fbpx
Tips dan Trik

Semua yang Anda Ingin tahu tentang Warna Cat Rumah Minimalis

By Juli 25, 2019 Agustus 14th, 2019 No Comments

Rumah minimalis memang menyenangkan, apalagi jika Anda tinggal di lingkungan urban yang gaduh. Rumah minimalis memberi ruang untuk bernafas, memberi perspektif yang lega bagi mata. Syaratnya tentu saja Anda tetap menjadikan rumah Anda minimalis dalam gaya atau pun dalam penataan ruangnya. Tidak ketinggalan, jangan lupa untuk tetap menggunakan hue warna minimalis juga.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Warna cat sangat penting untuk membangkitkan kesan yang ingin Anda timbulkan dari rumah Anda. Anda ingin kesan ceria, formal, atau santai? cat bisa membantu mewujudkannya. Jika saat ini Anda sedang bingung mencari cat minimalis yang cocok, berikut adalah hal-hal penting yang Anda perhatikan saat akan memilih atau bahkan mengaplikasikannya ke dinding.

Baca juga: 9 Tips dan trik untuk mengubah kamar mandi

Pengaruh Gaya Skandinavia pada Warna Minimalis

Satu dekade terakhir, minimalisme Skandinavia sangat terasa dalam gaya rumah global, termasuk Indonesia. Pengaruh itu menjadi sangat kental saat produk-produk furnitur dan interior lain dari wilayah Skandinavia (seperti produk IKEA) juga menjadi santapan utama bagi sebagian besar konsumen furnitur global.
Gaya Skandinavia berakar pada dua faktor, yaitu cahaya dan kesederhanaan. Negara Skandinavia (Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, Islandia) sangat miskin cahaya matahari, hanya 75 hari melihat matahari maksimum. Oleh karena itu, setiap gaya Skandinavia umumnya terlihat lega penuh cahaya Alami dan terkesan tidak sumpek, karena furnitur yang minimalis dan fungsional.

Pemilihan warna bangunan atau ruangan Gaya Skandinavia pun kemudian manut pada dua prinsip dasar tersebut. Gaya Skandinavia klasik biasanya putih (dengan semua shade-nya) terang dipadu dengan hitam. Kalau ditambah coklat, umumnya dari nuansa kayu yang mendominasi gaya ini.

Selanjutnya pada 1970-an gaya cat cerah warna-warni juga mulai diterapkan. Warna biru dan ungu mulai terlihat. Begitu pula warna lainnya selain pink, kuning, merah, atau oranye. Warna-warna ini kemudian menjadi lebih lembut satu dekade berikutnya. Sejak awal milenium, warna netral seperti putih dan abu-abu juga mulai mendominasi, hingga saat ini. Warna-warna yang minimalis gaya Skandinavia yang simpel namun manis ini sekarang sangat mempengaruhi gaya warna cat rumah minimalis dunia, termasuk di Indonesia.

Apakah Warna minimalis?

Warna minimalis? Kalau putih bisa dikategorikan warna (setidaknya warna netral), maka warna minimalis yang paling klasik adalah putih. Begitu pula dengan hitam. Kombinasi antara hitam dan putih, seperti yang sekilas disebut di atas, adalah kombinasi warna minimalis yang paling dasar.
arsitek menggunakan warna minimalis
Para arsitek menggunakan warna minimalis karena kesan yang bisa mereka timbulkan, yaitu kesan simpel, lapang, dan bersih. Warna minimalis juga memberi kesan manis jika diterapkan sebagai aksen pada satu atau beberapa bagian di rumah minimalis Anda.

Selain putih, ada warna-warna netral yang biasa digunakan untuk cat rumah minimalis, seperti warna coklat, abu-abu, gading, krim, beige (warna antara abu-abu dan coklat), dan warna kayu. Warna-warna ini memberi kesan santai dan menenangkan bagi penghuni rumah.

Pada saat ini, warna minimalis sudah berkembang, bukan hanya warna hitam dan netral saja. Anda bisa mendapatkan berbagai warna minimalis yang lebih semarak. Anda bisa menggunakan berbagai warna dasar, bahkan terkadang masuk ke warna sekunder. Hanya saja warnanya cenderung lembut dan natural.

Warna-warna minimalis yang trending di 2019?

