fbpx
Tips Interior

Jangan Panik, Inilah 5 Tips Yang Harus Anda Lakukan Pasca Kebanjiran

By April 13, 2019 No Comments

Rumah kebanjiran memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Semuanya menjadi berantakan, termasuk rencana kencan Anda. Bukan hanya hujan yang membuat rumah kebanjiran, karena saluran pembuangan yang mampet juga bisa membuat banjir. Begitu pula dengan saluran pipa air di rumah yang bermasalah.

Semua orang tidak mengharapkan rumah kebanjiran, namun Anda juga harus memiliki kesiapan dalam menghadapinya. Terutama jika hunian Anda berada di daerah rendah, atau daerah yang pernah terkena banjir. Kesiapan itu bukan hanya saat akan menghadapi atau sedang mengalami kebanjiran saja. Anda juga harus sigap mengatasi problem pasca banjir.  

Berikut ini adalah beberapa tips hal-hal yang perlu Anda pada saat dan setelah banjir melanda rumah Anda.

Paling Penting: Utamakan Keselamatan

Hal utama yang perlu Anda perhatikan saat banjir adalah keselamatan Anda dan keluarga. Jika terpaksa mengungsi, Anda dan mereka adalah prioritas utama. Pada saat banjir surut dan Anda kembali ke rumah, keselamatan juga harus tetap menjadi prioritas.

Ini termasuk mematikan semua sumber listrik, menjaga keluarga dari memakan makanan yang terdampak banjir, memberi mereka outfit yang sesuai (setidaknya ada sepatu boot karet dan sarung tangan), serta membersihkan semua alat makan dan masak yang terkena banjir.

Menguras dan Membersihkan Air dari Dalam Rumah

Setelah banjir surut, menguras dan membersihkan air dari dalam rumah adalah langkah selanjutnya. Jika rumah kebanjiran karena saluran mampet atau pipa ledeng bermasalah, segera panggil tukang agar segera diperbaiki.

Lantai yang kebanjiran pun juga harus segera dikeringkan. Jika genangan banyak, pompa air bensin bisa membantu. Sebagai finishing, gunakan vacuum cleaner tipe basah untuk menyerap sisa air dan kelembapannya.

Keringkan Rumah

Walau rumah telah terlihat kering, kelembapan udara tetap tinggi. Jika dibiarkan, kesehatan bisa terganggu. Jamur pun bisa tumbuh dalam 24 jam. Jika listrik telah kembali berfungsi, Anda bisa menggunakan AC atau kipas angin untuk mengusir kelembapan secara tuntas.

Anda juga bisa menggunakan dehumidifier (penghilang kelembapan). Dengan begitu, selain ruangan bisa kering dan memiliki udara yang segar kembali.   

Menghubungi Pihak Asuransi

Langkah selanjutnya, jika Anda memilikinya, adalah menghubungi pihak asuransi rumah. Jika asuransi rumah Anda meng-cover banjir, mereka akan melakukan penghitungan klaim/assessing terhadap kondisi kerusakan rumah Anda dan menentukan bagian-bagian kerusakan yang tercakup dalam biaya penggantian asuransi.

Untuk itu, sebagai salah satu rencana kesiapan menghadapi banjir, kumpulkan semua dokumen penting, termasuk dokumen asuransi, dalam satu wadah kedap air yang aman dan selalu siap untuk dibawa saat mengungsi. Untuk kelancaran klaim dan assessing, dokumentasikan keadaan rumah sebelum banjir, selama banjir, dan pasca  banjir.

Bersih-bersih

Setelah air surut dan pihak asuransi mengetahuinya, sekarang saatnya bersih-bersih rumah. Anda bisa melakukannya sendiri atau bisa pula memanggil tenaga profesional. Jika melakukannya sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Pertama membuang semua item yang tidak bisa diselamatkan lagi. Kedua, mengeringkan furnitur, karpet, dan berbagai barang rumah tangga yang masih bisa bisa Anda selamatkan.

Dalam proses ini, Anda juga akan dihadapkan pada berbagai permasalahan kerusakan pada rumah atau peralatan rumah tangga.  Seperti kerusakan jendela, cat, peralatan elektronik, pipa air, dan lainnya. Agar aktivitas segera pulih kembali, Anda diharapkan segera perbaiki semuanya.

Leave a Reply

WhatsApp chat