fbpx
Tips dan Trik

3 Cara Efektif yang Harus Anda Ketahui untuk Menghambat Perkembangan Jamur di Kamar Mandi

By Maret 22, 2019 Agustus 14th, 2019 No Comments

Ada lebih dari 10.000 spesies jamur. Fungsinya tidak bisa disepelekan, untuk menguraikan berbagai sampah organik di sekitar kita.  Sehingga lingkungan tetap asri dan tidak bau busuk.

Cara Efektif Menghilangkan Jamur di Kamar Mandi

Fungsinya memang bagus, hingga mata kita yang terlalu modern dan higienis menjadi terlalu peka dengan sesuatu yang dianggap tidak harmonis secara visual. Baca Juga: 10 Desain Pagar Rumah Mewah untuk Hunian Idaman

Kamar Mandi bebas jamur adalah idaman setiap orang modern

Kemudian jamur pun menjadi sumber pengganggu estetik. Apalagi jika tumbuhnya di kamar mandi. Gross kata orang Barat, ihh komentar yang berperut lemah. Oleh karena itu jamur perlu dihilangkan, demi rasa kebersihan dan kenikmatan visual. Setidaknya di kamar mandi.

Bagi Anda yang sedang bingung menghilangkan atau setidaknya menghambat perkembangan jamur di kamar mandi, berikut adalah beberapa tips yang kami harap bisa Anda gunakan untuk mengusir jamur dari kamar mandi selamanya. Baca Juga: 11 Inspirasi Model Pagar Rumah Stylish Terbaru

Pangkas Sumber Kehidupannya

Jamur itu seperti sel kanker, Anda harus mematikan sumber makanannya agar mati. Jika sebagian pihak percaya bahwa diet gula bisa membuat kanker kelaparan, maka jamur juga akan mati jika Anda menghilangkan berbagai sumber kehidupannya.

Jamur bisa tumbuh karena dua hal penting: lingkungan yang lembab dan suhu yang tepat. Oleh karena itu jangan biarkan kamar mandi Anda lembap. Kebocoran pada bak, kran, atau pipa, mengundang jamur tumbuh.

Kamar mandi bebas jamur? Pangkas sumber kehidupannya
Kamar mandi bebas jamur? Pangkas sumber kehidupannya

So, jika ada problem seperti itu, segera perbaiki. Lebih jauh lagi, perhatikan ventilasi udara. Jangan biarkan kamar mandi Anda tertutup tanpa sirkulasi udara yang lancar, sehingga kamar mandi cepat kering dan tidak lembap.

Jamur bisa tumbuh di mana saja di kamar mandi: di permukaan keramik, kaca, tembaga, atau plastik. Selama permukaan mereka terlapisi bahan organik sumber makanannya.  Bahan makanannya bukan lain adalah sisa-sisa sabun yang melekat padanya atau juga remah-remah sel kulit mati Anda. Baca Juga: 11 Model Pagar Besi Hollow Minimalis Cantik 2019

Cukup sabun dan air untuk menghilangkan jamur kamar mandi
Cukup sabun dan air untuk menghilangkan jamur kamar mandi

Untuk itu Anda perlu membersihkan kamar mandi secara reguler. Tidak perlu menggunakan larutan cleaner pembersih kamar mandi (kecuali jika kamar mandi Anda terkena noda). Lagi pula cairan pembersih ini juga tidak bisa membunuh jamurnya. Anda cukup menggunakan sabun dan air.

Anda juga tidak disarankan menggosok jamur. Dikhawatirkan Anda malah membuat spora jamur tersebut terbang berhamburan dan mencari tempat baru untuk tumbuh.

Keringkan Kamar Mandi Setelah Digunakan

Pada saat ini, kamar mandi modern umumnya telah dilengkapi dengan bathroom exhaust fan, kipas angin kamar mandi. Fungsi utamanya untuk membuang udara kamar mandi yang lembap (dan mungkin bau yang kurang sedap) keluar kamar mandi.

Untuk menghambat pertumbuhan jamur, nyalakan kipas kamar mandi selama di kamar mandi dan 30 menit setelahnya.
Untuk menghambat pertumbuhan jamur, nyalakan kipas kamar mandi selama di kamar mandi dan 30 menit setelahnya.

Hingga udara kamar mandi tetap segar, sehat dan tidak lembap. Dan jamur pun tidak bersempatan tumbuh.

Oleh karena itu, selama di kamar mandi, Anda disarankan menghidupkan kipas kamar mandi. Dan terus hidupkan selama sekitar 30 menit setelah Anda menggunakannya, untuk memastikan udara kamar mandi tidak lembap.

Jika kamar mandi Anda belum memiliki exhaust fan, Anda juga bisa menggunakan kipas angin biasa.  Setelahnya, Anda bisa melap kamar mandi dengan kain atau sejenisnya. Sehingga kering dan bersih dari noda sabun atau sampo. Baca Juga: 10 Desain Pagar Besi Minimalis Trendy 2019

Jika Ada Jamur Membandel

Jika jamur yang suka membandel, mungkin Anda perlu mengganti nat keramik kamar mandi Anda dengan yang baru. Mendempulnya ulang. Karena jamur suka sekali dengan cerukan-cerukan kecil lembap pada nat yang kurang sempurna pemasangannya.

Memberi nat baru juga membantu menghilangkan jamur kamar mandi
Memberi nat baru juga membantu menghilangkan jamur kamar mandi

Setelah membongkar nat, pastikan Anda membersihkan bagian yang ingin Anda nat ulang dengan bersih sebelum melakukan pemolesan nat. Pastikan Anda menggunakan nat khusus kamar mandi yang anti jamur. Baca Juga: Unik & Keren, 10 Inspirasi Pagar Rumah Klasik dari Besi untuk Anda

Pastikan pula nat telah kering sepenuhnya (biarkan sekitar 24 jam), sebelum Anda menggunakan kamar mandi. Dengan begitu, dan beberapa langkah sebelumnya, semoga kamar mandi Anda aman dari jamur selamanya.

Leave a Reply

WhatsApp chat