fbpx
Eksterior

Halaman Belakang Membosankan? Berikut 10++ Tips Sederhana Membuat Taman Belakang Rumah Selalu Mengesankan

By Agustus 15, 2019 No Comments

Taman Belakang Rumah, Seperti pojok ruangan atau loteng, kebun belakang akan muram dan kotor jika tidak Anda perhatikan. Kalau Anda merasa kebun belakang tidak terawat dan berpotensi menjadi tempat bermain kuntilanak dan temannya, maka segera ubah kebun belakang menjadi taman yang sedap untuk keluarga dan para sahabat.

Taman Belakang RumahTidak perlu bingung untuk memulainya. Anda bisa membuat kebun belakang menjadi sebuah taman belakang rumah yang manis dengan beberapa tips gardening berikut ini.

Persiapan Membuat Taman Belakang Rumah

Sebelum masuk pada tip-tip keren membuat taman belakang rumah tampak selalu mengesankan, ada baiknya jika Anda mempersiapkannya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Persiapan Membuat Taman Belakang RumahUkur Lahan

Di sini Anda tidak hanya mengukur lahan secara fisik. Namun juga mempertimbangkan berbagai faktor lahan lain seperti iklim, paparan sinar matahari, atau jenis tanah. Semua itu menentukan jenis tanaman atau bunga yang cocok untuk lahan Anda. Anda juga perlu menimbang objek-objek tertentu yang ingin Anda samarkan, karena mungkin dianggap mengganggu pemandangan (tembok, pagar, sumur, atau lainnya).

Pikirkan Pengairannya

Ukur lahan sudah, sekarang saatnya memikirkan pengairan tanaman di taman belakang rumah Anda. Jangan sampai taman telah jadi, ternyata kran untuk selang pengairan Anda malah ada di depan rumah, atau malah belum ada. Baca juga : inspirasi berbagai model pintu rumah

Pertimbangkan Tujuan anda Membuat Taman

Nah, tujuan Anda membangun taman harus Anda pertimbangan pula. Mungkin Anda ingin membuat taman sebagai taman, murni untuk menyegarkan mata dan membuat betah di rumah. Mungkin pula Anda malah ingin membuat taman Anda sekaligus sebagai taman herba atau sayur. So, pertimbangan tujuan Anda membangun taman.

Gunakan Perspektif

Jika Anda ingat pelajaran menggambar, ada istilah perspektif. Istilah ini merujuk pada kesan yang didapat mata saat melihat sesuatu (jalan lurus atau rel tampak menyatu di kejauhan misalnya) Gunakan konsep ini saat membuat taman.
Sebagai contoh, posisikan bunga atau tanaman berdaun lebih kecil pada posisi yang lebih jauh. Begitu pula dengan tanaman yang memiliki warna lebih pudar. Sementara itu posisikan tanaman atau objek lebih cerah pada posisi Anda akan sering memandangnya.

Samarkan Batas Taman

Pagar rumah bisa menjadi pengganggu pemandangan bagi taman Anda, terutama jika lahan belakang rumah Anda sempit. Pagar atau batas rumah apa pun bisa memberi kesan lahan Anda tampak semakin sempit. Oleh karena itu samarkan bagian batas rumah tersebut. Anda bisa menggunakan tanaman untuk menutupinya.

Beri Ruang pada Taman Anda

Ruang itu bisa berupa jalan setapak, hamparan rumput, alur kerikil, yang memisahkan atau mengarah dari satu bagian taman ke bagian lainnya. Utamanya jika lahan Anda mencukupi. Semua itu akan membuat taman Anda tampak lebih natural dan berkarakter.

Taman Vertikal

Jika lahan tidak mencukupi untuk taman konvensional, Anda bisa membuat taman vertikal seperti yang saat ini sedang populer. Taman vertikal, seperti namanya, membuat Anda menanam ke arah atas dengan bantuan pot-pot yang dipasang pada tralis khusus atau sejenisnya.

Jangan Lupa Focal Point

Untuk memberi karakter, beri taman Anda titik pandang atau focal point. Anda bisa memberinya, sebagai contoh, air mancur, kolam ikan, bangku taman, tanaman kesayangan, dan sebagainya.

Simpan Peralatan Kebun di Tempat Khusus

Setelah taman jadi dan indah, Anda perlu memikirkan tempat bagi segala peralatan kebun. Jangan sampai alat-alat tersebut malah menjadi faktor yang membuat taman berantakan karena tidak disimpan semestinya.

