fbpx
Tips dan Trik

Kamar Tidur Basement yang Nyaman: 4 Tips Renovasi untuk Anda

By April 7, 2019 Agustus 14th, 2019 No Comments

Tips renovasi kamar tidur, ubah kamar tidur yang biasa menjadi lebih fresh dan tentunya akan mengubah suasana yang monotan menjadi lebih berwarna.

Di Barat, basemen merupakan bagian rumah yang lumrah ada. Di Indonesia sendiri masih jarang penggunaannya. Di antara beberapa opsi meningkatkan kapasitas huni rumah, para pemilik rumah lebih suka ‘naik,’ membuat tingkat, daripada ‘turun,’ membuat basement. Padahal sah saja membangun basement.

4 Tips Renovasi Kamar Tidur Basement

Baca juga: Ingin Rumah selalu Nyaman? Lakukan 7 Cara Simpel Ini

Suhu basement sangat stabil, tidak terlalu terpengaruh suhu udara luar. Jika Anda suka ketenangan, basement juga sangat cocok. Secara fungsi, basement sangat versatile.

Anda bisa menggunakannya untuk apa saja. Dari sebagai gudang, tempat wine, ruang home entertainment,  hingga sebagai kamar tidur.  

Memiliki kamar tidur basement menganggur di rumah dan dan ingin merenovasinya agar segar dan nyaman? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukannya.

Cat

Jika Anda merasa sesak karena kamar tidur basement Anda terasa sempit, itu mungkin karena warna catnya. Dan saatnya untuk mengecat ulang. Gunakan cat netral dengan shading warna cerah dan finish satin yang agak kemilau akan memantulkan cahaya.

tips renovasi kamar tidur

Cat dinding dan langit-langit yang cerah membuat basement terlihat lapang dan segar

Kamar tidur Anda pun akan tampak lebih besar dan cerah. Sebagai contoh, Anda bisa memilih warna light beige, abu-abu lembut (soft gray), atau putih cerah. Untuk langit-langitnya, cat dengan shading warna yang lebih cerah daripada warna cat dinding. Ini akan membuat langit-langit tampak tinggi.  Basement pun tidak terasa sempit lagi.

Baca juga: Ingin Rumah Cepat Laku? Coba Lakukan 5 Tips Outdoor Home Improvements ini

Tekstur

Setelah cat beres, saatnya Anda memberi ruangan tekstur yang tepat.  Jika Anda jendela, coba berikan windowshading dari material alami. Sehingga bisa menambah elemen natural bagi kamar tidur Anda. tips renovasi kamar tidur

tips renovasi kamar tidur

Headboard kayu membuat ruangan tampak rustik dan hangat

Karena pusat perhatiannya adalah tempat tidur, coba beri pula tekstur yang sedap. Coba berikan headboard kayu yang rustik atau metal hitam yang elegan. Paduan warna antara headboard dengan warna dinding di belakangnya bisa menjadi kontras yang segar.

Untuk tempat tidurnya, coba pilih warna putih, begitu pula dengan bedding-nya. Untuk menyegarkannya, tambahkan bantal warna-warna favorit Anda.

Lampu

Namanya juga basement, kalau kurang cahaya matahari itu wajar. Namun tidak berarti Anda harus membiarkannya gelap dan muram. Untuk membuat ruang tetap cerah dan menyenangkan, posisikan beberapa lampu di tempat yang tepat.

tips renovasi kamar tidur

Penempatan lampu yang tepat akan membuat basement cerah dan nyaman

Bukan hanya di bagian langit-langit, namun tempatkan pula pada dinding dan juga samping kamar tidur. Tambahkan pula lampu recessed untuk ambient light yang manis. Agar kecerahan lampu bisa diatur, tambahkan dimmer. Untuk pojokan yang cerah, coba berikan lampu lantai. tips renovasi kamar tidur

Baca juga: Sekilas Sejarah Teralis sebagai Pelindung Property yang Elegan

Trik selanjutnya, adalah dengan meletakkan cermin pada salah satu dinding kamar. Cahaya yang terpantul darinya akan membuat ruangan semakin terang.

Tambahkan Asesoris

Agar penampilan ruangan semakin asyik, tambahkan asesoris. Ini bisa item-item wall art di dinding atau bisa pula karpet. Ruangan pun akan hangat dan nyaman. Secara visual pun akan tambah ciamik.

tips renovasi kamar tidur

Tambahkan wall art dan asesoris lainnya untuk basement yang semakin hangat dan nyaman

Masih ada sedikit cahaya matahari yang bisa menerobos masuk? Coba tambahkan satu atau dua pot tanaman. Kesan segar dan organik akan langsung masuk kamar.

Selanjutnya, tambahkan kursi multifungsi yang nyaman untuk bersantai. Kalau bisa, pilih yang sekaligus bisa menjadi kabinet bagi item-item pribadi Anda. Sehingga kamar akan selalu tampak bersih dan rapi.

Baca juga: Finishing Metal: Wet Paint Atau Powder Coating?

Leave a Reply

WhatsApp chat