fbpx
Tips dan Trik

Ingin Rumah Modern-Minimalis yang Keren? Anda Perlu Memperhatikan 7 Hal Berikut

By Juli 28, 2019 Agustus 7th, 2019 No Comments

Rumah minimalis-minimalis modern sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, baik kalangan urban atau pun pedesaan. Desainnya yang simpel dan fungsional sangat praktis bisa mewakili selera kontemporer yang selalu ingin praktis dan efisien. Rumah minimalis-modern juga sedap dipandang mata dalam kesederhanaan penampilannya.

Rumah Modern-Minimalis

Rumah modern-minimalis menawarkan hunian yang praktis, efisien, dan estetik.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki sebuah hunian modern-minimalis, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang rumah dengan gaya tersebut.

Apa sih gaya modern-minimalis?

Rumah Modern-Minimalis

Gaya modern mewakili suatu era. Minimalisme adalah jiwa gaya modern, memberinya momen dan jiwa. Gaya modern-minimalis memberi gaya modern kesan kontemporer dan kekinian.

Selama satu dekade terakhir, rumah minimalis menjadi favorit masyarakat global, termasuk masyarakat Indonesia. Mungkin Anda sudah akrab betul dengan gaya rumah minimalis, karena selalu melihatnya (walau tanpa sadar) atau bahkan karena Anda memiliki satu buah rumah minimalis.

Baca juga: 7 Tips memilih warna cat rumah minimalis

Gaya gaya minimalis memang menyenangkan jiwa urban. Anda mendapatkan ruang dengan garis yang simpel dan ruang yang lega. Penampilannya pun lugas dan tidak macam-macam, namun tetap sedap di mata. Seperti, misalnya, rumah-rumah model Jepang klasik atau rumah gaya Skandinavia.

Pada kenyataannya, kedua gaya tersebut sangat kental mempengaruhi gaya minimalis modern, bersama dengan gaya-gaya yang mengusung gaya modern awal abad 20. Gaya minimalis mulai sangat berkembang saat teknologi pembuatan baja dan kaca (dua material utama gaya minimalis) mulai berkembang pesat hingga menekan harga kedua bahan tersebut terjangkau.

Gaya modern sendiri sangat mengedepankan fungsionalitas. Gaya modern tidak bisa dipisahkan dari corak minimalis, karena memang selalu mengedepankan fungsi dasar. Tidak ribet. Kalau saat ini banyak yang bicara tentang gaya modern-minimalis, mungkin ini gimmick saja. Karena gaya modern umumnya sudah minimalis. Lagian gaya modern mewakili sebuah era, sementara minimalisme urusan rasa. Minimalisme memberi rasa dan momen bagi rumah modern Anda. Namun begitu, sah saja jika saat ini ada yang bahwa gaya suatu rumah adalah modern saja, atau modern-minimalis yang lebih terasa kontemporer.

Bagaimana Ciri Desain Rumah modern-minimalis?

Rumah modern minimalis umumnya memiliki ciri khas. Bentuk yang simpel dan fungsional hanya satu sisinya saja, karena da beberapa ciri lain yang tidak kalah karateristiknya seperti berikut:

Eksterior didominasi garis yang tegas dan permukaan rata

Rumah minimalis modern 1

Rumah minimalis-modern memiliki garis yang tegas dan permukaan rata.

Kesan yang mudah ditangkap dari rumah minimalis adalah fasad yang umum didominasi oleh garis-garis struktur bangunan yang tegas dan setiap permukaannya yang rata dan dicat dengan dengan finishing berkilat.

Interior yang terbuka

Bagian dalam rumah modern minimalis umumnya terbuka, open layout. Partisi tetap seperti tembok kamar atau sejenisnya bahkan dihilangkan. Kalau pun ada partisi, biasanya sangat minimalis pula gayanya, bisa berupa partisi removable (bisa dipindah-pindahkan) atau juga bisa partisi fungsional (seperti rak buku, meja dapur, meja makan, dan lainnya).

Interior rumah minimalis memiliki layout terbuka.

Lantai, dinding dan langit-langit yang kalem

Pilihan rantainya beragam, seperti keramik, material laminasi, kayu, beton, atau parquet. Semuanya tampil kalem dan minim pola. Untuk memberi aksen, lantai juga sering diberi karpet. Anda juga bisa memberi jenis lantai beda untuk ruang yang beda.