Warna Cat Interior

Abu-abu Lembut yang Nyaman

Jika Anda suka cat interior minimalis yang terkesan simpel dan nyaman (cozy minimalism kata orang Barat), coba cat interior warna abu-abu lembut. Anda bisa menjadikannya aksen pada satu sisi dinding, dipadu dengan warna putih.

Putih untuk Kesan Minimalis Maksimum

Suka gaya Skandinavia naun bingung dengan warna cat yang pas? Putih adalah pilihan tak pernah salah. Padukan dengan kayu atau warna kayu untuk ruang minimalis Anda, gaya Skandinavia pun bisa Anda nikmati.
Putih adalah pilihan tak pernah salah

Merah muda kalem untuk Dapur Minimalis yang Semarak

Untuk kesan minimalis yang agak vintage coba warna pastel merah muda. Coba terapkan warna yang semarak ini di dapur minimalis Anda. Kesan hangat, kalem, namun santai akan segera terasa.
kesan minimalis yang agak vintage

Hijau zaitun juga sedap untuk ruang keluarga

Jangan lupa dengan hijau zaitun (olive green) saat mencari ide untuk cat minimalis rumah Anda. Warna ini juga populer dan sangat efektif untuk menciptakan kesan bersih, kalem, dan damai.
Warna Hijau zaitun untuk ruang keluarga

Warna Peach untuk Kamar Tidur yang Romantis

Warna peach (buah persik) cocok untuk menciptakan kesan lembut dan romantis. Anda bisa menerapkannya di kamar tidur, terutama untuk shade warna peach yang lembut.
Warna Peach untuk Kamar Tidur

Warna Cat Eksterior

Hitam dan Abu-abu untuk Kesan Milenial

Milenial yang suka gaya kontemporer minimalis menantang, bisa memilih paduan warna hitam dan abu-abu untuk eksterior rumahnya. Warna ini sangat ikonik dengan warna hunian-hunian minimalis awal abad 21.
Milenial yang suka gaya kontemporer minimalis

Putih untuk kesan bersih dan lega

Untuk rumah Mungil agar terkesan lapang dan segar, coba labur eksterior rumah kecil minimalis Anda dengan warna putih.
umah Mungil agar terkesan lapang dan segar

Coklat natural untuk kesan menyatu dengan alam

Anda bisa menggunakan kombinasi warna coklat (dengan semua jenis shading-nya) dengan putih atau hitam untuk mendapatkan kesan eksterior minimalis yang sejuk dan menyatu dengan alam.
kombinasi warna coklat

Kuning pastel

Kombinasi kuning pastel cocok untuk membangkitkan kesan energetik pada rumah minimalis Anda. Anda bisa menggunakan warna kuning pastel atau warna pastel lain sebagai aksen pemanis untuk eksterior, memberi kesan segar.
warna kuning pastel rumah minimalis Anda

Abu-abu, putih, dan coklat natural

Untuk tampil dalam cat minimalis bagi rumah Anda, kombinasi simpel warna netral abu-abu dan putih bisa menjadi andalan. Jika ada batu alam atau kayu, maka fasad rumah minimalis Anda akan semakin sedap.
kombinasi simpel warna netral abu-abu dan putih

Tips memilih warna minimalis agar rumah tampak lega dan segar
penampilan rumah yang estetik

Secara singkat, kunci mendapatkan mendapatkan penampilan rumah yang estetik adalah dengan mendapatkan keseimbangan sempurna antara material yang bersifat dingin (keramik, beton, batu alam) dan elemen hangat (elemen natural, seperti kayu). Dalam hal ini Anda juga harus menjaga keseimbangan dalam memberikan warna cat.
Tentang memilih cat minimalis bagi rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pemilihan Cat

Anda bisa memilih cat berbasis air (water-based) atau berbasis minyak (oil-based). Cat berbasis air adalah cat tembok yang biasa Anda dapati di pasaran. Jika Anda mencari cat yang ekonomis, cat tembok berbasis air ini yang Anda pilih. Warnanya lebih kalem dari cat berbasis minyak.
Anda bisa memilih cat berbasis air
Jika Anda tinggal di daerah lembap dan ingin cat yang tahan lembap dan gampang dibersihkan (seperti pada iklan-iklan di TV), cat berbasis minyak adalah pilihan tepat. Terkait shine-nya (kesan mengkilatnya), cat berbasis minyak lebih menonjol dari cat berbasis air. Jika Anda suka kilau yang anggun, pilihan cat dinding berbasis minyak adalah tepat. Ada kesan mewah pula pada penampilannya.

Memilih warna

Dalam hal ini, jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan roda warna (Anda bisa mendapatkannya secara online, murah) untuk mendapatkan harmoni warna yang keren.
untuk mendapatkan harmoni warna yang keren
Jika Anda ingin mendapatkan kesan warna yang harmonis dan semarak, Anda bisa memilih beberapa kombinasi warna berikut:

Warna Monokromatik

Pada roda warna, warna ini berada pada satu jajaran. Satu warna saja, namun dengan berbagai shade atau tingkat kecerahan warna.

Warna Analog

Warna ini pada roda warna ada pada sebelah warna utama yang Anda.

Warna Komplementer

Pada roda warna, warna komplementer adalah warna yang tepat berhadapan/berseberangan dengan warna yang Anda pilih. Contoh, hijau – merah, biru – oranye, kuning – ungu, dan lain sebagainya.
Warna-Komplementer

Warna Triadik

Warna triadik (atau kombinasi T) adalah kombinasi 3 warna yang dipilih dengan dua warna lain berjarak sama dari warna yang Anda pilih.
Warna-Triadik

Agar Cat Rumah Minimalis Semakin Terkesan Dinamis

Pilihan warna yang bagus Akan menimbulkan kesan rasa yang nyaman. Lebih jauh lagi, dengan kombinasi warna yang tepat, Anda bisa menimbulkan kesan hangat, santai, nyaman, atau formal.

Sebagai contoh, warna-warna seperti cokelat, oranye, dan merah, sangat efektif untuk menimbulkan kesan hangat. Warna putih, hijau, kuning, sangat cocok jika Anda menginginkan ruangan yang ceria dan cerah. Sebagai catatan, kombinasi 2 hingga 4 warna sudah cukup. Lebih dari itu, ruangan Anda akan tampak riuh.

Ingin Mengecat Sendiri? Berikut Langkah-langkahnya
Langkah-langkahnya simpel

Jika Anda memiliki waktu luang, coba cat Anda sendiri. Langkah-langkahnya simpel. Setelah bahan dan alat tersedia, ikuti langkah-langkah berikut.

Bersihkan dinding

Bersihkan dinding yang akan dicat dari kotoran seperti debu, noda minyak atau lainnya. Anda juga perlu mengelupas cat lama (jika mengecat ulang) hingga bersih. Untuk membersihkanya, Anda bisa menyapunya dengan spon yang dibasahi campuran air dan beberapa tetes sabun cuci piring.

Tutup bagian yang tidak di cat

Agar hasil rapi dan tidak berlepotan, tutup bagian yang tidak dicat. Anda bisa menggunakan plester atau isolasi kertas untuk melakukannya. Lekatkan pada bagian-bagian yang tidak ingin Anda cat, seperti rangka jendela, rangka pintu, handel pintu, molding dan sebagainya.

Lapiskan Primer

Agar permukaan dinding rata dan pori-porinya tertutup menyeluruh (sehingga mudah dicat dan hasilnya maksimum), Anda perlu melapisinya dengan primer. Ada yang mengatakan primer tidak perlu digunakan saat mengecat ulang. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan. Untuk tembok baru, Anda perlu primer. Begitu juga saat Anda ingin mengubah warna dari gelap ke terang atau untuk menutup noda bandel, Anda memerlukan primer. Tunggu primer hingga kering sebelum tahap selanjutnya, yaitu mengecat.

Cat dinding dengan warna yang Anda suka

Anda bisa menggunakan kuas atau roller, terserah kebiasaan Anda. Kuas mungkin lebih memuaskan, namun jika ingin lebih cepat, roller adalah pilihan tepat. Mulai pengecatan dari pinggir, di bagian yang telah Anda batasi dengan plester cat. Lanjutkan ke bagian dinding yang akan dicat hingga semua bagian tertutup cat. Anda bisa mengulangi satu atau dua kali pengecatan. Tunggu cat hingga kering sebelum mengulanginya.

Lepaskan plester cat

Setelah usai dan cat kering, lepaskan isolasi cat. Proses pengecatan telah selesai.
Demikianlah, beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang warna cat rumah minimalis. Kami harap Anda tidak ragu lagi dalam menentukan cat minimalis yang Anda sukai atau saat memilih paduan bagi warna cat kesukaan Anda. Nah, sekarang tinggal Anda menentukan waktu yang tepat untuk mengecat. Sukses untuk Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat