fbpx
Eksterior

Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan untuk Hunian Anda

By Oktober 27, 2019 Oktober 28th, 2019 No Comments

Kanopi baja ringan bisa digunakan untuk keperluan apa saja sehingga memiliki desain atau bentuk yang beragam. Ada model kanopi baja ringan minimalis, ada juga kanopi baja ringan yang di desain dekoratif, semua menyesuaikan kebutuhan. Kanopi juga dinilai sebagai pendukung eksterior yang multifungsi, yaitu untuk melindungi apa saja yang ada di bawahnya, juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nilai estetika. Dengan multifungsi ini, wajar saja kanopi sering dipasang di kafe atau rumah makan. 

Beberapa Model Kanopi Baja Ringan

Karena memang beragam dan multifungsi, ada cukup banyak model kanopi baja ringan yang dijual di pasaran. Berikut adalah beberapa model dari kanopi baja ringan yang umum.

1. Kanopi Baja Ringan yang Sederhana

Model pertama yang akan dibahas adalah model kanopi yang sederhana. Harga kanopi baja ringan ini cukup terjangkau dibanding model-model selanjutnya. Alasannya, model kanopi dengan bahan baja ini dikombinasikan polikarbonat sebagai atapnya saja, tidak menggunakan embel-embel lain. 

Model kanopi ini biasa digunakan untuk rumah-rumah minimalis atau rumah-rumah mini yang bertipe 36 atau 45. Karena ukuran rumah yang tak terlalu luas, biasanya kanopi ini digunakan untuk peneduh sekaligus garasi.

 

2. Kanopi Baja Ringan dengan Membran

Seperti namanya, pada model ini kanopi baja ringan yang ada disusun dan diberi penutup berupa membran. Kanopi baja ringan modern ini biasa dipilih untuk kafe-kafe, baik kafe biasa maupun coffee shop. 

Baca Juga: Ruangan Sempit Butuh Partisi? Ini Solusinya

Model Kanopi Baja Ringan dan Membran

Alasannya tak lain adalah karena membran yang dipadukan dengan kanopi ini memiliki banyak pilihan. Ada membran yang polos, ada membran yang motifnya garis-garis, ada juga membran yang diberi gambar sesuai dengan pasangan. Biasanya kafe atau coffee shop besar dan sudah populer akan memesan membran ini dengan logo mereka.

 

3. Kanopi Baja Ringan Berkonsep Naturalis

Sebenarnya harga kanopi baja ringan ini juga cukup terjangkau karena Anda hanya perlu menyiapkan stick logam dan menyusunnya. Pada model nomor satu tadi Anda membutuhkan polikarbonat sebagai atapnya. 

Baca Juga: 5 Pilihan Railing Tangga untuk Mempercantik Rumah

Kali ini Anda membutuhkan tanaman menjalar sebagai atapnya. Selain teduh, model kanopi ini juga akan memberikan kesan natural.

 

4. Kanopi Baja Ringan Melengkung

Cukup sering ditemui di perumahan-perumahan, pilihlah polikarbonat lentur untuk atapnya. Kanopi jenis ini juga memudahkan Anda soal kebersihan.

https://www.gardenstreet.co.uk

 Benar saja, apapun yang ada di atasnya bisa otomatis turun dari sisi-sisinya, seperti sampah daun, air hujan, dan lainnya.

 

5. Kanopi Baja Ringan dengan Kayu

Selanjutnya ada model kanopi yang bermaterial baja ringan dipadukan dengan kayu. Ya, kayu kali ini digunakan sebagai atap pada kanopi yang disusun. 

Model Kanopi Baja Ringan dan Kayu

Model ini akan memberikan kesan ruangan yang hangat. Selain itu, jika Anda tertarik untuk membuat rumah berkonsep tradisional, jenis kanopi ini juga sangat direkomendasikan. 

Jenis Kanopi Baja Ringan

Selain model, Anda juga perlu ketahui apa saja jenis kanopi baja ringan yang ada di pasaran. Ada tiga jenis kanopi baja ringan, yaitu spandek, bondek, dan truss. Kanopi baja ringan spandek adalah kanopi yang biasa dipakai untuk rumah modern yang mana pemasangannya tidak sulit untuk bisa rapi. 

Paling sering digunakan untuk bahan konstruksi, kanopi baja ringan jenis bondek bisa dikatakan paling laris. Kanopi jenis bondek juga memiliki proses pembuatan yang cukup rumit, sebelum dipasarkan kanopi ini harus lolos uji kebakaran, uji loading, dan uji lentur.

Terakhir adalah kanopi baja ringan truss, kanopi jenis ini dilapisi dengan senyawa zinc aluminium supaya tahan terhadap karat. Tak hanya itu saja, jenis kanopi truss juga dilapisi dengan silikon yang mana menjadi pembeda antara jenis kanopi baja ringan ini dengan jenis kanopi baja ringan sebelumnya.

 

Leave a Reply

WhatsApp chat