Panduan Jasa Laser Cutting Lengkap

Inspirasi Penerapan Desain Laser Cutting untuk Bangunan Komersial

Laser cutting kini banyak digunakan untuk dekorasi interior dan eksterior baik untuk hunian pribadi maupun bangunan komersial seperti hotel, apartemen, restoran, perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Kebutuhan akan dekorasi dengan panel laser cutting antara hunian pribadi dan bangunan publik tersebut tentunya berbeda.

Bagi Anda yang sedang mendesain bangunan baru atau ingin mengubah tampilan gedung yang Anda miliki, simak beberapa inspirasi desain laser cutting berikut ini:

Fasad

Fasad memiliki peran penting untuk memberi karakter pada bangunan. Fasad yang terletak di bagian luar bangunan ikut menentukan kesan pertama yang dirasakan oleh setiap mata yang memandang properti milik Anda.

Ambil contoh, Anda ingin memberi kesan mewah dan eksklusif pada hotel yang Anda miliki.

fasad rumah laser cutting motif kotakAnda bisa menambahkan fasad menggunakan laser cutting dengan bahan metal atau stainless. Sedangkan jika ingin memperkuat kesan natural dan alamiah Anda bisa menggunakan material dari alam seperti batu atau kayu.

Untuk kafe atau distro dengan tema industrial Anda bisa menggunakan fasad dengan bahan baja atau corten steel.

Inspirasi Penerapan Desain Laser Cutting untuk Bangunan Komersial 1Mengingat fasad terletak di bagian luar atau outdoor, maka sebaiknya perhatikan peletakan fasad agar tidak mengganggu masuknya sinar matahari yang masuk.

Pilih bahan fasad yang tahan lama dan cukup tahan perubahan cuaca untuk menghindari keropos dan karat yang akan menghilangkan nilai artistik dari bangunan Anda.

Interior lobi

Lobi atau bagian ruang tunggu juga menjadi ruangan yang paling penting dari hotel atau perkantoran. Untuk kantor, ciptakan lobi dengan suasana yang tenang dan dinamis agar memberi kesan profesional.

Sedangkan bagi hotel, apartemen, atau spa berikan suasana hening dan nyaman, tambahkan alunan musik yang menenangkan agar para tamu betah dan nyaman untuk datang kembali.

Di bagian lobi, Anda bisa mengaplikasikan desain laser cutting pada foyer, langit-langit ruangan, atau pada salah satu sisi dinding saja untuk menegaskan fungsi ruangan.

Sesuaikan panel laser cutting yang Anda pilih dengan keseluruhan desain bangunan.

Jika ruangan tersebut minim hiasan dinding, Anda bisa memaksimalkan panel laser cutting dengan desain yang penuh atau rumit agar ruangan tidak terasa kosong, begitu juga sebaliknya.

Partisi

Partisi identik dengan cara membagi ruangan pada ukuran ruang yang terbatas. Namun sebenarnya partisi bisa Anda gunakan baik di ruangan besar seperti ballroom maupun perkantoran yang butuh sekat untuk masing-masing divisi.

partisi-ruang-tamu-2020Dengan partisi, Anda dapat membagi ruangan menjadi ruang-ruang yang lebih kecil namun masih terasa sebagai satu kesatuan dengan keseluruhan ruangan.

Partisi juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengantar antara ruangan yang satu ke ruangan yang lain.

proses pembuatan partisiTrik ini umumnya digunakan di hotel atau restoran untuk membatasi ruangan indoor ke ruangan outdoor atau peralihan ke ruangan lain.

Bahan yang bisa Anda gunakan untuk partisi laser cutting antara lain mild steel, stainless steel, atau bisa juga Anda padukan bahan MDF dan kayu.

Wall art

Wall art atau hiasan dinding dapat memberikan kehangatan pada ruangan yang tidak bisa digantikan oleh elemen dekoratif lainnya.

Hiasan dinding yang tepat dapat mendukung tema interior yang dibutuhkan dalam suatu ruangan.

hiasan dinding laser cuttingUntuk perkantoran, hotel atau restoran, Anda bisa membuat wall art dari bahan metal untuk memberi kesan mewah.

Wall art juga bisa menjadi dekorasi yang memberi ciri khas pada bangunan atau ruangan.

Misalnya, Anda bisa memasang hiasan dinding kaligrafi di ruangan musholla, atau memasang siluet berupa nama dan logo perusahaan atau nama hotel di bagian lobi sebagai identitas.

Tambahkan lampu dengan sorot nyala temaram di balik wall art yang ditempatkan di kamar hotel untuk memberi kesan hangat dan romantis.

hiasan dinding laser cuttingAnda mungkin tidak menyadarinya, namun hal-hal dekoratif sekecil ini dapat membuat tamu merasa diperhatikan dan lebih nyaman.

Mengingat aplikasi wall art cukup mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis industri Anda, maka pilihan bahan yang digunakan pun sangat beragam.

Anda bisa membuat wall art laser cutting dari bahan mild steel, stainless steel, hingga PDF atau akrilik.