fbpx
Eksterior

Ingin Mencoba Fasad Bangunan? Ketahui Dulu Jenis-Jenisnya

By Oktober 25, 2019 Oktober 28th, 2019 No Comments

Fasad bangunan adalah istilah yang diartikan sebagai tampilan depan atau wajah dari sebuah bangunan, namun jenis fasad ini juga bisa diartikan di bagian gedung yang lain seperti tampilan depan bagian belakangnya atau tampilan depan bagian sisinya. Di mana pun bagiannya, pokoknya tampilan depan yang bisa dilihat oleh orang dari luar disebut sebagai fasad bangunan.

Kata fasad sendiri berasal dari Bahasa Perancis, yaitu façade. Istilah yang sama juga berasal dari bahasa latin yaitu faccia yang berarti wajah. Berikut ini akan dibahas apa saja jenis fasad bangunan yang harus Anda ketahui.

Jenis dan Material Fasad Bangunan

Tak hanya jenis fasad bangunan saja, disini akan dibahas jenis beserta material pembuat dari fasad bangunan yang bersangkutan.

 

  • Dinding Fasad Granit Alam

 

Seperti pada judulnya, fasad bangunan modern ini mampu memberikan kesan mewah pada bangunan. Meskipun dinilai cukup modern, tetapi banyak juga ditemui bangunan-bangunan kuno yang memiliki granit alam sebagai fasadnya. 

Baca Juga: 10 Ide Model Partisi Ruangan Sempit

jenis fasad granit

http://www.tbiunlimited.com

Di bangunan yang memiliki dua atau lebih lantai, biasanya granit alam hanya digunakan sebagai fasad untuk lantai dasar saja. Sedangkan lantai kedua, ketiga, dan selanjutnya biasanya tak dipasangi granit alam untuk fasad. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk memasang granit alam sebagai fasad di lantai berapa saja.

 

  • ACP (Aluminium Composite Panel)

 

Bahan fasad kali ini menggunakan ACP atau lapisan komposit aluminium. Tak semua bangunan bisa atau cocok diberi jenis fasad ini. Fasad yang berupa panel komposit aluminium ini biasanya digunakan untuk fasad sebuah ruko, industri, pabrik, kantor, dan bangunan lainnya. Fasad yang menggunakan komposit aluminium ini dipasang bersama sebuah rangka, adapun rangka yang digunakan adalah hollow logam atau hollow aluminium.

jenis fasad acp

https://uk.prefa.com/

Jarang sekali ditemukan rumah dengan jenis fasad bangunan ini. Alasannya tak lain adalah jenis fasad ini kurang bisa memberikan nilai estetika dan fungsinya adalah untuk menghindari bangunan dari kerusakan eksternal, sehingga wajar saja sering dipakai untuk pabrik dan industri.

 

  • Plester Aci

 

Jenis fasad berupa plester aci biasa diberi finishing berupa cat. Cukup banyak bangunan yang menggunakan fasad ini karena pengerjaannya sederhana, mampu melindungi bangunan, berupa fasad yang standar, dan tetap bisa memberikan nilai estetika. 

jenis fasad plester aci

http://www.fox-marble.com/

Material dari jenis fasad ini juga dinilai mudah dicari serta harganya tidak terlalu mahal. Bahkan, mungkin Anda akan paling sering menemukan jenis fasad ini dibanding jenis fasad yang lain.

 

  • Kaca

 

Fasad kaca biasa dipakai untuk kantor, mall, hingga rumah makan atau cafe. Pasalnya, fasad yang terbuat dari kaca bisa menarik perhatian orang yang lewat pada apa yang ada di dalam bangunan. Oleh karena itu, wajar saja jika bangunan mall dan kafe memilih untuk menggunakan kaca sebagai fasadnya. 

Jenis fasad kaca

https://mbeyazli.wordpress.com/

Dengan fasad kaca orang bisa memilih membiarkan kaca saja dan membiarkan orang bebas melihat apa yang di dalamnya, bisa juga diberi tirai yang membatasi privasi antara apa yang ada di dalam dengan lingkungan luar. 

Pilihan Jenis Fasad yang Baik

Jika Anda ingin membuat rumah Anda tampak mewah Anda bisa memilih granit alam sebagai fasad. Namun jika anda ingin rumah Anda tetap terlindung namun tidak mau mengeluarkan banyak biaya maka bisa Anda pilih fasad dengan bahan plester aci yang diberi finishing berupa cat. 

Gedung-gedung di kota seperti mall, rumah makan, dan kantor biasa menggunakan fasad kaca. Namun, Anda tetap bisa memilih jenis fasad ini untuk hunian Anda dengan mengkombinasikannya dengan batu bata atau kayu supaya tidak terlalu terbuka.

Leave a Reply

WhatsApp chat