fbpx
EksteriorOutdoor

Sekilas Sejarah Teralis sebagai Pelindung Property yang Elegan

By Maret 30, 2019 One Comment

Dalam bahasa Inggris, teralis adalah trellis. Namun istilah trellis memiliki banyak makna, namun umumnya menyangkut struktur outdoor.   Anda akan mendapati teralis sebagai penyangga tanaman rambat, aksen dinding, atau  penghias patio.

Hingga kemudian Anda juga mengenal teralis sebagai salah satu arsenal berharga untuk melindungi rumah, teralis jendela.

Baca juga: Finishing Metal: Wet Paint Atau Powder Coating?

Sebagai teralis jendela, struktur ini telah dikenal lama. Bangsa Mesir, Persia, Romawi, Tiongkok, hingga bangsa Skotlandia Pertengahan telah menggunakannya. Sebagai struktur modern, teralis jendela praktis baru berkembang dalam 4 abad belakangan ini.

Pada Awalnya: Teralis Sebagai Bagian Garden Landscaping

Teralis sendiri berasal dari kata Latin lat Trichila, artinya adalah penyangga tanaman. Oleh karena itu, teralis bukanlah barang baru. Sudah ada sejak jaman Romawi kuno. Pada masa Renaissance (sekitar abad 15-16), teralis digunakan sebagai penghias taman, untuk memisahkan semak-semak pinggir teman dengan jalan setapak yang membelahnya.

Sejarah Teralis sebagai Pelindung Property
Sejarah Teralis sebagai Pelindung Property

Di Prancis, bahkan masa itu ada spesialis pembuat teralis taman. Nama profesi ini adalah treillageur. Pada masa ini, sekitar 1750-an, seni membuat teralis mulai menggeliat. Sehingga Anda akan mendapati berbagai variasi teralis, selain sebagai pembatas jalan taman.

Baca juga: 5 Jenis Material yang Paling Cocok untuk Kegunaan Luar Ruang

Teralis bisa dibentuk menjadi penyangga tanaman, portico, galeri, dan lainnya. Bahkan, karena bentuknya yang terbuka dan tidak mengganggu pemandangan, perlahan teralis mulai masuk menjadi bagian dari jendela.  

Booming Kaum Menengah: Kemunculan Teralis Jendela era Modern

Satu dari efek booming ekonomi masa Revolusi Industri abad 18-19 adalah munculnya kelas menengah. Untuk kali pertamanya dalam sejarah, dunia menyaksikan kemunculan generasi bukan bangsawan atau saudagar, namun sangat mapan dan memiliki selera yang sangat sophisticated, termasuk dalam urusan hunian dan property.

Hunian-hunian urban bermunculan, lengkap dengan fitur baru yang sedang populer dan bisa menambah gengsi: jendela kaca. Maka kemudian Anda menyaksikan berbagai desain rumah klasik Victorian dengan jendela-jendela kaca besar yang stylish dan Anggun.

Kemunculan Teralis Jendela era Modern
Kemunculan Teralis Jendela era Modern

Orang yang mengambil kesempatan dari kepopuleran jendela kaca ini adalah John Wesley Harbert. Orang ini sangat care dengan keamanan dari setiap rumah yang berjendela masa itu. Indah namun rapuh. Maka pada 1886 dia membuat paten untuk temuannya, teralis anti maling.

Baca juga: 3 Cara Efektif yang Harus Anda Ketahui untuk Menghambat Perkembangan Jamur di Kamar Mandi

John Wesley juga orang yang artistik, maka bersama temuannya tersebut juga desain-desain teralis besi tempa yang ikonik dan klasik. Teralis John Wesley Harbert kemudian dikenal bukan hanya melindungi rumah dari maling saja, namun juga dikenal memperindah jendela.

Teralis Jendela Modern

Pada saat ini Anda bisa mendapati teralis jendela dengan berbagai style, menyesuaikan dengan gaya hunian yang Anda tempati. Fungsinya juga masih sama tentu saja, untuk melindungi rumah Anda dari ancaman keamanan dan juga untuk memperindahnya.   

Teralis Jendela Modern
Teralis Jendela Modern

Bahannya teralis modern pun beragam, tidak melulu dari besi tempa seperti pada masa Victoria. Anda juga bisa mendapatkan teralis dari baja, seperti yang pernah populer dari awal abad 20 hingga 1970-an. Ada pula teralis aluminium, kuningan, hingga yang paling mutakhir dan populer, teralis laser cut.

Pendeknya, mungkin Anda saat ini berada pada era puncak perkembangan teralis, dari sekian panjang masa perkembangannya.

Baca juga: 5 Partisi Ruangan Cantik dengan Material Terkini yang Unik

Join the discussion One Comment

Leave a Reply

WhatsApp chat