10++ Tips Membuat Taman belakang Rumah menjadi Indah

Taman belakang rumah yang sedap dipandang tentu membanggakan. Namun bagaimana cara membuatnya selalu keren? Berikut ini adalah 15 tips simpel membuat taman Anda semakin cantik dan mengesankan.

Tambahkan Gazebo

Taman Belakang Rumah Tambahkan GazeboBersantai di taman belakang pasti akan semakin nyaman jika ada tempat khusus untuk itu, sebuah gazebo. Sesuaikan tema gazebo Anda dengan taman yang ada. Mungkin taman Anda bertipe menimialis? Maka gazebo minimalis akan cocok. Begitu pula gazebo klasik akan cantik untuk taman klasik. Begitu seterusnya.
Sebagai alternatif gazebo, Anda juga bisa membangun patio. Fitur ini bisa dikatakan sebagai perpanjangan dari teras belaang rumah yang menjorok ke taman. Pilih yang mana?

Dinding berjenjang dari batu alam

Taman Belakang Rumah Dinding berjenjang dari batu alamPunya onggokan batu sisa bangunan di belakang rumah yang tidak terpakai? Mungkin Anda bisa merancang taman belakang rumah dengan berbasis batuan ini. Anda bisa menatanya sebagai dinding taman berjenjang.
Dinding-dinding ini akan berfungsi sebagai zona tanam berjenjang yang mungkin mengingatkan Anda sistem tanam terasering yang akan tampak sedap dari berbagai sudut. Anda bisa menggunakan berbagai jenis batu beraneka warna dan ukuran agar taman semakin semarak.

Tambahkan boks-boks tanam

Taman Belakang Rumah Tambahkan boks-boks tanamUntuk lahan yang terbatas, boks tanam bisa memberi kesan manis dan terfokus pada taman. Anda juga memberi kesan bersih dan rapi pada taman. Pilih bunga yang cocok untuk di taman di boks-boks tersebut.

Anda bahkan bisa menanam tanaman herba atau sayuran di dalamnya sebagai selingan. Jika Anda suka gaya minimalis, taman dengan boks-boks tanam ini bisa menjadi pilihan tepat.

Pergola sebagai gerbang taman

Taman Belakang Rumah Pergola sebagai gerbang tamanSensasi kesegaran dan keindahan sebuah taman tentu saja harus dirasakan sejak dari jalan masuknya. Oleh karena itu, tambahkan pergola sebagai gapura pembuka ke taman kebun belakang rumah Anda.

Tidak perlu dengan kayu solid yang mahal, Anda bisa membuat pergola dari tralis kayu sederhana. Atau bahkan bisa membuatnya secara alami dengan menganyam tanaman sulur, mawar, atau lainnya.

Lahan Bunga dengan Pola Tertentu

Taman Belakang Rumah Lahan Bunga dengan Pola TertentuMelihat kebun penuh bunga warna-warni tentu saja membuat hati senang dan mata bahagia. Namun jika Anda ingin taman belakang rumah semakin wow, mungkin Anda perlu menerapkan tips ini: mengatur semua bunga itu kembali ke dalam pola tertentu yang rapi.
Gambar di atas adalah contoh jadinya. Setiap bunga telah terpola secara rapi membentuk kesatuan yang unik dan segar. Yang perlu Anda lakukan adalah bereksperimen dengan pola warna atau membuat paduan dari berbagai bunga yang berbeda.

Tambahkan Jalan Setapak dari Batu Bata dengan Bebungaan di Pinggirannya

Tambahkan Jalan Setapak dari Batu Bata dengan Bebungaan di PinggirannyaUntuk kesan romantis, tambahkan jalan setapak pada taman Anda. Lapisi jalan tersebut dengan batu bata. Tidak perlu penuh, namun bisa Anda kombinasikan dengan batu kerikil atau koral. Agar semakin romantis dan segar, tanam bunga di kedua sisinya.
Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengganti batu bata dengan berbagai material lain seperti batu alam, beton, kerikil, kayu, atau berbagai material tahan cuaca lainnya. hasilnya tentu saja menghasilkan kesan yang berbeda-beda.

Taman di dalam Boks untuk Lahan Terbatas

Taman Belakang Rumah Taman di dalam Boks untuk Lahan TerbatasMembuat taman di lahan terbatas seperti di apartemen akan memberi tantangan lebih. Namun begitu, Anda tetap tetap bisa membuat taman manis dengan bantuan planter boxes atau boks tanam.
Anda bisa menanam tumbuhan atau bunga kesayangan di dalam boks-boks tanam. Anda tidak perlu khawatir hasil tanaman akan berantakan, karena kotak-otak tersebut akan mengendalikannya. Hasilnya adalah balkon, rooftop, atau taman belakang rumah yang rapi dan cantik.

Pergola dengan Bunga

Taman Belakang Rumah Pergola dengan BungaJika dana mencukupi, tambahkan pergola di taman Anda. Kali ini bukan sebagai gerbang, namun sebagai salah satu aksen taman. Tambahkan pula tanaman sulur atau pot gantung padanya, sehingga selain memiliki pergola Anda juga akan mendapat taman vertikal yang keren.
Tambahkan sebuah bangku taman di bawahnya (atau bahkan satu set perangkat meja dan kursi outdoor) di bawahnya, maka taman Anda akan menjadi tempat bersantai favorit.

Kolam

Jika air banyak terdapat di wilayah Anda, tentu saja akan sangat sedap jika Anda menambahkan elemen air pada taman belakang rumah. Sebuah kolam kecil bening akan membuat taman semakin segar.Taman Belakang Rumah KolamAda ikan atau tidak, bukan menjadi masalah. Namun begitu, Anda disarankan untuk selalu menjaga kualitas air kolam. Sehingga kolam selalu jernih dan tidak keruh. Duduk di bawah pergola sambil menatap jernihnya air kolam tentu sangat menenangkan.

Jalan Setapak dari Batu Alam

Ingin sentuhan klasik dan natural pada taman belakang rumah? Tambahkan jalan berbatu di antaranya. Anda bisa membuatnya sebagai jalur fungsional, atau juga sebagai dekorasi semata-mata.Taman Belakang Rumah Jalan Setapak dari Batu AlamPilihan batuannya beragam, tergantung pada selera Anda. Begitu pula dengan tekstur, warna, dan cara penataannya. Anda bisa memadukannya dengan rumput, koral, atau tatanan batuan sepenuhnya.

Pembatas Area Taman Dari Batuan

Anda juga bisa membuat taman belakang rumah semakin mengesankan dengan memberi batas natural antar zona taman. Tidak perlu ribet mencarinya, Anda cukup menggunakan koral atau berbagai batuan lain yang penuh warna sebagai pembatasnya.Taman Belakang Rumah Pembatas Area Taman Dari BatuanPada contoh di atas, batuan digunakan sebagai pembatas antara zona rumput dengan zona tanaman. Anda bisa lihat, transisi yang terjadi antara kedua zona menjadi tampak lebih lembut, natural, dan enak dipandang.

Patung Taman

Jika Anda suka, patung taman juga bisa menjadi ide bagus untuk memperindah taman belakang rumah Anda. Dalam sejarah, patung telah lama sekali menjadi bagian dari objek penghias taman. Dan merupakan salah satu cara untuk membuat taman tampak elegan dan klasik.Taman Belakang Rumah Patung TamanSebagai alternatif patung, Anda juga bisa menggunakan ornamen taman lain seperti lentera batu, pot bunga besar dari batu, pahatan kontemporer, dan lain sebagainya –menyesuaikan dengan selera dan konsep taman Anda.

Bangku Merah

Jika taman belakang rumah dirasa kurang menonjok, itu mungkin karena kurang warna yang kontras. Oleh karena itu Anda bisa menambahkan kontras untuk menyegarkannya. Sebuah bangku merah bisa Anda gunakan untuk menyiasatinya.Taman Belakang Rumah Bangku MerahAgar semakin indah, Anda bisa menambahkan geranium di sebelahnya. Sebagai catatan, Anda juga bisa bereksperimen dengan warna cerah lain. Intinya adalah memberi aksen warna kuat pada taman namun tidak berlebihan.

Ada banyak cara lagi untuk membuat taman belakang rumah Anda semakin mengesankan. Di sini kami berusaha untuk menawarkan beberapa tips paling simpel, tanpa harus mengubah taman yang telah Anda. Jika pun Anda sedang ingin memiliki taman belakang rumah, semoga tips dalam artikel ini bisa membantu. Selanjutnya, sukses selalu untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat