fbpx
Eksterior

Ingin Membuat Taman Sendiri? Berikut 10 Inspirasi Taman Rumah Minimalis untuk Anda

By Agustus 20, 2019 No Comments

Taman rumah minimalis, Rumah tanpa taman seperti jiwa tanpa hati, bisa saja cantik namun kering. taman bukan hanya membuat rumah tampak cakep, namun juga bisa menambah karakternya. Bagi Anda yang suka bermain properti, selain fasad, taman juga bisa menambah curb value-nya, nilainya berdasarkan pandangan pertama. Oleh karena itu, terutama untuk hunian urban, taman merupakan fitur rumah yang tidak terpisahkan.

Taman rumah minimalis
Jika Anda sedang mencari taman untuk hunian minimalis kesayangan, berikut ini adalah beberapa inspirasi taman minimalis cantik plus tips-tips-nya untuk Anda.

Bagaimana Membuat Taman Minimalis?

Jika Anda sedang memiliki waktu luang, membuat taman minimalis bukan hal yang sulit yang hanya bisa dilakukan oleh pembuat lanskap atau juru taman. Anda sendiri bisa membuatnya. Berikut ini adalah langkah-langkah dasar yang bisa Anda lakukan.

Taman rumah minimalisPersiapan

Proses ini meliputi penyiapan lahan hingga siap Anda bentuk menjadi fondasi taman. Dalam hal ini Anda perlu membersihkan area lahan. Sementara itu, Anda juga perlu membuat gambar taman minimalis yang Anda inginkan .
Pada taman minimalis, sebagai basis, Anda bisa menggunakan teknik hardscaping. Teknik ini cocok benar untuk gaya minimalis. Intinya, Anda mengganti lahan tanaman dengan benda alami keras macam kerikil, batuan, batu bata, atau bahan paving alam lainnya. Baca: 15+ Desain Kolam Ikan Paling Trend 2019

Sebagai gandengan dari hardscaping, Anda perlu juga memakai pendekatan xeriscaping. Istilah terakhir ini adalah proses pembuatan taman dengan tanaman minim perawatan, atau menggunakan tanaman-tanaman lokal yang gampang perawatannya atau bahkan bebas perawatan. Kedua teknik taman tersebut sangat lazim digunakan pada pembuatan taman modern.

Pertimbangkan Privasi

Betapa minimalis-nya taman Anda, tetap ciptakan kesan privat pada taman Anda. Anda bisa merancang pagar pembatas minimalis yang privat, namun tetap juga harus cantik.

Pilihan untuk pagar beragam. Namun pada dasarnya Anda bisa memilih pagar hidup atau pagar mati. Pagar hidup bisa berupa tanaman. Pilihannya juga banyak, seperti tandu rusa, pakis (sedang tren jika Anda suka taman vertikal), bunga soka, teh-tehan, bambu, hingga kaktus. Sementara pagar mati bisa berupa tembok beton, papan, gabion (tatanan batu di dalam bronjong kawat), atau kombinasi semua itu.

Tentukan peruntukan ruang

Selanjutnya Anda menentukan peruntukan ruang pada taman. Agar tidak monoton, bagi taman dalam beberapa bagian peruntukan. Jika luas lahan memungkinkan, Anda bisa membuat batas di antara setiap bagian dengan rumput, jalan setapak (dari batu alam, paving, kerikil, atau lainnya).

Bagian-bagian tersebut bisa Anda isi dengan berbagai tanaman berbeda. Pada satu bagian, Anda mungkin bisa menanamnya dengan bunga-bunga. Sementara pada bagian lain bisa Anda tanami sayuran. Di bagian lain lagi ada pohon yang bisa menjadi titik perhatian. Anda juga bisa menambahkan bangku taman, patung (jika suka), kolam, atau lampu taman.

Jangan lupa bahwa konsep taman Anda adalah taman minimalis

Karena terlalu asyik, mungkin Anda menjadi lupa bahwa taman yang Anda kerjakan adalah taman minimalis. Hingga kemudian taman yang Anda garap malah menjadi taman reguler.

Untuk menyiasatinya, Anda harus perlu selalu ingat prinsip dasar minimalisme. Yaitu bahwa Anda hanya perlu memasukkan unsur-unsur esensial pada taman Anda. Cara gampangnya, Anda buat dulu latar belakangnya dengan tanaman atau benda mati yang dominasi warna netral. Selanjutnya Anda bisa menambahkan aksen warna padanya, misalnya dengan menanam bunga dengan warna cerah atau memberinya aksen batuan dengan warna beda. Pada intinya, taman minimalis yang Anda buat akhirnya memberi kesan visual yang lega, simpel, segar, namun juga menenangkan.

Gunakan Boks Tanaman

Anda pasti sering melihat taman minimalis yang menggunakan boks tanaman (istilah kerennya planter box). Jika lahan Anda terbatas, boks tanaman bisa membantu membuat batas yang jelas dalam peruntukan ruang Anda.
Jika ada beberapa boks, Anda juga bisa membuat peruntukan tanaman berbeda bagi setiap boks. Selain itu, boks tanaman juga bisa membantu menarik perhatian mata. Anda bisa mengggunakan boks dari beton, atau bisa pula menggunakan boks kayu yang terkesan rustik dan hangat.

Gunakan sistem lahan berjenjang

Melihat sawah yang berjenjang-jenjang di lereng gunung atau bukit adalah indah dan menenangkan. Anda bisa meniru konsep tersebut dengan membuat taman minimalis berjenjang. Batasi lahan atas dan bawah dengan border yang menarik, seperti batu bata atau batu alami.

Tambahkan unsur air

Ingin cepat membuat burung dan kupu-kupu mampir di taman Anda? Tambahkan elemen air pada taman. Anda bisa membuat kolam ikan, air mancur minimalis untuk itu. Bahan Anda bisa memberinya air terjun. Yang perlu Anda perhatikan adalah agar semua itu agar tampak senatural, sesimpel, dan seminimalis mungkin.

Jaga agar taman Anda tetap minimalis

Kembali pada basis, seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda tetap perlu mengingat bahwa pada prinsipnya taman minimalis adalah taman ber-layout simpel dan gampang dirawat. Jika Anda merasa tangan ‘gatal’ ingin mengisi lahan dengan lebih banyak tanaman atau bunga, ingat prinsip tersebut.
Walau simpel, namun ada fitur taman minimalis yang tidak bisa Anda lupakan juga. Yaitu bahwa taman minimalis, betapa simpelnya, tetap mampu memberikan kesenangan pada mata, ketenangan pada pikiran, dan mendamaikan hati.

10 Inspirasi Taman Minimalis untuk Anda

Anda telah mengetahui beberapa tips dasar untuk membuat taman minimalis. Namun bagi Anda yang masih rada bingung dengan bayangan taman yang ingin dibuat, berikut ini ada 10 inspirasi taman minimalis untuk Anda.

Taman Minimalis Kontemporer Geometris dengan Beton dan Kayu

Anda bisa memainkan blok-blok beton dan kayu sebagai basis taman minimalis, seperti pada ilustrasi berikut. Beberapa paving beton persegi beragam ukuran dibentuk dalam geometri unik, dipadu dengan paving kayu warna senada, membentuk platform minimalis yang sedap. Di sela-selanya adalah tanaman atau rumput jenis kesayangan. Tambahkan kursi berjemur dan meja taman agar semakin manis.

Taman rumah minimalisBingung membuat taman minimalis? Tanam rumput saja

Satu tanaman yang sangat luwes untuk segala jenis taman adalah rumput. Anda bisa menggunakannya untuk memperindah taman klasik, tropis, hingga taman minimalis.

Ada berbagai jenis rumput yang bisa Anda taman, seperti rumput rumput Manila, rumput gajah mini, rumput Peking, rumput Jepang, rumput Manila, rumput Golf, hingga rumput Swiss.

Taman rumah minimalisRumput gajah mini mudah dirawat dan tahan cuaca. Rumput Manila tahan diinjak. Rumput Jepang rata dan halus, namun terasa menusuk saat diduduki. Rumput Swiss dan Golf halus dan indah, namun memerlukan perawatan ekstra. Baca: 10+ Inspirasi Gambar Desain Kamar Tidur Anak Perempuan 2019

Taman minimalis bergaya Oriental

Bicara tentang taman minimalis, tentu kita tidak boleh melupakan maestro minimalisme timur, bangsa Jepang. Konsep taman Jepang juga sangat minimalis, terutama tanam Zen. Bahkan Anda bisa membuat taman Jepang hanya dengan hamparan kerikil, batuan gede di sana-sini saja. Selebihnya, seperti pada gambar (seperti dek kayu, tanaman dalam pot tanah liat, kolam gentong) adalah aksen saja. Karena kesan yang ingin ditampilkan adalah ketenangan dalam kesederhanaan.

Taman rumah minimalisTaman Minimalis dengan kolam bening berkonsep natural

Sebagai salah satu ekstensi ruang, dek kayu sangat efektif. Selain memberi platform tambahan bagi interior, dek kayu juga menjadi elemen aksen minimalis yang ikonik. Anda bisa membatasinya secara tegas dengan pagar minimalis, atau juga membatasinya dengan kolam, seperti pada contoh. Kolamnya tidak perlu minimalis pula, Anda bisa bereksperimen dengan bentuk kolam natural. Tetap cakep, bukan?

Taman rumah minimalisTaman minimalis depan rumah dengan pohon peneduh dan batu koral

Manfaatkan lahan terbatas di depan rumah dengan memberinya taman minimalis. Ingin pohon peneduh? Anda bisa menggabungkannya dengan taman minimalis kesayangan. Anda bisa menggunakan sebuah pohon sebagai titik perhatian, selanjutnya tambahkan koral untuk aksen jalur setapak dengan bunga-bunga di kanan dan kirinya –seperti pada contoh.

Taman rumah minimalisTaman minimalis beton dan rumput dengan tanaman semak

Pada taman minimalis, beton dan rumput bisa menjadi paduan yang cantik. Pada contoh berikut, jalur beton persegi dipadu dengan rumput. Kesan minimalisnya sangat kental. Sebagai penyegar adalah blok-blok semak dan berbagai jenis kaktus. Hasilnya adalah sebuah taman minimalis yang lega dan manis.

Taman rumah minimalisRumah tidak memungkinkan diberi taman? Tambahkan border minimalis yang manis

Terkadang rumah tidak memiliki lahan cukup untuk taman minimalis. Namun begitu, Anda tetap bisa memberinya sentuhan taman minimalis yang sedap. Anda tinggal membuat border antara teras rumah dengan lahan luar dengan sentuhan manis seperti pada ilustrasi berikut. Variasinya bisa beragam, namun ini adalah salah satu yang paling simpel –paduan lahan koral dan bunga dalam pot.

Taman rumah minimalisTaman super minimalis dengan tralis untuk vertical garden

Sebagai tambahan pemanis untuk tips lahan super terbatas pada poin 7, Anda bisa menambahkan beberapa buah teralis menempel dinding di atas border tersebut. Teralis ini bisa sebagai tempat tempat merambat berbagai tanaman hias kesayangan Anda. Sebagai alur vertical garden atau taman vertikal Anda.

Taman rumah minimalisTaman berundak minimalis depan rumah

Rumah Anda lebih tinggi dari jalan depan rumah? Anda mungkin perlu membuat taman berundak seperti pada gambar untuk memperindah jalur masuk ke rumah Anda. Tambahkan boks-boks tanaman di antara jalur masuk yang terbuat dari struktur minimalis dari papan kayu. Tambahkan pula tanaman kesukaan di dalamnya. Kesan minimalis yang stylish langsung terasa. Baca: 10+ Desain rumah modern paling trend 2019

Taman rumah minimalisTaman minimalis belakang rumah yang hijau dan adem

Sejauh ini Anda mendapati taman yang benar-benar minimalis dalam list ini. Kali ini Anda mendapatkan inspirasi taman minimalis yang wholesome, taman minimalis penuh yang hijau dan adem. Anda hampir mendapatkan semuanya di sini: bangku taman, kebun vertikal, border hidup, peneduh, boks tanaman peneduh, hingga dek kontemporer.

Taman rumah minimalisTaman minimalis depan rumah gaya tropis

Suka gaya tropis? Berikut ini adalah adalah salah satu contoh taman minimalis tropis yang bisa menjadi inspirasi. Gayanya seperti taman minimalis biasa, namun ditambah fitur-fitur tropis seperti pohon palem, pagar hidup kalatea, hingga kolam kodok. Suka?

Taman rumah minimalis
Sebenarnya masih banyak lagi inspirasi taman minimalis untuk Anda. Namun kami harap beberapa pilihan di atas bisa cukup mewakili setiap selera Anda, dan bisa menjadi titik awal untuk mewujudkannya. Sementara itu, sukses selalu untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat