fbpx
Tips dan Trik

Bagaimana Mendapatkan Lantai Painted yang Indah? Inilah 5 Tips Singkatnya untuk Anda

By April 25, 2019 Agustus 14th, 2019 No Comments

Saat mendekorasi rumah, kebanyakan akan berpusat pada dinding, mebel, atau penampilan jendela. Namun bagaimana jika ternyata kunci penampilan ruangan Anda datang dari bagian yang sering terlupakan seperti lantai? Umumnya, biar tidak terkesan telanjang, ditambahkan karpet.

5 Tips Singkat Dekorasi Lantai Rumah

Baca juga: 10 Desain Pagar Besi Minimalis Trendy 2019

Namun lantai memiliki potensi yang sangat besar untuk membuat ruangan Anda keren. Anda bisa mengecatnya.  

Anda bisa membuat setiap yang masuk rumah melalui pintu utama terkesan dengan lantai yang penuh warna pada hall atau ruang tamu. Atau Anda membuat lantai yang cute dan playful untuk kamar si buah hati. Kemungkinannya tidak terbatas.

Berikut adalah beberapa tips jika Anda ingin bereksperimen mengecat lantai yang impresif.

Persiapan

Mungkin Anda berpikir bahwa cat lantai hanya untuk lantai yang berbahan kayu saja. Namun Anda bisa menerapkannya untuk hampir semua jenis lantai, dari lantai beton/ubin, keramik, hardwood, atau linoleum.


Lantai beton juga keren dicat

Dari semua bahan lantai itu, ada satu hal yang harus Anda lakukan sebelum pengecatan: membersihkannya. Langkah ini meliputi pengamplasan dan pembersihan.

Vacuum cleaner bisa Anda gunakan membantu pembersihan lantai sebelum dan sesudah diamplas. Jika tidak ada, Anda bisa membersihkannya dengan lap basah.

Baca juga: 11 Model Pagar Besi Hollow Minimalis Cantik 2019

Setelah lantai benar-benar bersih dan kering, Anda bisa melapiskan primer. Bukan dengan roller, namun dengan kuas saja. Roller tidak memberi kesan rata, namun bertekstur macam kulit jeruk. Jika dilapisi cat, maka tidak akan menempel kuat. Kilaunya pun kurang.

Gunakan Cat Berkualitas

Tentunya tidak asyik memiliki lantai bercat manis namun hanya tahan satu bulan. Oleh karena itu, Anda diharap memilih cat berkualitas untuk lantai. Anda bisa memakai dari cat yang berbasis minyak, hingga yang berbasis lateks.


Gunakan cat lantai berkulitas untuk kilau dan warna yang awet

Cat berbasis minyak bisa menguning seiring berjalannya waktu, namun lebih awet dan kinclong secara visual. Berapa lapis cat yang perlu Anda kuaskan? Umumnya dua hingga tiga lapis sudah cukup.

Coba Kombinasikan Warna-warna Solid dengan Berbagai Pola Kreatif

Untuk pemula, warna hitam, putih, dan coklat selalu akan membuat lantai Anda impresif. Ada berbagai shading warna dari ketiganya, Anda bisa bereksperimen dengan salah satunya. Untuk tambahan polanya, pola batu marmer akan selalu membuat ruangan tampak eksklusif.


Aksen Kompas di tengah lantai  menambah cantik ruangan

Anda juga bisa menambahkan aksen, macam simbol-simbol atau berbagai karakter kesayangan.Karena warna bisa memberi efek psikologis yang dalam, maka Anda bisa memilihnya sesuai selera personal.  Warna gelap selalu menimbulkan kesan kontemporer.

Baca juga: Segar dan Impresif, 10 Inspirasi Pagar Mewah Minimalis untuk Anda

Finishing natural seperti pola marmer, granit, atau faux bois (belang-belang macam belahan pohon), selalu menimbulkan kesan detil. Pola geometrik akan bisa membuat lantai menjadi pusat perhatian. Dan lain sebagainya.

Perhatikan Harmoni

Jika Anda ingin menambahkan pola atau aksen lainnya, perhatikan skalanya. Artinya, Anda disarankan untuk memperhatikan besar ruangan terlebih dahulu, baru kemudian menentukan ukuran pola yang ingin Anda tambahkan.


Perhatikan keseimbangan ukuran pola dan ruangan

Dengan demikian, pola yang Anda tambahkan nantinya akan tampak serasi, tidak terlalu besar atau terlalu kecil bagi ruangan.

Sealing dan Pemeliharaan

Agar cat tidak mudah pudar, tambahkan lapisan sealer di atas cat untuk melindunginya. Pilih sealer jenis poliuretan. Untuk ruangan yang sering digunakan beraktifitas, Anda bisa melakukan resealing tiga atau empat tahun sekali.

Leave a Reply

WhatsApp chat