Rumah Modern-Minimalis

Rumah minimalis menawarkan langit-langit, dinding, dan lantai yang kalem dan tenang.

Dinding rumah minimalis umumnya terbuka, dari bahan semen, beton, batu bata, atau batu alam. Permukaannya bisa dilapis dengan keramik dinding lebar, cat, atau wallpaper. Bagian langit-langit umumnya sangat sederhana desainnya, dengan cat warna kalem dan ringan hingga tidak mendominasi ruangan.

Baca juga: 9 Tips memilih dan memasang wallpaper dinding rumah

Jendela-jendela Gede

Rumah modern minimalis umumnya memiliki jendela berukuran besar. Di Skandinavia yang miskin cahaya matahari, jendela rumah-rumah minimalis Skandinavia juga gede-gede untuk memaksimalkan cahaya alami ke dalam rumah. Di wilayah tropis seperti Indonesia, jendela ini juga membantu memutar sirkulasi udara, sehingga ruangan tetap segar dan sejuk.

Rumah Modern-Minimalis

Jendela-jendela besar membuat rumah minimalis selalu berlimpah cahaya alami.

Penutup jendela rumah modern minimalis pun beda. Anda mungkin tidak menemukan gorden padanya. Sebagai ganti adalah tirai model krepyak atau sejenisnya yang sangat simpel namun juga efektif memberi privasi pemilik rumah. Pemasangannya bisa secara mendatar atau pun secara vertikal.

Pilihan Warna Sederhana

Bagi Anda yang tidak suka warna yang terlalu mencolok mata, cat rumah modern-minimalis menawarkan warna-warna dasar yang kalem. Pilihannya antara 2-4 warna maksimum (itu pun satu atau dua di antaranya sebagai aksen saja). Rumah minimalis mainstream umumnya dicat warna netral macam putih, abu-abu, hitam. Cokelat terkadang muncul bersama unsur kayu. Namun saat ini warna lain yang lebih semarak juga muncul, walau tetap dalam kesan warna yang kalem.

Rumah Modern-Minimalis

Rumah minimalis menawarkan pilihan warna yang sederhana namun menawan

Material Metal dan Kaca

Rumah minimalis juga memiliki ciri penggunaan besi dan kaca yang maksimum. Bukan hanya itu pula, ada pula beberapa material lain yang umum digunakan pada rumah minimalis seperti beton, keramik, batu (alami atau buatan), kayu (solid atau pun olahan), dan juga plastik.

Rumah Modern-Minimalis

Kombinasi metal dan logam lazim pada rumah minimalis

Furnitur dengan bentuk geometrik sederhana

Furnitur rumah modern minimalis juga sangat karakteristik. Anda akan mendapati perabot yang dengan garis-garis yang tegas dan sederhana namun manis. Semua itu dalam proporsi dan warna yang tegas.

Rumah Modern-Minimalis

Rumah minimalis memerlukan furnitur dengan garis-garis yang tegas dan sederhana namun manis.

Hiasan Dinding Minimalis

Anda tidak akan menemukan hiasan dinding ‘berat’ pada dinding rumah minimalis. Dinding umumnya dibiarkan kosong. Kalau pun ada pemanis, Anda akan mendapati satu atau dua lukisan abstrak atau kontemporer.

Rumah Modern-Minimalis

Rak Terbuka juga bisa menjadi aksen pemanis dinding yang menarik bagi rumah minimalis Anda.

Dapur gaya minimalis modern

Selain gaya minimalis, dapur minimalis-modern juga mengedepankan keteraturan dan kebersihan. Tidak seperti dapur Italia atau Indonesia yang sering menampakkan peralatan memasak, dapur minimalis menggunakan lemari dapur atau pun rak tertutup untuk menyimpan peralatan memasak Anda. Hingga dapur tampak sangat rapi. Yang terlihat paling coffee maker, toaster, kulkas, atau oven pemanggang microwave.

Rumah Modern-Minimalis

Dapur minimalis sangat efisien sekaligus hangat dan menawan.

