Home Tips dan Trik Bingung Menentukan Desain Rumah Idaman? Inilah 10+ Desain Rumah Modern Idaman Anda

Bingung Menentukan Desain Rumah Idaman? Inilah 10+ Desain Rumah Modern Idaman Anda

0
Bingung Menentukan Desain Rumah Idaman? Inilah 10+ Desain Rumah Modern Idaman Anda

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/6″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][/vc_column][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”2/3″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]Desain rumah modern, Banyak yang bingung antara gaya modern dan gaya kontemporer. Dari peristilahan katanya, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti kurang lebih sama, yaitu kekinian.

Walau begitu, jika menurut alur proses perkembangan seni dan arsitektur, gaya modern merujuk pada gaya yang muncul pada awal abad hingga pertengahan abad 20. Gaya ini muncul sebagai jawaban bagi gaya sebelumnya (Klasik, Victoria, Edwardian, dll) yang berat dan penuh dekorasi.

Gaya modern muncul dengan gaya telanjang dan fungsional, menindas setiap ornamen dan dekorasi, menekankan aspek fungsi. Gaya ini mempengaruhi arsitektur abad 20 dan bahkan gaya kontemporer. Gaya kontemporer sendiri sering mengadopsi esensi gaya minimalis modern. sehingga tidak heran keduanya sering digunakan untuk merujuk gaya yang kekinian. Baca juga: 10 Inspirasi rumah minimalis tampak depan

Untuk Anda yang sedang mencari rumah idaman modern namun belum sreg dengan gaya-gaya yang ada, berikut ini adalah 14 gaya rumah modern populer yang bisa menjadi inspirasi.

Desain Rumah Tropis Modern Kontemporer gaya Ranch

Salah satu rumah bentuk rumah modern yang banyak diadopsi untuk keperluan perumahan di wilayah tropis adalah model ranch atau model rumah pertanian AS. Rumah ini simpel saja, menganut pola arsitektur modern.desain rumah modern
Ada beberapa ciri utama ranch house. Rumah model ini biasanya satu lantai saja, tampak pendek melebar ke samping, dengan konsep interior yang lega. Jendela juga lebar dan lega. Ini untuk mempermudah masalah pendinginan ruangan secara alami. Material bangunannya banyak menggunakan bahan alami. Adaptasi kontemporer konsep ranch secara lokal bisa Anda lihat pada contoh berikut.

Rumah Modern Bergaya Industrial

Di antara rumah modern yang sangat hits belakangan ini adalah rumah gaya industrial. Gaya industrial untuk hunian muncul baru pada dekade 70-an, saat para seniman di Inggris secara hampir berbarengan menggunakan bekas pabrik tak terpakai sebagai studio atau hunian gratisan mereka.

desain rumah modern
Oleh karena itu, jika sekarang Anda melihat rumah industrial tampak begitu telanjang, itu adalah warisan dari arsitektur pabrik yang utilitarian. Fitur rumah industrial tidak lepas dari balok besi struktur bangunan yang telanjang, lantai berkonsep terbuka, minimalis, serta menggunakan material bangunan yang kokoh dan kuat.

Rumah Modern Tropis

Rumah tropis memiliki makna sangat luas. Bahkan kita tidak bisa tunjuk jari (misalnya seperti rumah industrial atau Spanyol) bahwa ini adalah gaya rumah tropis atau bukan. Namun ada fitur dasar yang selalu ada pada rumah tropis, yaitu penggunaan berbagai fitur rumah untuk memaksimalkan aliran pertukaran udara. Sehingga rumah tetap sejuk walau dalam cuaca yang terik.

desain rumah modern
Dari alasan dasar tersebut, maka rumah tropis bisa bergaya apa saja. Pada berikut adalah rumah modern tropis dengan gaya eklektik lokal dan modern minimalis. Seperti halnya setiap rumah tropis, rumah modern tropis ini juga selalu tampil segar dan hijau.

Gaya Rumah Modern gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia juga layak untuk Anda pertimbangkan saat akan membangun atau merenovasi rumah. Gaya yang berasal dari kawasan Skandinavia (Eropa utara, seperti Swedia, Denmark, atau Finlandia) memang sedang populer, membarengi gaya modern minimalis.

desain rumah modern
Semua itu karena karakter dasarnya yang sangat cocok dengan kaum modern yang sibuk, efisien, namun juga ingin nyaman. Gaya Skandinavia sangat minimalis, namun juga hangat dan cerah. Ini karena gaya Skandinavia sangat memaksimalkan elemen alami seperti sinar matahari atau kayu, dengan warna-warna netral yang kalem. Baca juga: Tips membuat taman dibelakang rumah yang bagus

Rumah Kecil Modern Tropis Minimalis

Rumah modern ukuran 21 hingga 36 sangat digemari kalangan umum hingga menengah. Bagi keluarga baru ukuran 21 sangat cocok. Jika berkembang, rumah ukuran 36 bisa menjadi pilihan. Gaya rumah modern tropis bergaya minimalis adalah yang paling digemari pada satu dekade terakhir.

desain rumah modern
Contoh berikut adalah salah satu bentuk rumah modern tropis gaya minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda. Atap rendah gaya modern dipertahankan, dengan fasad bergaya minimalis dan aksen kayu yang manis.

Desain Rumah Kecil Satu Lantai Modern Minimalis

Anda mungkin menginginkan sebuah rumah modern dengan tampilan yang beda dari gaya modern umum seperti di perumahan-perumahan. Untuk itu, Anda perlu mencari inspirasi gaya modern yang juga beda, kalau perlu inspirasi dari luar negeri. Salah satunya adalah rumah kecil modern satu lantai ini.

desain rumah modernJika Anda perhatikan, rumah ini sangat berkarakter dan pasti beda dari rumah kecil seukuran yang ada secara lokal. Garisnya tetap modern minimalis, simpel dan tegas. Hanya saja dengan kesan dingin yang sering hadir dalam gaya minimalis tidak ada. Ini karena gabungan antara minimalisme dengan lahan hijau yang seimbang. Hasilnya adalah sebuah rumah kecil modern minimalis yang beda dan segar.

Rumah Kecil Modern bergaya Prairie

Gaya prairie adalah gaya rumah awal era modern yang top pada awal abad 20 hingga 1920-an. Penggagasnya adalah Frank Lloyd Wright yang terkesan pada keluasan lanskap padang rumput (prairie) AS.

desain rumah modern
Gaya Prairie, mirip gaya modern AS, memiliki atap yang rendah, dengan lerengan landai. Bagian interiornya tidak bersekat-sekat, namun menganut konsep terbuka, seperti kebanyakan rumah modern kontemporer saat ini. Pada bagian luar Anda akan mendapati warna-warna kalem dan natural. Batuan alami atau batu bata juga sering digunakan sebagai salah satu aksen fasadnya.

Desain Rumah Modern Minimalis dengan Peti kemas

Satu lagi yang sangat disukai kalangan urban, dan memang tampak beda, adalah rumah dengan menggunakan peti kemas bekas. Sebagai wadah barang ekspor-impor antar negara, tentu saja peti kemas didesain sangat kuat, bandel, dan tahan cuaca. Ukurannya juga besar.

desain rumah modernKarakter-karakter tersebut membuat otak kreatif para arsitek memanfaatkannya menjadi rumah kecil yang cantik dan efisien –bahkan tahan gempa. Ukuran interior yang lega (rata-rata lebar 2.5 dan tinggi 3 m), dengan panjang antara 6 meter hingga 12 meter lebih, membuat peti kemas cocok untuk hunian. Biasanya ekterior dan interiornya menggunakan gaya modern minimalis yang tidak ribet dan selalu membuat ruang terkesan rapi dan lega.

Rumah Tropis Modern Minimalis satu Lantai gaya Lokal

Menyebut gaya lokal tentu saja membingungkan. Namun jika Anda mengamati berbagai tipe arsitektur perumahan modern minimalis di Indonesia, ada ciri khas yang membedakannya dengan gaya luar semisal Eropa atau AS.

desain rumah modernGaya modern minimalis lokal Indonesia telah disesuaikan dengan selera dan iklim lokal. Sehingga fasad mungkin tidak terlalu minimalis lagi. Bagian dalam Anda tidak akan mendapati kosep interior yang terbuka, karena harus ada kamar. Demikian pemilihan warnanya, disesuaikan dengan warna kesukaan lokal, dengan paduan warna yang sangat Asia.

Rumah Mewah Modern Satu Lantai Bernuansa Kayu

Pemilik rumah mewah lebih bebas menentukan gaya rumahnya. Ketiadaan batasan dana memungkinkan pemilik rumah mengeksplorasi gaya modern sesuai selera mereka. Sebagai salah satu contohnya adalah rumah mewah modern satu lantai ini.

desain rumah modern
Rumah tropis berkonsep modern ini tampak menyatu dengan alam dengan dominasi aksen kayu pada bagian fasadnya. Lantainya pun juga kayu. Dengan jendela lebar dan pintu utama kaca besar. Kesan asri dan simpel begitu terasa. Bahan-bahan pilihan dan keseimbangan desainnya membuatnya tampak mewah. Baca juga: Dapur berantakan? Coba pakai cara ini!

Rumah Kecil Minimalis Modern Dua Lantai

Keterbatasan lahan bisa disiasati dengan mengembangkan rumah ke atas, menjadikan rumah bertingkat. Rumah menjadi berkapasitas 2 kali lipat (jika dua lantai) dalam luas dasar rumah yang sama. Hunian-hunian modern urban umum menggunakan teknik ini untuk memperluas ruangan.

desain rumah modern
Contoh berikut adalah rumah modern minimalis dua lantai yang bisa menjadi inspirasi Anda. Ukuran pondasinya tidak luas, namun konsep minimalis dua lantai membuat rumah ini menjadi lega dan efisien. Fasad yang didominasi logam dan kaca membuat bangunan bertingkat ini tampak ringan dan segar.

Rumah Menengah Modern Dua Lantai

Jika sebelumnya ada desain rumah kecil modern dua lantai, kali ini adalah desain rumah menengah dua lantai gaya modern. pada bagian luar, rumah ini telah tampil lengkap. Anda mendapatkan sebuah carport dengan entri yang lebar. Di atasnya adalah sebuah teras terbuka yang bisa menjadi alternatif patio yang nyaman.

desain rumah modern
Bagi Anda yang yang memiliki keluarga dengan anak-anak yang mulai besar semakin membutuhkan privasi, rumah modern menengah dua lantai bisa menjadi pilihan. Selain kamar lebih banyak, luasnya pun sangat memadai untuk aktivitas mereka.

Rumah Ramping Modern gaya Skandinavia Dua Lantai

Jika sebelumnya Anda telah mendapat desain rumah modern gaya Skandinavia satu lantai, kali ini Anda versi dua lantainya. Untuk desain kali ini, Anda juga mendapatkan desain dua lantai yang slim. Desain rumah ini mungkin cocok untuk tanah 100-an meter persegi yang memanjang.

desain rumah modern
Desain fasadnya mirip dengan versi satu lantai sebelumnya, sangat minimalis, dengan jendela gede dari metal dan kaca. Namun kali ini Anda juga mendapatkan teras atas yang lega dan nyaman untuk bersantai. Tertarik dengan rumah modern yang beda dan keren ini?

Desain Rumah Spanyol Modern Kontemporer

Satu rumah gaya tropis yang juga sangat disukai adalah rumah Spanyol. Model rumah Spanyol modern berkembang di AS daerah tenggara dan selatan, dekat perbatasan Meksiko yang pernah lama menjadi wilayah jajahan Spanyol.
Gaya rumah Spanyol selalu tampak megah dan menawan, dengan genting merah, jendela lengkung, serta fasad dari tembok plester atau batu alam. Kali ini Anda mendapatkan desain rumah Spanyol rasa lokal yang tetap anggun dan gagah, bahkan telah mendapat modifikasi modern pada bagian jendela, sehingga juga tampak segar.

desain rumah modernSebenarnya masih banyak lagi desain rumah modern yang bisa Anda ketahui, baik dari versi modern atau dalam versi kontemporer yang umum ada di wilayah urban. Walau begitu, kami harap beberapa desain rumah modern yang kami pilih untuk Anda saat ini bisa menginspirasi Anda. Atau bisa menjadi titik awal dalam proses Anda mendapatkan rumah modern impian. Terakhir, selalu sukses untuk Anda.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/6″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][/vc_column][/vc_row]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here