Pagar besiPagar

3 Tips Merawat & Membersihkan Pagar Besi Tempa Klasik

 

pagar besi tempa klasik

Pagar Besi Tempa Klasik – Besi tempa adalah salah satu jenis material yang bagus dan tahan lama. Material ini sebenarnya sangat sering digunakan untuk kebutuhan eksterior seperti pagar, kanopi dan aksesoris hiasan. Sedangkan untuk kebutuhan interior biasa digunakan untuk rak, partisi hingga perlengkapan lainnya.

Besi tempa mengandung logam dengan karbon yang sangat rendah jika dibandingkan dengan baja, hal inilah yang membuat besi tempa lebih mudah untuk dibentuk dan memiliki nilai ekstetika yang tinggi. Namun, tekstur dari besi tempa yang agak kasar membuatnya lebih mudah berdebu dan kotor, kandungan logam di besi tempa juga menyebabkan berkarat dan menimbulkan korosi apalagi jika digunakan untuk kebutuhan ekterior.

Untuk mensiasatinya, maka besi bisa dicat dengan proses yang tepat sehingga proses perawatannya akan jauh lebih mudah.  Nah untuk itu berikut adalah beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk membersihkan pagar besi tempa klasik dan besi tempa.

Membersihkan pagar besi tempa klasik secara rutin

pagar besi tempa klasik

Sebenarnya membersihkan besi tempa sama dengan membersihkan permukaan perabotan rumah lainnya. Untuk permukaan besi tempa yang berdebu, maka anda bisa memulainya dengan  menggunakan sikat di ruangan terbuka. Gunakan campuran air dan sabun cuci piring untuk membersihkannya. Untuk bagian yang agak sulit maka anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Setelah selesai maka anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Cara Membersihkan sebelum Mewarnai Ulang Pagar Besi Tempa Klasik

Jika berencana akan mewarnai ulang maka proses membersihkan besi tempa akan lebih kompleks apalagi jika ada bagian cat sebelumnya yang mengelupas. Ada dua pilihan diantaranya :

Cara manual

  • Hilangkan cat yang lepas dengan menggunakan scraper cat
  • Pastikan anda membersihkan semua sisa cat
  • Gunakan sikat kawat untuk membersihkan cat yang mengelupas agar lebih cepat terutama untuk bagian celah – celah kecil.
  • Setelah semua cat sebelumnya bersih, maka anda bisa menggunakan amplas untuk menghilangkan karat dari permukaan besi tempa yang terbuka.
  • Selanjutnya, anda bisa membersihkan seluruh bagian dengan menggunakan air untuk menghilangkan sisa cat dan debu.

Penyemprot bertekanan tinggi

penyemprot bertekanan tinggi

Untuk proses penyemprotan bertekanan tinggi bisa menjadi pilihan ideal jika potongan besi memiliki bagian cat yang mengelupas dalam jumlah yang banyak, seperti misalnya pada bagian-bagian pagar besi tempa klasik yang umumnya memiliki banya ornamen yang mendetail.

Maka menggunakan Penyeprotan bertekanan tinggi ini akan membuat cat lebih mudah mengelupas dan memudahkan membersihkan area-area yang susah dicapai menggunakan metode lainnya.

Walaupun menggunakan penyemprot ini adalah metode yang sangat praktis, namun anda tetap harus berhati – hati saat menggunakannya. Lakukan teknik penyemprotan yang benar agar tidak merusak bagian-bagian permukaan besi tempa lainnya.

Cara mengecat ulang pagar besi tempa klasik

3 Tips Merawat & Membersihkan Pagar Besi Tempa Klasik 1

Jika besi tempa sudah dalam keadaan bersih, maka selanjutnya adalah proses cat ulang. Jangan biarkan besi tempa terbuka dalam waktu lama karena akan menyebabkan karat.

Untuk itu, langkah utama yang harus dilakukan adalah gunakan primer anti karat sebelum anda akan mengecatnya. Lalu oleskan dua lapis cat enamel tahan lama. Menggunakan cat spray adalah pilihan terbaik saat mengecat besi tempat yang memiliki pola rumit.

Tips: Agar permukaan besi tempat yang sudah dicat lebih tahan lama sangat disarankan untuk rutin membersihkannya dengan menggunakan produk pengkilap kendaraan. Penggunakan produk pengkilap ini juga akan menurunkan resiko berdebu dan karat serta membuat besi tempa tampak lebih mengkilap.

Butuh jasa desain pagar besi? hubungi di : 081 999 44 2222 0 (PT Dua Dua Laserindo)

Leave a Reply

Klik Chat WA