fbpx
Eksterior

11 Inspirasi Model Pagar Rumah Stylish Terbaru

By Maret 11, 2019 Agustus 21st, 2019 No Comments

Model pagar rumah terbaru. Berbicara tentang model pagar rumah saat ini tidak kalah pentingnya dengan membicarakan hunian itu sendiri karena pagar rumah merupakan elemen eksterior yang penting dari sebuah hunian. 

Model Pagar Rumah

Meskipun ada banyak pengembang perumahan yang meniadakan pagar dalam desain arsitektur rumah yang mereka jual ke masyarakat, tidak jarang para pembeli pada akhirnya menambahkan pagar untuk melengkapi tampilan luar hunian mereka.

Dengan mempertimbangkan fungsi keamanan dan estetika, mereka mengaplikasikan berbagai model dan tipe pagar rumah dalam desain yang beragam pula.

Baca juga: 5 Contoh Proyek Facade Terbaik Menggunakan Laser Cutting

Mengapa harus memilih model pagar rumah tertentu untuk sebuah hunian?

Jawabnya sederhana saja sebenarnya. Saat kita menentukan pilihan yang tepat akan model pagar rumah yang kita inginkan, maka akan kita dapatkan tampilan yang lebih baik dan kepuasan tersendiri akan pilihan tersebut.

Sebaliknya bila kita salah memilih model pagar rumah untuk hunian kita, tidak hanya tampilan luar yang kurang tepat untuk hunian kita namun juga kita akan mengalami kerugian atas biaya yang kita keluarkan untuk hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu, pemilihan model rumah perlu kita perhatikan.

Tipe Pagar Rumah

Selain pemilihan model pagar rumah, ada baiknya kita juga mengetahui ragam tipe pagar rumah yang akan kita aplikasikan untuk hunian kita. Dengan mengetahui macam-macam pilihan tipe pagar rumah yang akan digunakan, kita akan dapat memperkirakan besaran budget yang akan kita keluarkan. Setidaknya ada kurang lebih sepuluh macam tipe pagar rumah yang banyak digunakan di kalangan masyarakat.

Bahkan seringkali pemilik rumah tidak menyadari banyaknya pilihan macam pagar rumah yang dapat mereka pilih dan gunakan untuk hunian mereka. Beberapa pilihan tersebut di antaranya adalah pagar kayu, pagar besi, pagar batu bata, pagar beton, pagar PVC, pagar plat, pagar kaca, pagar besi tempa, pagar kawat baja, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Segar dan Impresif, 10 Inspirasi Pagar Mewah Minimalis untuk Anda

Masing-masing tipe pagar rumah memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda satu sama lain. Sebagai contoh, pagar kayu memiliki keunggulan dalam hal biaya dan kemudahan pemasangannya namun dari segi pemakaiannya tidak terlalu tahan lama dikarenakan mudah lapuk dan memerlukan perawatan ekstra.

Sementara itu, pagar besi tergolong ramah di kantong, tahan lama, namun sayangnya rawan korosi bila digunakan untuk area pantai atau dekat area kolam renang. Di sisi lainnya, pagar besi tempa memiliki keunggulan dari sisi fungsi dekoratif dan keamanannya, namun cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan tipe pagar lainnya. Walau begitu, biaya tersebut akan terbayarkan oleh keindahan desain ornamen yang menghiasi luasan bidangnya.   

Inspirasi Model Pagar Rumah Terbaru

Mengingat pentingnya memilih tipe dan model pagar rumah yang akan kita aplikasikan untuk sebuah hunian, akan bermanfaat sekali bila kita mulai melirik sejumlah referensi tipe dan model pagar rumah terbaru yang tersedia dalam berbagai sumber. Berikut ini, kami sajikan sebelas tipe dan model pagar rumah yang inspiratif dan stylish yang dapat menjadi pilihan anda.

Pagar rumah klasik

Berjajar rapi dengan ujung runcing merupakan salah satu ciri pagar rumah klasik. Warna putih sering digunakan untuk memberikan kesan kontras dan menunjukkan batasan area yang tegas antara area rumah dengan area luar pagar.

Pagar rumah klasik

Pagar rumah klasik ini nampak sangat rapi dan teratur dengan ruas-ruas runcing yang berderet memanjang sesuai luasan halaman dan pekarangan rumah. Secara praktis, penggunaan pagar rumah klasik ini mencerminkan keteraturan yang indah.

Baca juga: 10 Inspirasi Pagar rumah mewah klasik untuk Anda

Pagar kayu palet

Pagar kayu palet

Material kayu yang digunakan memberikan kesan hangat meskipun keseluruhan dinding pagar tertutup oleh palet kayu. Penambahan konsul yang dimanfaatkan sebagai tempat pot bunga memanjang semakin mempercantik tampilan pagar ini.

Pagar kayu berornamen

Pagar kayu berornamen

Pagar rumah satu ini juga menggunakan palet kayu yang tertata rapi. Peletakan ornamen besi berwarna putih yang kontras memberikan sentuhan artistik yang mempercantik  permukaan pagar kayu ini. Selain itu, penambahan tanaman juga membuat perpaduan bahan dan warna ini semakin nampak mewah.

Pagar besi tempa berornamen

Pagar besi tempa berornamen

Bila anda penggemar kombinasi warna hitam dan putih yang ringan namun tetap memiliki unsur seni, pagar ini bisa menjadi alternatif pilihan anda. Warna putih dari tembok pagar yang disusun dalam bentuk kolom terlihat sangat kontras dengan warna hitam dari besi tempa yang digunakannya. Variasi bentuk ornamen pada material besi memberikan kesan dinamis namun tetap kokoh.

Pagar rumah minimalis

Pagar rumah minimalis

Untuk mengakomodir fungsi privasi dari sebuah pagar rumah, pagar rumah minimalis ini didesain menggunakan besi hollow bentuk persegi yang disusun agak rapat secara vertikal dengan ketinggian yang cukup. Desain ini mampu menyediakan privasi yang lebih pada penghuni rumah. Didukung dengan penggunaan furniture sederhana dengan warna senada dan kontras, pagar rumah minimalis ini nampak ringan, rapi, namun tetap elegan.

Baca juga: Unik & Keren, 10 Inspirasi Pagar Rumah Klasik dari Besi untuk Anda

Pagar besi berornamen

Pagar besi berornamen

Ingin mencoba model pagar rumah yang berbeda? Anda bisa mengambil model pagar besi yang satu ini sebagai inspirasi untuk hunian anda. Desain mengikuti kontur tanah yang tidak merata, pagar rumah ini menggunakan perpaduan antara tembok dan besi tempa yang dipahat membentuk ornamen tumbuhan. Pemilihan warna dan bentuk ornamen yang tepat pada pagar rumah ini memberikan kesan terbuka walau sebenarnya fungsi privasi masih tetap terjaga.

Pagar laser cut

Pagar laser cut

Laser cut adalah istilah yang digunakan untuk proses pembentukan ornamen pada lempeng besi yang diaplikasikan pada model pagar rumah ini. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapati image mewah dan elegan pada pandangan pertama terhadap pagar besi ini. Hadir dengan ornamen tumbuhan dan warna hitam yang terkesan eksklusif, pagar laser cut ini nampak kokoh namun tetap cantik mempesona.

Pagar Gabion

Pagar Gabion

Serasa kembali ke jaman batu ketika kita melihat model pagar rumah yang unik ini. Sejak pertengahan tahun lalu pagar gabion mulai dilirik oleh konsumen di Indonesia. Model pagar rumah terbaru ini menggunakan batu sungai asimetris dengan ukuran yang hampir sama yang disusun dengan rapi di dalam rangkaian kawat besi yang dijalin rapi pula. Bersanding dengan pagar besi bergaya industrialis, pagar gabion ini tampil  natural dan up to date.

Pagar besi dan batu bata

Pagar besi dan batu bata

Perpaduan dua material pagar rumah yang berbeda secara cermat serta pemilihan warna cat seringkali menghasilkan tampilan yang melampaui target estetik kita. Pagar besi dan batu bata ini salah satu contohnya. Didesain dengan ketinggian yang cukup, pagar rumah ini mampu melindungi area rumah.

Sepintas pagar ini nampak seperti sederet pasukan yang sedang berjaga. Kesan ini tersampaikan melalui konstruksi vertikal dari material besi berwarna hitam dan susunan batu bata yang terekspos sempurna dengan warna khasnya. Ketegasan bentuk ini menyiratkan rasa aman penghuni rumah di baliknya.

Baca juga: 5 Tips Mengakali Dekorasi Rumah Mungil

Pagar rumah bertingkat minimalis

Pagar rumah bertingkat minimalis

Apakah warna monokrom telah memikat hati anda? Bila demikian, desain pagar besi rumah bertingkat minimalis ini layak anda coba aplikasikan pada hunian anda. Kesan simple namun tetap berkelas terpancar dari bangunan ini ketika warna hitam dari pagar besi minimalis bertemu dengan warna abu-abu dari tembok rumah.

Selain itu, pagar besi yang disusun secara vertikal dengan ketinggian maksimal hingga hampir mencapai atap lantai pertama membuat rumah ini nampak tinggi meski sebenarnya bangunan rumah ini tidak begitu luas.

Pagar rumah bertingkat kayu

Pagar rumah bertingkat kayu

Kali ini material kayu kembali digunakan, hanya saja desain ini diaplikasikan pada model  pagar rumah bertingkat. Dengan mengusung konsep minimalis sebagai aliran utamanya, rumah ini menggunakan bilah-bilah kayu yang disusun secara vertikal dan rapat sehingga privasi area rumah tetap terjaga. Walaupun begitu, pemilihan material yang tepat membuat suasana hangat dan mengundang tetap terasa.

Pagar rumah bertingkat kayu

 

Leave a Reply

WhatsApp chat