Partisi Ruangan

Pahami Tahapan Membuat Partisi Ruangan Berdasarkan Jenisnya

By Agustus 18, 2020Agustus 19th, 2020No Comments

Apakah anda berniat ingin membuat partisi ruangan?

tahapan membuat partisi ruangan lipatIngin memahami tahapan pembuatan partisi serta jenis partisi ruangan?

Pemahaman yang anda dapatkan nantinya akan sangat membantu anda untuk membuat dan memilih partisi ruangan yang akan membuat desain interior rumah tampil lebih menarik dan juga membuat suasana ruangan lebih nyaman.

Jenis-jenis Partisi Ruangan

Umumnya partisi ruangan terbagi menjadi 3 jenis partisi dengan masing-masing fungsi yang berbeda sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan desain interior serta konsep ruangan yang diinginkan.

Partisi masif

Partisi masif didesain khusus untuk mereka yang menginginkan ruangan yang lebih privasi sehingga tidak terganggu oleh orang lain.

tahapan membuat partisi ruangan kantorMaka dari itu partisi masif memiliki tampilan yang tidak tembus pandang dan menggunakan bahan yang solid sehingga bagian dalam ruangan partisi masif tidak akan terlihat oleh orang lain.

Biasanya ruangan yang menggunakan partisi masif seperti ruang kerja, ruang keluarga, ataupun ruang meeting.

Partisi semi transparan

Cara membuat partisi ruangan semi transparan yaitu menggunakan campuran bahan solid dan transparan.

tahapan membuat partisi ruangan semi transparantJadi partisi semi transparan bisa dilihat oleh orang lain hanya saja tidak terlalu jelas dan hanya melihat siluetnya saja sehingga masih bisa digunakan untuk menjaga privasi seseorang namun tetap dapat memberikan pencahayaan yang baik misalnya seperti kaca buram.

Partisi transparan

Sedangkan partisi ruangan yaitu partisi yang transparan sehingga orang lain bisa melihat ke bagian dalam ruangan.

tahapan membuat partisi ruangan transparantPartisi ini dapat memberikan pencahayaan yang baik misalnya seperti partisi kaca yang sering digunakan pada kamar mandi, ruang tamu, ataupun ruang makan agar tidak membuat ruangan terlihat sempit.

Cara Mudah Membuat Partisi Ruangan di Rumah

Cara membuat partisi ruangan sendiri haruslah dilakukan secara cermat agar tidak salah memilih sekat ruangan dan dapat memaksimalkan fungsinya sebagai pembatas ruangan serta meningkatkan desain interior menjadi lebih menarik.

Sisi visual rumah juga akan lebih menonjol dengan pemilihan partisi ruangan yang tepat.

Berdasarkan jenis partisi ruangan, terdapat beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat partisi ruangan :

Menyiapkan budget

Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan budget terlebih dahulu sebelum membuat partisi ruangan.

Sesuaikan dengan dana yang ada dan jangan memaksakan diri untuk membuat partisi yang mahal.

Setiap jenis partisi ruangan memiliki harga yang berbeda-beda namun umumnya harga tersebut berdasarkan pada jenis bahan yang digunakan, ukuran partisi, serta desainnya.

Cari referensi desain partisi

Anda juga harus mencari referensi desain partisi sebanyak-banyaknya untuk menentukan jenis partisi mana yang cocok untuk ruangan anda dan bisa memilih membuat partisi ruangan murah sesuai desainnya.

Misalnya mencari referensi desain partisi ruang tamu manakah jenis partisi yang sering digunakan dan cocok untuk digunakan pada ruang tamu.

Desainnya juga dapat ditentukan dengan konsep ruangan yang diinginkan.

Mempertimbangkan model connecting door

Apabila rumah memiliki ruangan yang cukup luas, bisa menggunakan partisi dengan model connecting door agar tamu dan keluarga yang datang bisa beraktivitas dengan lebih leluasa.

Jenis partisi ini tidak akan membuat ruangan terlihat sempit.

Pahami Tahapan Membuat Partisi Ruangan Berdasarkan Jenisnya 1Partisi ini termasuk jenis partisi transparan karena menggunakan kaca.

Desainnya yang dapat dibuka sepenuhnya dapat menggabungkan dua atau lebih ruangan menjadi lebih besar dan ditutup kembali apabila tidak digunakan.

Membuat furniture built in

Cara membuat partisi ruangan sederhana yaitu dengan memanfaatkan furniture built in.

Partisi ini merupakan partisi masif dengan memanfaatkan furniture seperti lemari atau rak yang dijadikan sebagai partisi.

Partisi ini sering diletakkan pada ruang tamu atau ruang keluarga sehingga bisa diletakkan barang-barang pajangan atau hiasan sehingga ruangan akan tampak lebih rapi.

Mengenal bahan partisi ruangan

Setiap jenis partisi ruangan menggunakan bahan-bahan yang berbeda.

Jenis partisi masif biasanya menggunakan bahan kayu dan juga digunakan untuk membuat partisi ruangan dari furniture.

Partisi dari bahan kaca termasuk jenis partisi semi transparant dan transparant termasuk jenis kaca yang digunakan.

Partisi dari fiber juga menjadi pilihan yang tepat sebagai partisi pintu lipat dengan banyaknya pilihan motif dan warna menarik sehingga akan membuat ruangan terlihat lebih indah.

Bambu juga dapat digunakan untuk membuat partisi ruangan yang unik dan membuat ruangan terkesan naturan dan termasuk jenis partisi semi-transparant karena tidak ditutupi secara keseluruhan.

Leave a Reply