pembatas, meski fungsi dasarnya sama. Karena partisi bisa dipindah dan diatur tata letaknya sesuai dengan apa yang kita inginkan, inilah yang membedakan antara partisi dengan dinding pembatas

Apa fungsi partisi ruangan?

Partisi pada sebuah interior bertujuan untuk membedakan antara ruang yang satu dengan ruang yang lain agar memiliki fungsi yang berbeda. Dari situ jelas bahwa fungsi utama dari sebuah partisi adalah mendefinisikan kegunaan dari sebuah ruangan yang hendak dipisahkan. Sehingga aktivitas pada masing-masing ruangan dapat dibuat lebih spesifik.

Baca juga: Coba aplikasikan laser cutting di partisi ruangan

Kenapa harus punya partisi ruangan?

Apakah rumah anda besar namun hanya terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dan sebuah ruangan besar yang anda fungsikan sebagai dapur sekaligus ruang makan, dan sekaligus ruang keluarga?

Apakah anda merasa bosan dengan rumah yang selalu tampak sumpek dan tidak nyaman dilihat setiap hari?

Jika ya, maka anda membutuhkan partisi ruangan. Partisi dapat membantu membagi ruangan besar di rumah anda menjadi beberapa ruangan kecil yang masih terhubung satu sama lain. Namun, lebih nyaman karena tidak berantakan dan karena sekalipun tetap berada di satu ruangan besar, namun tetap terbagi sesuai fungsinya menjadi ruang keluarga, dapur, dan ruang makan.

Baca juga: Fainted lantai yang indah

Desain partisi ruangan yang dipilih

Apakah gambar partisi ruangan di web desain interior tampak indah dan membuat anda ingin segera membelinya dan menempatkannya di rumah anda?

Jika ya, sebaiknya anda jangan langsung membeli sendiri. Tapi konsultasikan dengan orang yang memahaminya. Masalahnya adalah, apakah teman anda yang paham tentang partisi ruangan bersedia menjelaskan mendetail soal partisi ruangan yang cocok untuk rumah anda?

Cara termudah adalah anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya, yaitu desainer interior yang mengerti tentang partisi. Anda bisa berkonsultasi secara offline melalui vendor interior di kota anda, atau jika anda tidak punya waktu untuk mendatangi kantor dan berkonsultasi secara tatap muka dengan desainernya, selalu ada cara untuk mempermudahnya. Yaitu konsultasi online

Nah, dimana anda bisa mendapatkan desainer untuk konsultasi online? Anda bisa menghubungi desainernya disini https://22lasers.com/ untuk bertanya-tanya, menjelaskan desain dan konsep yang anda inginkan dan kesesuaiannya dengan ruangan anda. Jangan khawatir untuk bertanya lebih detail, karena anda punya hak penuh untuk menentukan konsep seperti apa yang anda inginkan untuk ruangan anda sebelum memutuskan membeli desain mana yang menurut anda terbaik.

Ada beberapa jenis bahan yang bisa anda pilih untuk partisi ruangan. Mana yang lebih baik? Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan anda. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan partisi ruangan yang kami sarankan:

Kaca

Anda dapat menggunakan partisi berbahan dasar kaca, jika anda menginginkan konsep ruangan yang futuristik dan modern. Partisi dari material kaca dapat memberikan kesan ruangan yang terlihat menyatu antara satu sama lain. Selain kaca, anda juga bisa menggunakan partisi jenis cermin membuat ruangan terasa lebih luas.

Partisi Ruangan

Hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih partisi berbahan dasar kaca adalah ketebalannya. Jika ketebalannya lebih dari 10 mm, maka partisi kaca tersebut dapat berdiri sendiri. Namun apabila ketebalannya kurang dari itu, anda bisa mengombinasikannya menggunakan bingkai atau frame dari bahan lain yang kuat seperti besi dan kayu.

Tapi jika anda punya banyak anak kecil di rumah, kami menyarankan untuk tidak menggunakan partisi kaca, terutama kaca yang tipis karena mudah pecah. Pilihlah partisi kayu, bamboo, atau dahan pohon yang lebih aman dibandingkan partisi ruangan kaca atau cermin.

Kayu

Material kayu umumnya digunakan sebagai bahan untuk partisi ruangan dengan cara menyusun balok-balok kayu secara horizontal maupun vertikal. Jarak antar balok dapat disesuaikan tergantung kebutuhan dan preferensi Anda. Apabila Anda ingin partisi yang lebih tertutup, maka susunlah balok dengan jarak yang lebih sempit, begitupun sebaliknya. Kayu yang digunakan untuk partisi ruangan umumnya perlu diberi pelitur untuk menonjolkan motif serat-serat kayu.

Partisi Ruangan

Partisi RuanganSelain sebagai bahan utama pada partisi ruangan, material kayu umumnya digunakan sebagai bingkai sekat untuk material lain seperti kaca, fiber, kain, maupun kertas. Kayu memang sangat cocok jika dipadukan dengan material lain, terutama yang memiliki nuansa lebih dingin seperti kaca.

Bambu

Jenis bahan lain untuk memberikan kesan partisi ruangan alami yaitu bambu. Material ini dapat menguatkan kesan oriental dan klasik pada ruangan, sekaligus tetap memberikan kesan hangat dan alami seperti kayu. Bagaimana cara menggunakan bambu sebagai partisi ruangan? Anda dapat menempelkan sejumlah bambu dengan ukuran yang sama pada rangka partisi yang dapat anda buat dari bambu atau material lainnya. Anda juga bisa menyusun batang bambu secara acak dengan sudut kemiringan serta diameter berbeda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan.

Partisi Ruangan

Bambu adalah material yang cukup mudah lapuk, karena itu sebelum dipasang sebagai partisi ruangan sebaiknya dilapisi dengan cat pelindung terlebih dahulu. Pelapisan dengan cat pelindung dapat diulang secara berkala untuk mencegah kelapukan dan menjaga kualitas partisi bambu.

Dahan Pohon

Dahan pohon tidak terpakai? Sisa menebang pohon di belakang rumah? Jangan salah, dahan pohon dapat dimanfaatkan sebagai partisi ruangan dengan gaya natural yang tidak membosankan. Caranya, anda dapat menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga memberikan kesan lebih privat antar ruang. Untuk kesan lebih terbuka, kamu bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar sebagai sekat ruangan.

Partisi Ruangan

Partisi Ruangan

Anda juga dapat menambahkan lampu di bagian bawah pot, yang dapat anda nyalakan di malam hari sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon. Kenapa tidak mencoba mengaplikasikan partisi ruangan yang elegan dengan memanfaatkan dahan pohon ini?

Tanaman Gantung

Siapa yang tidak merasa nyaman melihat tanaman hijau dan bunga-bunga cantik yang menenangkan setelah seharian bekerja dan terjebak macet di perjalanan pulang?

Tapi dimana tempat terbaik menaruh tanaman cantik itu? Di meja ruang tamu? Terlalu mainstream. Lagipula siapa yang mau beristirahat di ruang tamu setelah seharian bekerja? Tentu anda ingin bersantai di ruang keluarga, sambal melurukan kaki diatas sofa yang empuk

Partisi Ruangan

Nah, anda dapat meletakkan tanaman hijau itu sebagai tanaman gantung untuk menghiasi partisi ruangan anda. Selain berfungsi sebagai partisi ruangan dan privasi, tanaman hijau juga memberikan kesan segar dan relaksasi bagi anda yang ingin bersantai dengan tenang. Anda dapat menggunakan pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman.

Baca juga: Cara simpel bikin rumah nyaman

Nah bagi anda yang suka beristirahat di halaman belakang rumah sambal menikmati secangkir teh hangat di sore hari, partisi tanaman gantung ini dapat menjadi solusi terbaik bagi anda.

Anda dapat memilih jenis tanaman yang ingin anda gunakan. Apakah tanaman yang berbunga warna-warni untuk memberikan kesan semangat. Atau tanaman yang hanya berwarna hijau untuk memberikan kesan segar dan nyaman. Untuk partisi ruangan yang lebih privat, kamu bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya bisa menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

Gipsum

Gipsum umumnya digunakan untuk membatasi dapur dengan ruang makan. Hal ini karena gipsum memiliki keunggulan dapat meredam suara kebisingan dari kegiatan di dapur, asap, hawa panas, maupun bau kurang sedap dari dapur dibandingkan material lainnya.

Partisi Ruangan

Gipsum juga bisa digunakan sebagai partisi di kamar mandi untuk membatasi wastafel atau area pintu kamar mandi sekaligus meredam suara yang kurang nyaman dari kamar mandi ke ruangan lainnya. Selain itu, material gipsum dapat dikombinasikan dengan glasswool sebagai partisi ruangan yang bertujuan untuk meredam suara dan memberikan privasi dalam rumah, sehingga rumah anda lebih tenang dan nyaman.

Pipa

Anda baru saja membangun rumah dan memiliki banyak pipa bekas? Anda juga punya sisa cat yang tidak terpakai? Jangan buru-buru membuang barang-barang ini. Karena anda bisa menciptakan partisi ruangan indah dan unik dengan bahan-bahan ini. Anda bisa menerapkannya di ruangan rumah anda, partisi di samping washtafel kamar mandi, atau partisi di teras belakang rumah anda

Partisi Ruangan

Partisi Ruangan

Bagaimana caranya? Anda bisa memotong pipa atau paralon tersebut dengan Panjang yang sama, kemudian anda susun dalam suatu bingkai atau frame partisi ruangan yang anda inginkan. Untuk kesan partisi yang rapat, anda dapat menggunakan sisa pipa yang berdiameter kecil. Sedangkan untuk kesan partisi ruangan yang lebih terbuka, anda dapat menggunakan potongan pipa berdiameter besar.
Anda juga dapat berkreasi dengan mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon juga bisa jadi salah satu cara menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Menggunakan pipa bekas sebagai partisi ruangan, selain pembuatannya mudah, menghasilkan ruangan lebih cantik dan estetis, dan tentunya juga tidak memerlukan biaya yang banyak. Tertarik mencobanya?

Perhatikan pencahayaan

Ketika membagi sebuah ruangan besar menjadi beberapa ruangan kecil, hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah pencahayaan.

Jangan sampai ketika membagi satu ruangan besar menjadi tiga ruangan, maka lampu yang digunakan jadi tiga, dan biaya listrik justru membengkak

Partisi Ruangan

Tipsnya adalah, pilih partisi ruangan dengan visibility sedang (50-60%) atau visibility tinggi (diatas 70%). Sehingga anda bisa memanfaatkan satu lampu untuk sekaligus menerangi beberapa ruangan. Ada berapa macam visibility untuk partisi ruangan sih? Anda bisa mengecek terlebih dahulu disini desain pola partisi ruangan

Bagaimana? Jadi lebih bisa menghemat listrik bukan?

Nah, dengan beberapa pertimbangan tersebut, anda sudah siap memesan? Kontak disini jasa membuat partisi laser cutting

Leave a Reply

WhatsApp chat