fbpx
Tips dan Trik

15 Warna Cat Ruang Tamu Keren dan Beda untuk Inspirasi Anda

By Agustus 20, 2019 No Comments

Satu penarik perhatian yang paling gampang adalah warna. Warna juga bisa mempengaruhi mood. Warna yang tepat bisa membuat hati senang dan bahkan tenteram. Warna yang keliru bisa membuat muram, bahkan bisa menciptakan depresi. Oleh karena itu, pemilihan warna sangat penting dalam bidang interior, termasuk pada penentuan warna cat ruang tamu.

warna cat ruang tamu
Namun menentukan warna dinding ruang tamu bisa membuat pusing, apa lagi bagi yang belum biasa melakukannya. Warna mungkin akan begitu-begitu saja lagi. Itu-itu lagi. Bagi Anda yang sedang dalam kondisi dilematis ini, kali ini kami telah mengumpulkan 15 ide warna cat ruang tamu mengesankan yang bisa Anda gunakan sebagai sumber inspirasi. Penasaran? langsung kita lihat saja.

Bingung menentukan warna cat ruang tamu? Warna putih bisa menolong Anda

Menentukan warna cat, apa lagi ruang tamu, memang bisa membuat pusing bagi yang belum pernah melakukannya. Apalagi jika Anda tidak memiliki warna favorit yang bisa membuat bangga saat ditampilkan di dinding ruang tamu.

warna cat ruang tamu
Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, coba tips paling simpel ini: cat saja warna putih. Warna ini bisa menyelamatkan Anda dari sakit kepala karena memilih warna. Ingin warna putih yang sedap? Coba pilih warna putih matte, kesannya abadi. Selanjutnya Anda bisa menentukan aneka furnitur yang Anda suka, dalam warna masing-masing, seperti pada contoh. Sebagai warna netral, putih bisa berdamai dengan semua warna yang Anda pilih. Baca: 10 Inspirasi desain taman rumah minimalis

Kuning Cerah untuk ruang tamu yang segar

Mulai bosan dengan warna putih? Sekarang saatnya Anda bereksperimen dengan warna. Arena menggunakan warna cerah tidak dilarang, maka Anda bisa memulainya dengan warna cerah kesukaan Anda. Bagaimana dengan warna kuning cerah?

warna cat ruang tamu
Dinding kuning cerah apakah tidak membuat ruang tamu terlalu ramai? Tidak. Gunakan kuning sebagai aksen. Anda bisa menggunakannya untuk melabur sepotong pintu, atau dalam kasus pada contoh, Anda labur satu dinding dengan warna tersebut. kesannya tidak ramai, namun menyegarkan secara visual –apalagi jika Anda suka gaya kontemporer.

Tembok Merah Jambu untuk Ruang Tamu Sederhana

Merah jambu atau pink mungkin lebih banyak diasosiasikan dengan warna wanita atau anak gadis. Pendeknya, warna yang girly. Lantas apakah warna merah jambu bisa tampil ‘netral’ atau malah maskulin?

warna cat ruang tamu
Jawabannya bisa, seperti pada ruang tamu pada contoh berikut. Seperti yang Anda lihat, ruang tamu sederhana ini setiap sisinya mendapat cat pink menyala. Namun Anda bahkan tidak menemukan sisi feminin dari ruang tamu ini. paduan antara langit-langit kayu mentah, furnitur retro, koleksi topi, dan bahkan grafiti pada dinding membuat ruang tamu sederhana pink ini tampak manis, bahan maskulin.

Ruang tamu abu-abu untuk kesan kontemporer

Salah satu warna yang paling sering digunakan untuk memberi kesan kontemporer adalah abu-abu. Mungkin karena warna abu-abu mengingatkan pada warna abu-abu metal yang futuristik, satu hal yang sangat digemari kaum kontemporer.

warna cat ruang tamu
Kamar tamu berikut ini memiliki dinding abu-abu lembut pada salah satu sisinya, dengan imbangan warna putih pada langit-langit. Lantai panel kayu memberi kesan rustik, memberi pemanis yang hangat bagi ruangan.

Ruang tamu dengan dinding warna peach

Alternatif warna ruang tamu yang romantis dan hangat selain pink adalah peach. Peach adalah buah persik, warnanya merah kekuningan yang sangat lembut. Kesannya hangat dan akrab. Anda bisa menggunakan warna pink pada seluruh ruang tamu. Namun jika Anda merasa mengecat seluruh ruang tamu terlalu berlebihan, gunakan warna ini sebagai aksen pada salah satu dindingnya saja.

warna cat ruang tamu

Warna Merah gelap untuk Ruang tamu Kontemporer

Untuk menghangatkan suasana dan juga memberi kesan kontemporer, Anda bisa menggunakan warna merah gelap untuk ruang tamu. Mungkin Anda ingin warna merah yang lebih cerah? Tidak apa-apa. Namun ditakutkan kamar tamu Anda akan mirip pusat pemadam kebakaran. Warna merah gelap memang hangat, apalagi jika dipadukan dengan furnitur yang tepat.

warna cat ruang tamu

Hitam Untuk Membuat semuanya Menyatu

Satu atau dua dekade lampau, warna hitam jarang dipakai untuk interior, bahkan untuk eksterior. Warnanya mati, sebagian beralasan. Terkesan muram, kata yang lain. Namun keadaan berubah sekarang. Hitam juga bisa menjadi alternatif warna ruang tamu yang menarik jika Anda ingin tampil beda.

warna cat ruang tamu

Seperti pada gambar contoh, Anda bisa bisa menggunakan warna hitam bahkan untuk satu bidang dinding penuh (atau bahkan satu ruangan penuh), tergantung pada selera. Kali ini warna hitam lembut dipadu dengan warna kayu dalam model Mid Century dan aksen bulat. Hasilnya adalah ruang tamu yang manis dan beda.

Biru Langit untuk Warna Ruang tamu Tropis yang Damai

Tentu saja Anda akrab dengan warna biru. Warna biru gerobak mie ayam sangat terkenal dengan birunya, namun tentunya Anda tidak ingin mengecat dengan warna tersebut, bukan? Warna biru, seperti warna putih, adalah pilihan yang paling gampang diingat -terutama bagi kaum lelaki.

warna cat ruang tamu

Untungnya, warna biru memiliki berbagai shade yang manis (bukan warna biru gerobak mie ayam saja). Kali ini Anda mendapatkan contoh ruang tamu dengan warna biru langit yang lembut. Warna ini sangat padu dengan konsep ruang tamu tropis yang lega dan sedap dipandang ini.

Warna Tanah Untuk Ruang Tamu Terbuka yang Segar namun Hangat

Jika Anda suka sesuatu yang alami, warna tanah juga perlu Anda pertimbangkan untuk mempercantik ruang tamu. Warna tanah adalah, secara singkat, adalah warna-warna cokelat seperti yang terdapat pada tanah. Warna tanah sangat cocok jika Anda ingin mendapatkan kesan hangat dan bersahabat dengan alam.

warna cat ruang tamu

Pada contoh ini, sekali lagi Anda mendapatkan ruang tamu tropis. Hanya saja Anda mendapatkannya dalam konsep terbuka. Ruang tamu ini praktis didominasi warna tanah, dari dinding, langit-langit, hingga karpet yang dibuat dari sisal. Konsep warna sederhana ini terlihat hangat dan menyenangkan.

Ruang Tamu dengan Warna Cokelat

Selain warna hitam serta abu-abu, warna cokelat juga dominan untuk keperluan cat dinding interior. Kesannya kontemporer dan hangat, khas warna tanah. Anda bisa menggunakannya sebagai aksen warna untuk satu dinding saja, atau bisa pula menjadikannya sebagai cat utama ruang tamu.

warna cat ruang tamu
Kuncinya adalah pemilihan tone warna cat yang tepat. Sebagai aksen, Anda bisa memilih warna cokelat yang lebih pekat. Sebagai cat semua bagian dinding ruang, pilih warna cokelat yang lebih cerah, seperti pemilihan warna cokelat pada ruang tamu contoh berikut, agar ruangan tetap terkesan lega dan hangat.

Warna Hijau Daun untuk Ruang Tamu yang Beda

Warna alami selalu membuat mata tertarik dan hati senang. Ini karena secara sejak awal penciptaannya, manusia telah akrab dengan warna-warna alami di sekitarnya. Maka jika Anda memberi kelir hijau daun pada dinding ruang tamu dan menjadi senang karenanya, itu adalah wajar.

warna cat ruang tamu
Warna hijau daun mungkin belum banyak diadopsi secara umum untuk menjadi satu warna cat dinding kamar tamu pilihan. Namun begitu, Anda bisa memulainya. Seperti pada contoh, warna hijau daun bisa sangat segar dan manis dalam paduan furnitur dan pernik-pernik yang sesuai.

Jangan Lupa, Oranye Membuat Ruang Tamu Tampak Ceria

Dalam deretan warna kontemporer, warna oranye tentu saja tidak boleh kita tinggalkan. Seperti warna alami lainnya, warna ini sebenarnya juga sangat akrab dengan mata. Namun, mungkin karena warna yang terlalu semarak bagi selera lokal, warna ini terlupakan.

warna cat ruang tamu
Era kontemporer membuat warna oranye menjadi satu pilihan populer. Seperti warna kuat yang lain, Anda bisa menggunakan warna ini sebagai aksen atau warna dinding ruang tamu secara penuh. Pada contoh berikut ini Anda mendapatkan warna dinding oranye berpadu dengan putih. Untuk menambah aksen, tambahkan grafiti klasik oriental seperti pada gambar.

Biru Laut untuk Warna Ruang Tamu yang Solid

Tahukah Anda bahwa warna-warna gelap bisa menyamarkan ruangan yang kecil ? Selain itu, warna-warna ini bisa memberi kesan hangat. Jika Anda merasa ruang tamu terasa sempit, coba gunakan warna-warna gelap.

warna cat ruang tamu
Dalam contoh berikut ini, warna gelap yang digunakan adalah biru laut atau navy blue. Biru dongker yang manis ini cukup menarik perhatian mata (jika Anda menggunakannya sebagai warna aksen dinding, seperti pada contoh), dan mengalihkannya dari menyadari bahwa ruang tamu yang ada memiliki ukuran terbatas. Lebih dari itu, warna biru laut juga memberi kesan elegan dan klasik.

Warna Zaitun yang Untuk Warna Kontemporer Keren Ruang Tamu Anda

Olive green atau hijau zaitun tentu saja sangat Anda, jika Anda suka dengan berbagai warna populer interior kontemporer. Warna buah zaitun yang lembut ini memang sangat sangat menyenangkan mata, kesan segarnya lembut.

warna cat ruang tamu
Pada contoh, warna zaitun digunakan sebagai warna dinding untuk sebuah ruang tamu bergaya 50-an (Mid Century). Sebagai warna pengimbang, adalah warna netral putih di langit-langit, lantai, perapian, hingga furnitur. Hasilnya adalah paduan warna yang cantik dan fresh.

Hitam-Putih untuk Ruang Tamu Skandinavia yang Rapi dan Manis

Suka ruang tamu yang resik dan rapi? Coba gaya Skandinavia. Gaya dari Eropa utara ini dalam dekade terakhir sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Selain dua alasan tersebut, gaya Skandinavia juga selalu memberi kesan hangat.

warna cat ruang tamu
Untuk warna dindingnya, gaya Skandinavia klasik biasanya memakai putih (itu jika dindingnya bukan papan kayu). Sebagai aksen adalah hitam atau cokelat. Pada contoh berikut ini, ruang tamu gaya Skandinavia mendapat dinding putih, dengan aksen hitam pada tirai, furnitur, hingga raknya. Manis dan hangat? Begitulah.

Lima belas ide telah kami pilihkan untuk Anda. Semuanya dari berbagai gaya ruang tamu yang berbeda. Anda bisa memilih dari yang klasik, minimalis, hingga gaya populer. Baik untuk ruang tamu besar atau terbatas. Semoga ada satu atau dua ide yang bisa menarik hati Anda, hingga segera Anda eksekusi untuk menjadikan ruang tamu Anda semakin mengesankan. Sukses untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat