fbpx
Interior

5 Pilihan Model Railing Tangga Minimalis untuk Mempercantik Rumah

By Oktober 20, 2019 November 14th, 2019 No Comments

Ketersediaan lahan yang makin sempit membuat banyak orang yang beralih pada hunian bertingkat. Salah satu elemen penting dalam rumah bertingkat adalah tangga. Tangga bukan hanya berfungsi sebagai sarana untuk berpindah antara lantai satu ke lantai dua, namun juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik rumah. Tak heran model railing tangga minimalis banyak diminati.

Selain faktor keamanan, Anda juga bisa mendesain railing tangga minimalis menjadi ornamen yang fungsional di dalam rumah. Seperti apa model railing tangga yang menarik, yuk simak rekomendasi kami berikut ini!

1. Raling Tangga Kaca

Salah satu material yang paling identik dengan rumah gaya minimalis adalah kaca. Pada rumah dengan lahan sempit, aksen kaca dapat memberi kesan lapang. Materialnya yang solid dan rapat mengurangi risiko terjatuh namun akses pandangan tetap terjaga.

Baca Juga: 6 Ide Railing Balkon Terbaru untuk Rumah Idaman Anda

railing tangga kaca

railing tangga kaca

Untuk mempercantik bagian railing, pasang bingkai besi supaya makin kokoh dan memudahkan orang untuk menemukan bagian pinggir dari kaca. Gunakan kaca yang tebal supaya tidak mudah pecah. Tampilannya pun menjadi minimalis dan modern sehingga sesuai dengan interior hunian pada umumnya.

2. Tiang Besi sebagai Pengganti Railing Tangga

Model railing tangga tidak selalu berupa pegangan (hand rail) dan tiang (baluster), Anda juga bisa membuat tiang besi berderet sebagai railing tangga minimalis. Dengan menancapkan tiang besi yang tertancap dari anak tangga ke langit-langit, tiang besi bukan hanya berfungsi sebagai pegangan namun juga penyekat atau penghilang ruang di samping anak tangga.

railing tangga besi minimalis

 

railing tangga besi

Model railing tangga ini memang menguatkan kesan minimalis dalam ruangan. Namun yang perlu diperhatikan, railing yang terbuka ini tetap memiliki risiko cedera bagi anak-anak. Hindarkan barang-barang berbahaya di sekitar tangga dan jaga agar anak tangga tetap kering agar tidak licin atau slip.

3. Railing Tangga Kayu

Kayu merupakan salah satu bahan railing tangga minimalis yang banyak diminati. Selain mudah didapat, kayu juga mudah disesuaikan dengan apa pun gaya hunian Anda. Untuk penyuka gaya klasik, Anda bisa menggunakan ukiran kayu sebagai baluster. Semakin unik dan rumit ukiran kayu maka harga produksinya akan semakin mahal, namun dapat meningkatkan harga jual rumah. 

Baca Juga: 5 Model Pagar Batu Alam Cantik Minimalis

tangga kayu ukiran

Sedangkan bagi rumah bergaya minimalis umumnya tidak menggunakan desain yang rumit dan banyak lekukan seperti gambar berikut ini. Untuk tangga kayu, Anda bisa memilih finishing yang mempertahankan warna asli kayu, atau mengecatnya dengan warna yang sesuai gaya ruangan yang dibutuhkan. 

tangga kayu minimalis

 

4. Minimalis Elegan dengan Besi Tempa

Selain kayu, railing tangga yang juga banyak diminati adalah besi tempa. Untuk model railing tangga minimalis, pilih model baluster yang ramping dan tidak banyak lekuk namun tetap elegan seperti berikut ini.

Railing tangga besi bisa Anda padukan dengan kayu atau menggunakan bahan sepenuhnya dari besi. Alternatif lain untuk railing besi, Anda juga bisa menggunakan besi hollow yang didesain sesuai selera.

5. Tali Tambang

Sekilas model railing tangga dari tali terlihat tidak aman, namun sebenarnya jika disimpul dengan tepat, maka tali tambang ini akan menjadi railing yang aman dan unik. Tali tambang dapat dihubungkan secara vertikal, horizontal, maupun disilangkan untuk menambah daya simpul yang kuat.

Railing tali tambang

Anda juga dapat mengubah hand rail tali tambang menjadi pemanis ruangan. Poles tali tambang dengan cat yang sesuai dengan warna ruangan, lalu kaitkan dengan pengait yang ditanam di dinding. Dengan begini, tangga di rumah Anda bukan hanya berfungsi sebagai sarana untuk pindah antar laintai namun juga sebagai sudut yang menjadi pusat perhatian.

Nah, ternyata ada banyak sekali pilihan railing tangga yang bisa Anda pilih, bukan? Jangan takut untuk berkreasi meskipun menggunakan material yang sederhana dan anggaran terbatas. Konsultasikan dengan desainer interior untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

WhatsApp chat