fbpx
Material Bangunan

Finishing Metal: Wet Paint Atau Powder Coating?

By Maret 24, 2019 Agustus 19th, 2019 No Comments

Satu keasyikan dari era modern adalah bahwa Anda bisa mendapatkan cat rumah seputih pucuk gunung Fuji di musim salju. Sebelumnya, Anda memang bisa mendapati cat-cat putih, namun tidak secerah putih cat modern.

Wet Paint Atau Powder Coating?

Pada 1940-an campuran penting cat putih modern diketemukan, titanium dioksida. Anda pun mendapatkan cat putih kemilau modern yang tahan lama.

Baca Juga: 5 Jenis Material yang Paling Cocok untuk Kegunaan Luar Ruang

Bicara tentang teknik pengecatan metal, Anda akan mendapati dua cara pengecatan yang populer: wet paint/pengecatan biasa dan powder coating. Penasaran mana yang lebih baik di antara keduanya?

Powder Coating

Teknik pengecatan yang semakin populer ini baru muncul pada 1950-an. Dan berkembang penuh pada awal 1970-an, sebagai salah satu jawaban untuk konservasi alam. Karena proses pengecatan powder coating dianggap lebih ramah lingkungan.

Seperti namanya, proses powder coating melibatkan pelapisan (coating) tepung cat (powder) pada objek yang dicat. Secara singkat, saat akan melakukan powder coating, tepung cat (bisa berbasis poliuretan, poliester, akrilik, atau epoksi) diberi aliran listrik terlebih dahulu, biar bermuatan listrik.

Proses ini akan membuat proses pengecatan lebih efisien hingga 95%. Cat yang terbuang pun berkurang, begitu pula proses pelapisannya menjadi semakin sempurna.

Baca Juga: 3 Cara Efektif yang Harus Anda Ketahui untuk Menghambat Perkembangan Jamur di Kamar Mandi

Kemudian cat disemprotkan pada permukaan metal (aluminium, besi, dll.). Anda juga bisa menggunakan cat untuk merendam benda tersebut. Dalam hal ini permukaan metal harus benar-benar bersih.

Langkah terakhir pemanasan. Benda yang telah di-coating dimasukkan ke dalam oven, dan dipanaskan pada suhu 400 derajat Celcius sekitar 10 menit. Hasilnya adalah powder coating  yang meleleh dan menyatu, membentuk lapisan cat powder coating pada permukaan metal.

Kelebihan dan Kekurangan Powder Coating

Ada beberapa kelebihan coating powder untuk metal. Hasil powder coating memiliki warna yang seragam dan konsisten, tidak ada barut atau tetesan cat. Warnanya pun bisa sangat cerah. Lapisannya tebal dan kuat, lebih awet daripada cat-cat biasa.

Proses pengecatan powder coating pun cepat, mudah, dan efisien. Anda juga hanya memerlukan satu lapisan saja sudah cukup. Pilihan warnanya pun bisa Anda kustom, termasuk membuat tekstur. Karena proses pembuatannya tidak menggunakan zat-zat tambahan yang mengganggu sekitar, powder coating juga dianggap ramah lingkungan.

Baca Juga: Kenali 5 Tipe Metal yang Sering Digunakan saat Membangun Rumah

Dengan segala kelebihannya, powder coating juga memiliki kekurangan. Pertama, Proses cat ini tidak bisa memberi lapisan cat yang tipis. Selanjutnya, Anda harus melakukan proses kompleks untuk melakukannya.

Powder coating juga tidak cocok untuk hanya sekadar mengecat satu atau dua barang, atau sekadar hobi. Apalagi peralatannya juga berharga mahal untuk kebanyakan orang.

Wet Paint

Proses pengecatan metal secara wet paint atau pengecatan biasa, memiliki metode mirip powder coating. Hanya saja Anda menggunakan cat cair untuk logam umumnya.

Kemudian cat disemprotkan pada permukaan logam secara merata, dengan ketebalan sekitar 15-20 micrometers atau sesuai selera Anda. Untuk keperluan sederhana, Anda juga bisa menggunakan kuas. Kemudian Anda tinggal menunggu kering secara alami, tidak memakai oven. Dan cat Anda pun siap.

Kelebihan dan Kekurangan Wet Paint

Kelebihan wet paint adalah bahwa Anda bisa mengecat barang-barang yang tidak bisa dipanaskan (seperti saat powder coating), karena Anda mengecat pada suhu normal. Anda juga memiliki begitu banyak pilihan warna, lebih variatif dibanding powder coating.

Teknik wet painting juga memungkinkan Anda membuat lapisan cat yang tipis. Jika Anda ingin pengecatan yang ekonomis, wet paint juga tidak akan membuat anda bangkrut. Karena lebih murah dari powder coating, baik untuk penggunaan skala kecil atau besar.

Baca Juga: 10 Desain Pagar Besi Minimalis Trendy 2019

Kekurangan wet paint ada pada daya tahannya yang tidak seawet powder coating. Lebih jauh lagi, Anda akan sulit mendapatkan hasil yang sekonsisten powder coating dengan metode wet paint. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, mungkin Anda perlu membuat beberapa lapisan cat.

So, Mana yang Lebih Bagus antara Wet Paint dan Powder Coating?

Sayangnya tidak ada jawaban baku untuk itu. Mungkin jawabannya terserah pada kebutuhan Anda. Jika, misalnya, Anda ingin membuat logam laser cut aksen ruang tamu atau velg mobil aluminium Anda tampak semakin impresif, powder coating bisa dipertimbangkan.

Namun jika Anda ingin mengecat ulang pagar rumah, metode wet paint mungkin lebih ekonomis. Sekali lagi, jawabannya terserah pada Anda.

Leave a Reply

TANYA SEKARANG