fbpx
Eksterior

Jenis dan Harga Kanopi Kaca yang Perlu Anda Tahu

By November 8, 2019 November 14th, 2019 No Comments

Di antara berbagai macam kanopi untuk hunian rumah tangga, salah satu jenis kanopi yang paling banyak digemari adalah jenis kanopi kaca. Selain harga kanopi kaca yang terjangkau, jenis kanopi ini juga cocok dengan lokasi Indonesia yang berada di kawasan tropis. Perubahan cuaca di dua musim ini membuat rumah harus dirancang dengan baik, khususnya jika ruangan Anda memiliki bagian yang terbuka dan membutuhkan kanopi.

Dengan menggunakan kanopi kaca, teras maupun halaman belakang rumah Anda akan terlindungi dari panas terik maupun hujan deras. Tampilan teras dan halaman rumah pun akan terlihat semakin indah dengan kesan modern jika dipasang kanopi kaca. 

Jenis dan Harga Kanopi Kaca dan per Meter

Bicara soal kanopi kaca, ternyata ada beberapa jenis kanopi kaca yang bisa Anda gunakan tergantung kebutuhan. Masing-masing jenis kanopi kaca memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

1. Mengenal Kanopi Kaca Tempered dan Harganya

Kaca tempered adalah kaca biasa yang diproses dengan memanaskan kaca biasa hinga 700 derajat Celcius, kemudian setelah dipanaskan didinginkan secara cepat dan berulang-ulang dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Dari proses ini secara visual memang tampak tidak ada perubahan fisik pada kaca, namun dari segi kekuatan kaca tempered glass ini lebih kuat 4-5 kali lipat dari kaca biasa.

Perbedaan lain kanopi kaca dengan kaca biasa antara lain jika cahaya lampu diarahkan pada kaca tempered, maka cahaya akan berbelok atau mengalami distorsi. Kelebihan lain dari kaca tempered adalah saat pecah ia akan terbentuk butiran kecil, sehingga relatif aman untuk digunakan sebagai kanopi. Selain kanopi, kaca tempered juga bisa digunakan untuk dinding kaca atau anak tangga.

Umumnya kaca tempered yang digunakan adalah kaca tempered 8 mm, dan menggunakan rangka dari besi hollow berukuran 4×6 dan 4×4 meter. Untuk kanopi kaca jenis ini harga yang beredar di pasaran umumnya sekitar Rp 1.350.000 per meter persegi. Namun perlu diingat bahwa harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Ingin Memasang Kanopi Kaca? Yuk Cari Tahu Berbagai Jenis Kanopi Kaca yang Tepat Untuk Rumah Anda

2. Harga Kanopi Kaca Laminated

Kaca laminated adalah perpaduan dua kaca yang mengapit kaca biasa atau polyvinyl buthyral (PVB) di bagian tengah. Lapisan PVB ini berfungsi sebagai pengikat dua lapisan kaca sekaligus sebagai penguat dari kaca tersebut. Kaca laminated ini termasuk safety glass dan umumnya digunakan untuk eksterior rumah seperti kanopi dan jendela, serta kaca pada kendaraan.

Laminated glas – https://projectmedias.blogspot.com/

Secara ketahanan panas, kaca laminated termasuk kaca yang mampu menahan suara dan sinar ultra violet dengan baik, sehingga cocok untuk kaca bagian kanopi. Namun perlu diketahui bahwa kaca laminated ini sangat sensitif pada retakan. Jika Anda menemukan retakan pada kaca kanopi, maka sebaiknya Anda segera mengganti kaca tersebut karena retakan tersebut akan dengan cepat merembet. Dengan pertimbangan yang sama, maka sebaiknya kaca dipotong atau dilubangi sebelum proses laminated.

Baca Juga: Mengapa Perlu Partisi Laser Cutting di Rumah Anda?

kanopi kaca laminated

dhresource.com

Kelebihan kaca laminated dibanding kaca tempered di antaranya warna kaca laminated lebih bervariasi karena tergantung pada warna PVB yang direkatkan pada kaca. Bagi Anda yang ingin mendesain kanopi kaca dengan pilihan warna yang lebih fleksibel, bisa mempertimbangkan menggunakan kaca laminated.

Kaca laminated yang digunakan untuk kanopi umumnya kaca dengan ketebalan 3mm hingga 5mm, tergantung kebutuhan dan desain yang Anda inginkan. Sedangkan harga kanopi kaca laminated umumnya berkisar antara Rp 1.450.000,- per meter persegi dengan pemasangan rangka menggunakan besi hollow. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di masing-masing kota. 

 

3. Kelebihan dan Kekurangan Kaca Akrilik untuk Kanopi

Akrilik adalah campuran polymethyl methacrlate yang berupa plilmer sintetis dari metil metakrilat yang dapat mencair jika dipanaskan. Campuran ini menghasilkan bahan akrilik yang transparan mirip kaca sehingga material ini dikenal dengan nama “kaca akrilik”.

Meskipun sama-sama bening atau transparan, namun kaca dan akrilik memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan pertama yang paling menonjol adalah bobot dan ketahanan akrilik dan kaca. Berat akrilik sangat ringan dan ketahanannya juga kuat dan tidak mudah pecah. Akrilik juga mudah untuk dibentuk atau dilubangi dengan bor.

Perbedaan berikutnya adalah kemampuan masing-masing bahan dalam menyerap cahaya. Kaca memiliki kemampuan menyerap cahaya yang lebih tinggi dibandingkan akrilik. Semakin tebal lapisan kaca, maka akan semakin sedikit sinar yang masuk sehingga sifat tembus pandangnya akan berkurang. Sedangkan pada akrilik, penyerapan sinar terjadi sangat kecil sehingga meskipun ketebalannya bertambah, sifat transparansinya tidak akan berubah.

Baca Juga: Apa Bahan Terbaik untuk Memasang Partisi di Rumah Anda?

eboss.co.nz

Sifat elastis dan lentur pada akrilik juga membuatnya lebih dapat bertahan pada tekanan air. Meskipun lentur, akrilik juga tidak mudah pecah sehingga sangat ideal untuk diaplikasikan pada tempat yang sebaiknya tidak pecah seperti kapal selam atau akuarium raksasa.

Dalam penggunaannya di bangunan, akrilik banyak digunakan sebagai kanopi karena lebih kuat dibanding dengan kanopi kaca. Sama dengan kaca, akrilik juga tersedia dengan ketebalan mulai 3mm dan 5mm. Sedangkan untuk harga, umumnya harga kaca akrilik per meter lebih murah dibanding kaca sehingga akan lebih ekonomis untuk hunian Anda.

4. Kanopi Kaca Sandblast dan Harganya

Kaca sandblast adalah kaca dengan efek kabur atau pasir (sandblast). Jenis kaca ini membuat kaca bening terlihat buram sehingga aktivitas yang ada di balik kaca tidak terlihat jelas. Ada beberapa teknik untuk membuat kaca menjadi berpasir, yaitu dengan menyemprot kaca dengan pasir khusus yang halus dalam tekanan tinggi. Cara lain adalah dengan menempelkan stiker sandblast pada kaca. Cara ini relatif lebih mudah dan murah serta pengerjaannya juga lebih cepat.

Salah satu efek penggunaan kaca sandblast ini adalah adanya efek sejuk bagi siapa pun yang melewatinya. Karena itu kaca sandblast ini umumnya banyak digunakan sebagai interior rumah seperti partisi di kantor maupun di kamar mandi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya sebagai kanopi seperti contoh gambar di bawah ini. 

harga kanopi kaca

diversified-glass.com

Selain itu kekurangan kaca sandblast yang lain jika difungsikan sebagai kanopi adalah kaca sandblast memiliki pori-pori yang lebih besar dibanding kaca yang lain. Jika terkena debu atau kotoran seperti bekas telapak tangan yang menempel akan sulit dibersihkan sehingga butuh perawatan yang terus-menerus. 

Dari segi harga, kaca sandblast juga biasanya lebih mahal dibanding kaca tempered atau akrilik. Namun jika Anda ingin menggunakan kaca sandblast sebagai kaca kanopi, sebaiknya konsultasikan harga kanopi kaca serta jenis kaca yang tepat dengan vendor toko kaca terbaik di kota Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat