fbpx
Eksterior

Saatnya Beralih ke Folding Door, Pintu Lipat Besi Terbaik Untuk Garasi

By Agustus 23, 2019 No Comments

Kenapa pintu lipat besi penting sebagai pilihan di garasi anda?

Jika anda sudah mendesain interior sebaik mungkin, memasang pagar besi yang kuat dan aman, apakah sudah cukup? Belum. Anda tidak mau kan tidur malam tidak nyenyak karena garasi tempat anda menyimpan mobil, motor, dan sepeda mudah dibobol maling?

Pintu Lipat Besi

Rumah yang nyaman bukan hanya desainnya bagus dan indah, namun juga aman. Umumnya orang tidak lagi membuat garasi, karena menganggap memarkir kendaraan diluar rumah dan hanya dilindungi pintu pagar saja sudah cukup. Padahal garasi sangat berperan penting untuk melindungi kendaraan anda. Selain itu, kendaraan anda akan lebih awet jika disimpan di dalam garasi dibandingkan diparkir diluar ruangan. Alasan lainnya, penempatan mobil di garasi membantu gerak anda lebih leluasa dan menjadi teras depan rumah anda lebih luas dan ergonomis. Sehingga aktivitas anda di teras rumah tidak terhambat.

Bagi anda yang mendesain rumah dengan konsep minimalis, maka yang perlu diperhatikan adalah ukuran garasi. Umumnya, pada rumah dengan konsep minimalis, ukuran garasi tidak terlalu besar. Apalagi jika luas tanah dan bangunan di rumah anda tidak terlalu besar. Anda perlu menyiasati dengan membuat model pintu garasi yang hemat tempat, ergonomis, dan sesuai dengan ukuran kendaraan yang anda punya.

Baca juga: 10++ Tips Agar Halaman Belakang Tidak Membosankan

Saat membuat pintu garasi, hal yang perlu anda pertimbangkan adalah ukuran pintu dan material yang digunakan. Pintu garasi mobil minimalis umumnya memiliki ketinggian sekitar 220 cm atau dapat diatur tergantung dengan ukuran mobil yang anda miliki. Material yang digunakan untuk pintu garasi bermacam-macam yaitu besi, aluminium atau kayu.

Berapa Harga Pintu Garasi?

Sebelum menentukan jenis pintu garasi yang anda pilih, maka inilah saatnya mencari tahu berapa harga masing-masing pintu garasi tersebut. Ini adalah daftar harga pintu garasi per meter.

1. Pintu garasi besi = Rp 3.000.000,-/meter
2. Pintu garasi besi sliding (sliding door) = Rp 3.500.000,-/meter
3. Pintu garasi besi lipat (folding door) = Rp 3.000.000,-/meter
4. Pintu garasi minimalis = Rp 2.500.000,-/meter
5. Pintu garasi kayu = Rp 2.000.000,-/meter
6. Pintu garasi kayu lipat = Rp 2.500.000,-/meter

Pintu Lipat Besi

Harga ini bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung pada harga bahan dan vendor yang anda pilih untuk membuatkan pintu garasi. Nah dari daftar harga tersebut, pintu garasi kayu harganya memang paling murah. Namun saat ini pintu garasi kayu mulai ditinggalkan dan orang-orang mulai beralih ke pintu garasi besi baik sliding door maupun folding door. Untuk info lebih lanjut harga pintu lipat besi anda dapat menanyakan langsung ke vendornya yaitu 22Laser.

Mengapa Menggunakan Material Besi?

Nah, mungkin anda masih bertanya-tanya. Mengapa tidak menggunakan material kayu saja yang lebih murah? Selain karena pintu garasi kayu sudah ketinggalan jaman, pintu kayu juga mudah rusak akibat lapuk dan hujan. Namun, jangan khawatir! Ini solusi material yang dapat anda gunakan.

Jika anda menginginkan pintu garasi yang awet dan tidak mudah rusak, pilihlah material besi. Mengapa? Besi tidak mudah lapuk. Dibandingkan dengan kayu yang rentan dimakan rayap, besi jauh lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama. Jika garasi rumah anda berada di bawah tanah, pemilihan material besi merupakan solusi terbaik dibandingkan material kayu. Hal ini karena material besi lebih tahan air dibanding kayu. Jadi bukan masalah jika sering terkena cipratan air hujan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan.

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Rumah Minimalis

Sliding Door vs Folding Door

Pintu garasi besi terbagi menjadi dua model, yaitu tipe sliding door dan tipe folding door. Apa bedanya? Bagaimana masing-masing keunggulannya? Mana yang lebih bagus?

Sliding Door (Pintu Geser Besi)

Pintu Lipat Besi

Sliding door adalah pintu garasi yang cara membukanya yaitu dengan cara digeser. Sliding door juga dikenal sebagai model pintu tikung, karena cara membukanya yaitu dengan mendorong pintu hingga menyerupai huruf L. Model sliding door memiliki keunggulan karena tidak menghabiskan tempat di bagian depan pintu garasi saat dibuka. Sehingga model pintu ini cocok digunakan di garasi mobil.

Folding Door (Pintu Lipat Besi)

Pintu Lipat Besi

Pintu Lipat Besi

Folding door atau pintu lipat merupakan pintu garasi yang saat dibuka maka akan menumpuk di bagian samping tembok. Model ini efisien diaplikasikan di garasi mobil rumah anda, sebab tidak akan menganggu barang yang anda letakkan di sisi kanan-kiri garasi. Jika anda memiliki mobil, sepeda motor, sekaligus sepeda. Model folding door ini bisa menjadi solusi. Karena ruangan di dalam garasi tidak habis digunakan untuk rel pintu. Ruang untuk rel pintu yang umumnya dibutuhkan pada model pintu sliding door, dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang lainnya.

Baca juga: Inspirasi Kamar Anak Perempuan Dari Gaya Retro Hingga Kontemporer

Komponen Pintu Garasi

Pintu Lipat Besi

Jika anda sudah memutuskan membeli pintu besi, baik folding door maupun sliding door, jangan lupa untuk memastikan fasilitas apa saja yang anda dapatkan selain pintu. Beberapa komponen pintu garasi yang perlu anda tanyakan ke vendor, yaitu:
1. Rel Atas
2. Rel Bawah
3. Rel Tikung
4. Roda Atas Tengah
5. Roda Bawah Tengah
6. Engsel Tengah
7. Engsel kupu-kupu
8. Roda Atas Pinggir
9. Roda Bawah Pinggir
10. Bracket
11. Gerendel atas dan Bawah
12. Handle NCB ataupun handle asbak
13. Kunci
14. Baut Bracket

Pastikan mendapat informasi sejelas-jelasnya mengenai desain, material yang digunakan, hingga fasilitas yang anda dapatkan. Selain itu, jika anda tidak mau repot memasang pintu garasi sendiri, sebaiknya mintalah sekaligus jasa pemasangannya ke vendor tempat anda membeli pintu garasi.

Leave a Reply

WhatsApp chat