Material dapur minimalis umumnya dari bahan pilihan seperti batu alam, kayu, keramik. Sebagai tambahan, ada pula material besi dan kaca. Jika Anda ingin ‘aman’ dengan warna dapur minimalis Anda, pilih saja warna putih atau warna beige. Campur warna ini dengan warna abu-abu atau coklat biar terasa hangat dan nyaman.

Kamar tidur rumah modern-minimalis

Masuk ke kamar tidur modern-minimalis Anda akan disambut kamar yang terasa lega (betapa pun terbatas ukuran kamar yang ada). Seperti dapur, kamar tidur juga hanya memiliki fitur yang sangat diperlukan saja. Kamar tidur minimalis ideal umumnya memiliki jendela yang memadai, hingga cahaya alami bisa membanjir masuk kamar.

Rumah Modern-Minimalis

Kamar tidur modern-minimalis selalu memberi kesan segar dan resik bagi penghuninya.

Sirkulasi udara juga leluasa berganti, hingga kamar tetap segar dan sejuk. Warna-warna lembut netral abu-abu dan putih, beige atau warna lilac bisa Anda kombinasikan. Namun begitu, variasi warna minimalis lain juga bisa Anda terapkan. Agar lebih lembut dan hangat, tambahkan karpet di lantai.

Kamar anak-anak dalam gaya minimalis

Bagi Anda yang ingin membuat kamar anak-anak, gaya minimalis-modern bisa Anda pilih jika Anda ingin memiliki sebuah kamar anak yang lega dan tidak gampang berantakan. Karena untuk anak-anak, pertama mungkin Anda bisa mengajak anak untuk memilih pilihan warna kamarnya. Pilih warna ceria yang cerah. Anda bisa menggunakan cat atau wallpaper. Selanjutnya Anda bisa mendesain kabinet atau rak dinding untuk menyimpan buku atau pernik-pernik kesukaannya.

Rumah Modern-Minimalis

Beri warna kesukaan putra/putri Anda agar mereka betah di kamar minimalis mereka.

Anda bisa menambahkan tempat penyimpanan di bawah tempat tidur. Untuk dua orang anak, kasur susun juga bisa menjadi alternatif praktis. Semua itu akan menghemat tempat dan bisa memberi ruang lebih bagi putra Anda untuk beraktifitas secara bebas.

Kamar mandi dalam gaya minimalis

Jika Anda menengok kamar mandi minimalis, tidak ada banyak yang Anda lihat di sana. Hanya ada fitur paling mendasar bagi kebutuhan dasar Anda saja yang biasa muncul. Semua bahannya umumnya kelas nomor satu, dengan layout yang simpel namun sangat efektif.

Rumah Modern-Minimalis

Kamar mandi minimalis hanya memberi semua fitur dasar, namun dengan kualitas dan penataan yang sempurna.

Warna kamar mandi minimalis biasanya warna netral, dan biasanya pula tidak menggunakan lebih dari dua warna dasar. Kamar mandi minimalis tidak banyak memiliki asesoris. Sebuah cermin dan rak handuk metal umumnya sudah cukup. Pencahayaan kamar mandi juga sangat diperhatikan dengan penambahan cahaya ambient selain pencahayaan utama.

Ruang keluarga modern-minimalis

Ruang keluarga merupakan pusat aktivitas seluruh keluarga. Untuk itu, Anda pasti mengharapkan sebuah ruang yang nyaman untuk segala aktivitas. Ruang keluarga minimalis (juga ruang tamu minimalis) akan selalu membawa suasana nyaman dan santai, penuh dengan energi positif.

Rumah Modern-Minimalis

Ruang keluarga minimalis memberi Anda ruang untuk bersantai yang nyaman sekaligus melegakan pandangan mata.

Sebagai tambahan warna-warna netral yang kalem dan tenang, Anda bisa memberinya aksen warna segar seperti hijau, oranye, atau bahkan merah. Seperti kamar tidur, ruang keluarga minimalis ideal akan memiliki jendela-jendela yang besar agar cahaya matahari masuk maksimum. Pilih furnitur dengan gaya sederhana namun padu dengan ruangan Anda.
Demikian, dengan artikel kecil ini semoga Anda telah bisa mendapatkan gambaran awal tentang rumah modern-minimalis yang Anda idamkan. Jika pun Anda masih memiliki pertanyaan untuk satu atau beberapa sisinya, kami siap membantu Anda. Sukses selalu untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat